Yang Punya Laptop Dell Terbaru, Hati-Hatilah!

24 Nov 2015 16:06 3332 Hits 0 Comments
Laptop Dell terbaru kabarnya dapat di-hack dengan mudah.

Kabar hangat kali ini datang dari Dell, yaitu sebuah perusahaan pembuat laptop yang hingga sekarang ini sudah terkenal sampai ke manca negara.

Namun, dari ketenarannya sebagai pembuat laptop, Dell kali ini telah membuat sebuah kesalahan besar dimana menurut kabar yang beredar di berbagai media massa, Dell telah memproduksi dan menjual laptop-laptop yang ternyata memiliki celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh seorang peretas atau hacker untuk mengakses laptop Dell Anda.

Para pengguna yang baru-baru ini melaporkan kasus ini adalah mereka yang telah membeli laptop-laptop model terbaru dari Dell yaitu XPS dan seri Inspiron 5000. Kedua tipe laptop tersebut dijual dengan sertifikat digital yang dapat membuat para peretas yang berpura-pura sebagai pihal Dell mengunggah malware atau virus ke dalam laptop-laptop ini.

Berbagai malware atau virus tersebut tentunya berbahaya bagi para penggunanya karena dapat mencuri berbagai informasi pengguna laptop dan bahkan dapat mengubah laptop penggunanya menjadi sebuah ‘Bot’.

Orang yang berhasil menemukan sertifikat digital bertipe SSL ini sendiri adalah seorang pengguna Reddit bernama Rotorcowboy dimana Ia menemukan sebuah SSL bernama eDellRoot pada laptop Dell XPS 15 terbaru miliknya.

Di dalam sertifikat digital tersebut, Rotorcowboy sebuah 'private key' yang dengan mudah dapat ia ekstrak menggunakan peralatan hacking yang sudah umum digunakan.

Kemudian, SSL yang mirip dengan nama DSDTestProvider juga ditemukan pada laptop Dell XPS 13.

Sertifikat digital sendiri keberadaannya dibutuhkan untuk menverifikasi keaslian atau kebenaran suatu situs. Contohnya adalah ketika Anda mengunduh suatu software Microsoft, sertifikat digital akan melakukan verifikasi bahwa software yang Anda unduh itu memang benar-benar dibuat dan dimiliki oleh pihak Microsoft.

Bagi mereka yang sudah terlanjur membeli laptop Dell dengan jenis atau tipe yang sudah dijelaskan di atas, untuk melakukan uninstall terhadap SSL DSDTestProvider dan eDellRoot ini tidaklah sulit.

Pertama, Anda haruslah administrator dari laptop tersebut. Kemudian, ketik “certmgr.msc” (tanpa tanda kutip) di kolom pada menu Start. Setelah itu pilih atau klik pada “Trusted Root Certification Authorities,” lalu klik pada “Certificates.”

Jika Anda menemukan bahwa pada list sertifikat tersebut ada “eDellRoot” atau “DSDTestProvider,” segeralah hapus dengan mengklik kanan sertifikat tersebut kemudian pilih delete.

Setelah sertifikat tersebut Anda delete, lakukan restart pada laptop atau komputer Anda.

 

 

 

 

image: YouTube

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel