1

VoLTE, Panggilan Suara Berbasis Teknologi 4G LTE Sudah Bisa di Smartfren

19 Feb 2016 18:52 1694 Hits 0 Comments
Panggilan suara lewat jalur LTE, VoLTE dari Smartfren.

Jika bicara tren kedepan, penggunaan perangkat seluler memang cenderung akan banyak menggunakan data, namun tentunya tidak serta merta penggunaan suara akan ditinggalkan oleh pengguna smartphone.

Menghadapi tren perangakat seluler kedepan, smartfren kembali hadir dengan inovasi baru, sebuah panggilan suara berbasiskan teknologi LTE yaitu VoLTE.

Panggilan suara berbasis data sejatinya memang sudah bisa kita lakukan via aplikasi, seperti WhatsApp, Line Call hingga BBM, namun hal ini akan berbeda dengan panggilan suara VoLTE dari Smartfren.

Jika panggilan suara via WhatsApp dkk menggunakan basis akun pengguna, dalam VoLTE akan menggunakan nomer telpon sebagai basisnya.

VoLTE Smartfren juga sudah ada dalam smartphone smartfren, jadi bukan merupakan aplikasi pihak ketiga. VoLTE sudah ada dalam duo Andromax baru Smartfren, E2 dan R2 yang baru saja diperkenalkan.

Sekarang muncul pertanyaan, biaya panggilan data akan dikenakan berapa? Tampaknya smartfren akan mengambil kebijakan dengan pemotongan pulsa biasa, tanpa mengurangi kuota data pengguna. Jadi, menelpon lewat jalur LTE namun yang dikurangi adalat pulsa si pengguna. Penerima panggilan VoLTE juga tidak akan terkuras datanya.

VoLTE diklaim memiliki keunggulan dibanding panggilan telepon konvensional, adapun kelebihan dari VoLTE adalah suara penggilan yang lebih jernih dan terasa lebih dekat, dapat mengurangi background noise, penggunaan voice dan data dalam waktu bersama dan setting panggilan yang cepat.

"Ini adalah cara Smartfren memberikan pengalaman yang berbeda untuk para pelanggannya agar bisa merasakan layanan voice yang berbeda," ucap Chief Technology Officer Smartfren Christian Daigneault, via CNNIndonesia.

Gegap gempita layanan 4G LTE sudah bergema sejak tahun silam, inovasi dari penyedia layanan komunikasi memang dituntut mengikuti era baru komunikasi seluler tersebut. Kehadiran VoLTE menjadi alternatif baru bagi para pengguna dalam berkomunikasi.

Dalam beroperasi di jaringan 4G, Smartfren memiliki dua frekuensi untuk menjalankan operasinya, yaitu di frekuensi 2.300 MHz dan 850 MHz.

Kehadiran VoLTE dari anak perusahaan Sinar Mas tersebut, semakin menambah pilihan pengguna dalam beromunikasi via telepon seluler. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel