Cara Hack Password Yang Umum Dilakukan Hacker Serta Cara Mencegahnya

21 Jan 2013 15:00 9751 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda berpikir tentang suatu ancaman dunia maya yang serius, Anda mungkin juga akan berpikir tentang program jahat pintar yang dapat mencuri data dari komputer Anda. Kenyataannya, Anda adalah pengguna komputer yang rentan akan tindak kejahatan dunia maya yang sederhana, yaitu hack password.

Jika Anda berpikir tentang suatu ancaman dunia maya yang serius, Anda mungkin juga akan berpikir tentang program jahat pintar yang dapat mencuri data dari komputer Anda. Kenyataannya, Anda adalah pengguna komputer yang rentan akan tindak kejahatan dunia maya yang sederhana, yaitu hack password. Ketika seseorang telah memiliki password Anda untuk sebuah akun online, mereka dapat melakukan apapun sesuai yang mereka sukai. Untuk itu, keamanan dalam dunia internet adalah suatu hal yang penting, dan hal seperti ini bisa kita mulai dari sesuatu yang sederhana.

Tindakan pencegahan adalah yang terbaik, dan berikut ini Paseban tampilkan cara hack password umum yang biasa digunakan hacker. Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat melakukan pencegahan, agar tidak ada yang dirugikan ketika Anda menyelami dunia internet. Memilih password yang umum Banyak hacker mencoba untuk membobol password pertama kali dengan mencoba password umum yang biasa dipaparkan dalam buku-buku dan informasi di internet. Beruntung bagi si hacker, beberapa orang masih menggunakan password dengan kata-kata yang umum, yang memudahkan kerjanya dalam melakukan hack password. Contohnya, kata "password” Anda jadikan sebagai password, atau mungkin urutan angka "123456”. Hacker akan mengetahuinya, dengan mencoba memasukkan password yang umum dan mudah tersebut. Walaupun hal seperti ini kecil kemungkinannya, namun hacker akan mencoba secara berkala untuk dapat menemukannya. Dan sekali berhasil, maka hal ini akan berbahaya bagi Anda. Untuk melindungi diri Anda dari hal tersebut, caranya sederhana. Jangan gunakan password yang umum. Itu juga termasuk kata yang simpel dan kombinasi yang mudah.

Mengidentifikasi informasi media sosial Jika penggunaan password umum tidak bekerja, dan hacker mengetahui orang yang akan dia hack password memiliki password yang tidak biasa, media sosial dapat digunakan sebagai jalan untuk mengetahui apa sebenarnya password yang digunakan. Hacker tahu jika beberapa orang yang tidak menggunakan password umum akan menggunakan password yang memiliki sisi personalisasi dari orang tersebut. Contohnya, password seseorang menggunakan nama dari serial favorit atau film favoritnya. Informasi seperti ini seringnya dicantumkan dalam profile media sosial. Hacker akan mencoba meramu taktik melalui cara ini.

Dan jika tidak bekerja, masih ada cara lain yaitu informasi yang ada di media sosial dibangun menjadi sebuah serangan. Misalnya saja, jika Anda senang bermain game online, email palsu dapat dikirim hacker untuk menanyakan informasi password, ataupun memberikan link untuk Anda masukkan password. Untuk mencegah hal-hal tersebut, ada dua langkah yang bisa Anda terapkan. Pertama, buatlah profil media sosial Anda lebih personal, tidak harus ditampilkan pada orang yang bukan merupakan teman Anda. Dan yang kedua, pastikan Anda tidak menggunakan password yang berisikan info personal Anda.

Mencari link terlemah Apabila hacker masih belum bisa melakukan hack password dengan menebak password, mereka akan mengeluarkan skill hacking yang mereka miliki, tetapi masih dalam taraf dasar. Kebanyakan orang menggunakan password yang sama dalam beberapa situs, atau mungkin menggunakan satu password dalam banyak situs. Hacker dapat mengetahuinya, dan mereka juga tahu jika banyak situs yang memiliki keamanan rendah. Menggunakan informasi yang bisa didapat hacker dengan meneliti profile media sosial, mereka dapat mengidentifikasi situs yang sering Anda kunjungi.

Beberapa situs mungkin memiliki pertahanan keamanan yang kuat, tetapi beberapa situs lainnya tidak. Situs yang lemah akan mudah diserang, dan dengan eksploitasi yang sederhana maka password bisa didapatkan dan pemilik password tidak mengetahui jika mereka sedang di-hack. Cara terbaik dalam mencegah hack password sepereti itu adalah, jangan gunakan satu password pada setiap situs yang membutuhkan akun Anda.

Idealnya, Anda harus menggunakan password yang berbeda pada setiap situs, namun hal seperti ini akan menyulitkan Anda, atau terkadang lupa pada password. Untuk lebih efektifnya, gunakan password yang sama pada akun yang tidak terlalu penting, misalnya pada blog yang Anda kunjungi atau dalam memberikan komentar pada sebuah situs.

Tetapi, gunakan password yang unik pada akun penting Anda, seperti misalnya email. Opsi lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan program password manager. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel