1

Lumia 650, Seri Lumia Terakhir Microsoft?

21 Jan 2016 09:45 1651 Hits 2 Comments
Lumia dikabarkan akan dihentikan oleh Microsoft.

Sejak merek dagang Lumia dibeli Microsoft dari Nokia, sudah ada beberapa merek smartphone Microsoft yang menggunakan merek dagang Lumia tersebut.

Seri smartphone Microsoft terbaru, sudah menggunakan sistem operasi Windows 10, dan suda dilengkapi dengan aplikasi Continuum, yang mampu mentransformasi sebuah smartphone menjadi layaknya komputer PC.

Produk terbaru smartphone Microsoft, yaitu Lumia 550, 950 dan 950 XL sudah diperkenalkan ke pasar. Lumia 550 diposisikan untuk segmen sedangkan duo 950 dan 950 XL lebih diposisikan untuk segmen premium.

Kali ini, Microsoft dikabarkan akan memperkenalkan smartphone Lumia terbarunya, yaitu Lumia 650. Melengkapi lini Lumia, 650 akan menyasar segmen bawah ke menengah.

Jelang kehadiran Lumia 650, kabar yang beredar cukup mengejutkan, seri 650 dikabarkan akan menjadi smartphone terakhir Microsoft yang menggunakan merek Lumia. Lantas, apakah Microsoft tidak memproduksi smartphone lagi? Microsoft tentunya masih akan memproduksi smartphone, namun dengan merek lain yaitu Surface Phone.

Mari kita tengok bocoran smartphon Lumia 650.

Lumia 650 akan diperkuat dengan Snapdragon 210, dan diperkuat dengan tenaga RAM sebesar 1 GB. Smartphone besutan Microsoft ini akan memiliki kapasitas memori internal 8 GB dan masih bisa diperluas kapasitas internalnya dengan menggunakan microSD.

Lumia 650 akan memiliki bentang layar HD seluas 5 inci (1.280 x 720 piksel). Sektor kamera akan diperkuat dengan kamera utama sebesar 8 megapiksel.

Smartphone ini diposisikan lebih tinggi dari sang pendahulu, yaitu Lumia 550. kedua smartphone Lumia ini masih memiliki prosesor serupa, Snapdragon 210. Keunggulan 650 dibanding 550 tampaknya ada disektor layar dan kemampuan kamera. Microsoft dikabarkan akan mengumumkan Lumia 650 di ajang Mobile World Congress bulan Februari mendatang.

Di pasar smartphone, Microsoft memang harus mengakui keunggulan dua kompetitornya, Apple dan Google. Sejak membeli merek Lumia dari Nokia, raksasa software tersebut belum mampu bersaing mendekati raihan Android dari Google maupun Iphone dari Apple.

Kabar dihentikannya Lumia, dan diganti dengan Surface Phone, jika memang benar tentunya akan menarik untuk melihat kiprah Microsoft di industri telepon pintar di masa depan. 

Tags Smartphone

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel