1

Google Chromecast dan Chromebook Hadir di Indonesia

21 Feb 2016 22:13 2243 Hits 1 Comments
Perangakt Google Chromecast dan Chromebook hadir di Indonesa.

Gadget dari Google, Chromecast dan Chromebook kini resmi hadir di Indonesia. Chromecast merupakan gadget untuk mengakses konten streaming video online yang berbentuk dongle agar bisa kita tonton di layar TV, sedangkan Chromebook merupakan laptop alias notebook yang menggunakan sistem operasi Chrome didalamnya.

Kedua gadget besutan raksasa internet tersebut kini hadir di tanah air sebagai hasil kerjasama dengan Indosat, yang dijual paketan dengan Indosat Ooredoo GIG Home Internet atau GIG, layanan fiber optik dari Indosat Ooredoo.

Mari kita tilik satu-satu perangkat besutan Google tersebut. Chromecast merupakan perangkat media streaming yang berukuran cukup kecil, sekitar ibu jari atau sekitar 2,83 inci. Chromecast dapat dihubungkan ke TV dengan menggunakan kabel TV HDMI. Peralatan berwujud dongle ini juga dapt dipasangkan dengan smartphone Android, Iphone, Mac, Laptop Windows hingga Chromebook untuk mentransmisikan konten ke layar TV.

Google Chromecast dan Chromebook Hadir di Indonesia

Cara penggunaan Chromecast cukup mudah, kita tinggal mencolokkan Chromecast dengan konektor HDMI TV dan colokan USB atau colokan listrik AC untuk daya. Chromecast tidak memerlukan koneksi daya jika tipe konektor yang kita gunakan adalah konektor HDMI 4.1.

Saat pertama kali dihubungkan, Chromecast akan meminta setup melalui perangkat yang ingin kita seting seperti smartphone, atau laptop. Ketika sudah terhubung ke setup, pengguna akan dituntun untuk melakukan instalasi.

Aplikasi-aplikasi video streaming telah banyak mendukung untuk Chromecast. Kelebihan Chromecast adalah dapat digunakan oleh berbagai sistem operasi, termasuk Android, IOS, Mac maupun Windows.

Jadi, Chromecast merupakan penghubung atau pelengkap apabila kita menginginkan konten video streaming agar dapat kita tonton dari perangkat ke layar TV.

Selain Chromecast, ada juga laptop Chromebook. Perangkat komputasi mobile besutan Google ini memang diperuntukkan lebih untuk aktivitas produktif on line. Aplikasi populer buatan Google telah terdapat didalam Chromebook, seperti Gmail dan browser Chrome. Pengguna bisa melakukan instalasi aplikasi di Chromebook dengan mengunjungi Chrome Web Store. Adapun seri Chromebook yang diboyong Indosat GIG ke tanah air adalah tipe Acer Chromebook CB3-131.

Google Chromecast dan Chromebook Hadir di Indonesia

Chromebook merupakan laptop berbasis cloud computing, aplikasi yang terdapat didalamnya bisa diakses langsung dari internet, data juga disimpan di layanan cloud. Sehingga apabila laptop hilang, tinggal ganti laptop baru dan semua data dan aplikasi bisa kita akses kembali.

Chromecast dan Chromebook semakin menambah ramai jenis perangkat gadget di tanah air.

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel