Nougat, Nama Baru Sistem Operasi Android

1 Jul 2016 10:55 3633 Hits 3 Comments
Nama baru sistem Android resmi dirilis yaitu Android Nougat.

(via Google)

Dalam beberapa waktu terakhir, publik menunggu rilis sistem operasi Android terbaru buatan Google. Kemarin, raksasa internet tersebut resmi mengumumkan sistem operasi terbarunya dengan nama Android Nougat. Sistem operasi mobile terbaru dari Google tersebut, saat ini sudah memasuki rilis beta kedua, dan dikatakan lebih stabil dari rilis beta perdana.

Nougat sendiri merupakan nama sebuah kue camilan, yang terbuat dari bahan kacang panggang, telur, gula, madu dan terkadang buah-buahan kering. Dengan penamaan Nougat sendiri, otomatis meneruskan tradisi penamaan sistem operasi Android sebelumnya yang senantiasa menggunakan nama makanan ringan.

Android Nougat, Nama Baru Sistem Operasi Android

(Ilustrasi Nougat via www.candy.about.com)

Ya, seperti diketahui, penamaan Android sejak pertama adalah nama-nama kue atau camilan ringan, seperti Cupcake (versi 1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 hingga 2.1), Froyo (2.2 hingga 2.2.3), Gingerbread (2.3 hingga 2.3.7), Honeycomb (3.0 hingga 3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0 hingga 4.0.4), Jelly Bean (4.1 hingga 4.3), Kitkat (4.4), Lollipop (5.0), Marsmallow (6.0), dan yang terakhir tentunya adalah versi terbaru, Android Nougat.

Google sendiri memang sudah mengumumkan nama Android terbarunya tersebut dalam akun Twitter resminya kemarin, seperti kita lihat berikut.

 

Introducing #AndroidNougat. Thank you, world, for all your sweet name ideas! #AndroidNRevealpic.twitter.com/7lIfDBwyBE

— Android (@Android) June 30, 2016

Mengikuti nomer penamaan Android sebelumnya, belum ada kepastian versi dari Android Nougat ini, apakah akan menggunakan penamaan Versi 6.1 atau Versi 7.0.

Dalam perkembangannya, penamaan sistem operasi Android terbaru ini memang cukup menarik, Google sendiri sempat mengadakan sayembara untuk penamaan sistem operasi robot hijau ini.

Apa yang baru di sistem operasi Android ini? Sebagai sebuah sistem operasi masa depan, Nougat akan menghadirkan fitur split screen layar ketika digunakan multitasking. Selain itu, Nougat juga akan memberikan dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google, tentunya untuk perangkat yang sudah mendukung virtual reality tersebut. Fitur Doze yang sudah hadir sebelumnya di Android Marshmallow juga semakin disempurnakan. Selain itu, Nougat juga akan hadir dengan tampilan notifikasi baru.

Melihat fitur bawaan yang ada didalamnya, tampaknya Nougat akan hadir dengan membawa angin segar bagi kita. Nougat saat ini belum rilis ke publik, dan masih tahap rilis beta kedua. 

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel