Fitur Baru Youtube, Membuat Blur Object Video

27 Feb 2016 21:43 1808 Hits 0 Comments
Youtube menghadirkan fitur edit Blur agar video kita tampak kabur di object tertentu.

Fitur penyensoran video kini hadir dalam situs youtube. Hal ini memungkinkan kita untuk menge”blur”kan object agar tampak agak kabur dari video kita yang sedang diputar.

Untuk urusan blur video, sebenarnya sudah sering kita lihat di konten film televisi, terutama dalam adegan atau video yang terdapat konten yang mesti disensor dan tidak layak menjadi konsumsi publik. Blur seperti di adegan orang yang sedang merokok, sudah lazim kita saksikan dalam film yang tayang di televisi nasional.

Baru-baru ini situs video sharing milik Google, menyediakan editing video dengan cara menge”blur”kan video tersebut. Dengan cara ini, kita bisa memblurkan objek apapun agar terlihat kabur gambarnya.

Dengan fitur ini, kita bisa memburamkan orang, atau gambar sensitif yang tidak diinginkan muncul di video, tanpa mengunggah ulang video.

Apabila kita ingin menggunakan fitur blur ini, kita tinggal memilih video yang akan diedit. Langkah selanjutnya adalah masuk ke tab “Blurring effects” dibagian “Enhancement tool”, Kemudian kita tinggal menggambar sebuah kotak di object yang akan kita buramkan. Jika object yang kita pilih bergerak, maka kotak blur akan tetap mengikuti object hingga video selesai.

Selain bluring object bergerak, kita juga bisa melakukan penguncian atau lock untuk object yang tidak bergerak, sehingga object tetap (tidak bergerak) tersebut tetap kabur alias tidak terlalu jelas kelihatan.

Setelah melakukan editing video dengan menu blur, pastikan anda menyimpan video tersebut. Anda dapat menyimpan file yang telah diedit tersebut atau menyimpannya sebagai copy (Save as) dengan tetap mempertahankan file yang asli sebelum diedit.

Jika melihat sejarah fitur blur di Youtube, ditahun 2012 sebenarnya fitur blur ini sudah hadir di situs sharing video dari Google tersebut, namun ditahun tersebut, fitur blur baru memungkinkan dilakukan untuk area wajah saja. Berpijak dari fitur blur wajah tersebut, tentunya pengguna Youtube juga menginginkan agar fitur blur juga bisa diterapkan untuk object video yang lain. Fitur bluring object yang baru diluncurkan Youtube adalah inovasi lanjutan dari yang sudah dilakukan sebelumnya.

Bagi anda Youtuber, hadirnya fitur blur ini tentunya menjadikan kita semakin kaya dalam kreatifitas mengedit video yang ingin kita sensor.

Sumber gambar: http://youtubecreator.blogspot.co.id/

Tags Youtube

About The Author

wan 65
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel