1

Inovasi SMS, Proyek Baru Google

26 Feb 2016 17:36 2595 Hits 0 Comments
Google lakukan inovasi pengiriman pesan via SMS.

Inovasi SMS, Proyek Baru Google

Tak dapat dipungkiri, berkirim pesan menggunakan SMS memang sudah tidak terlalu tren lagi saat ini, hal ini tentunya disebabkan oleh semakin banyaknya aplikasi berkirim pesan instan yang semakin menjamur.

Melihat semakin meredupnya popularitas berkirim pesan dengan SMS, raksasa mesin pencari Google kabarnya mendorong kemampuan SMS lebih kaya, layaknya pesan instan dalam aplikasi chatting modern.

Google akan menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi dunia mengembangkan RCS atau Rich Communication Service, generasi baru dalam berkirim pesan SMS.

Melalui kerjasama antara Google dengan operator seluler, diharapkan lahir teknologi baru dalam berkirim pesan via mobile.

Jika anda pengguna aplikasi pesan instan saat ini, sebut saja seperti WhatsApp, BBM, Line dan lainnya, aplikasi tersebut memang lebih kaya dari pada SMS. Kemampuan membuat Group, mengirim gambar, semuanya adalah syarat wajib aplikasi pesan instan modern saat ini. SMS memang banyak ketinggalan di sektor tersebut.

Selain SMS, sang saudaranya, MMS juga terbilang tidak terlalu sukses. Kehadiran MMS sempat bersamaan dengan hingar bingarnya layanan seluler 3G kala itu. Namun begitu, MMS tampaknya belum bisa menghadirkan sesuatu yang membuat pasar tertarik mengadopsi secara masif. Jika dilihat, migrasi dari teknologi 2G ke 3G memang tergolong cukup lambat, hal itu pulalah yang tampaknya membuat MMS kurang begitu populer hingga saat ini.

SMS memang terhitung tua untuk berkirim pesan dalam era komunikasi mobile internet dewasa ini, pun begitu, SMS tidak memerlukan koneksi internet agar dapat difungsikan untuk berkirim pesan.

Walaupun tergolong teknologi tua, namun pengguna SMS terbilang tidak sedikit, mengingat pengguna feature phone maupun smartphone masih banyak yang menggunakan aplikasi ini.

Hadirnya teknologi berkirim pesan via pesan instan memang menggerus pengguna ponsel untuk menggunakan SMS dalam berkirim pesan. Berbagai fitur baru dalam aplikasi pesan instan membuat pengguna, terutama generasi muda memilih menggunakan pesan instan.

Banyaknya pengguna ponsel yang masih menggunakan SMS, merupakan peluang yang sangat bagus apabila inovasi baru hadir. Google cukup percaya diri bahwa proyek inovasi SMS akan sukses dan menjadi standar baru dalam pengiriman pesan via SMS.

Dengan basis pengguna sistem operasi besutan Google, Android, dan banyaknya pengguna SMS, memungkinkan inovasi baru dalam berkirim pesan SMS menjadi lebih kaya akan fitur. Kita tunggu hadirnya SMS yang tidak hanya untuk berkirim pesan saja.

Tags Google

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel