1

Setelah WhatsApp, Facebook Akan Tinggalkan Blackberry

23 Mar 2016 20:31 2373 Hits 0 Comments
Facebook akan tinggalkan platform Blackberry 10.

Setelah WhatsApp mengumumkan tidak akan lagi mendukung platform Blackberry OS 10, kini Facebook juga mengumumkan hal serupa. Facebook tidak akan lagi mendukung platform Blackberry OS 10 kedepan. Facebook, aplikasi sosial media terbesar akan hengkang dari Blackberry 10.

Tak bisa dipungkiri, pilihan penggunaan sebuah smartphone tentunya adalah adanya dukungan aplikasi didalamnya. Bagi kita, selain penggunaan smartphone untuk kebutuhan telpon dan SMS, tentunya pemanfaatan akan lebih luas dengan hadirnya aplikasi, yang menambah nilai fungsi dari smartphone kita.

Sejak kehadiran toko aplikasi didalam smartphone, seperti Appstore dari Apple dan Playstore dari Google, para pengembang aplikasi dapat menjual aplikasinya lewat toko virtual milik Apple dan Google tersebut. Berbagai aplikasi pilihan ada didalamnya, mulai dari untuk produktivitas, game hingga aplikasi pesan instan. Pendek kata, aplikasi menempati posisi penting didalam smartphone. Para pembesut sistem operasi juga tidak mungkin menyediakan seluruh aplikasi yang menjadi kebutuhan pengguna, disinilah peran developer mengisi kekurangan tersebut.

Blackberry, tampaknya harus menghadapi kenyataan pahit, dua aplikasi yang diminati oleh banyak pengguna smartphone baru-baru ini mengumumkan tidak akan mendukung lagi sistem operasi besutan perusahaan asal Kanada tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap penggunanya, dikarenakan jumlah pengguna yang berencana membeli smartphone bebasis sistem operasi Blackberry OS 10 tentunya akan berpikir dua kali karena aplikasi yang akan digunakan tidak ada dalam smartphone BB OS 10.

Dalam beberapa kesempatan, Blackberry memang masih mengusahakan agar WhatsApp maupun Facebook tetap mendarat di Blackberry 10, namun tampaknya keputusan WhatsApp dan Facebook sudah bulat untuk hengkang dari Blackberry.

Meskipun memiliki tingkat keamanan tinggi, namun WhatsApp berpendapat bahwa Blackberry 10 sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan aplikasi di masa depan. Alasan tersebut juga menjadi pijakan Facebook untuk meninggalkan Blackberry.

Dengan ditinggalkannya Blackberry oleh dua aplikasi yang cukup laris, maka posisi Blackberry 10 kian terjepit. Dengan jumlah kurang dari satu persen secara global ini, Blackberry masih harus bekerja keras meraih pasar yang sebelumnya sempat dirajai. Pengguna masih bisa membuka aplikasi Facebook dengan fitur dasar kembangan dari Blackberry, namun beberapa fungsi tampaknya harus hilang dari Facebook di Blackberry 10.

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel