1

Waduh! Bandara di Paris Lumpuh Gara-gara Windows Jadul Ini

19 Nov 2015 15:44 1592 Hits 0 Comments
Bandara Orly di Paris yang masih memakai sistem Windows 3.1
The Flying Windows screensaver, yang telah menjadi identik dengan Windows 3.1 (foto: vicenews.com)


WINDOWS 3.1 adalah sistem operasi tua yang mulai dipasarkan oleh Microsoft 23 tahun yang lalu, atau sejak 1992.

Ya, gara-garanya, error di komputer Bandara Orly di Paris yang masih memakai sistem operasi jadul, Windows 3.1, lumpuh.

"Software yang dipakai oleh ATC Aéroports de Paris (ADP) berjalan di empat sistem operasi berbeda, umurnya bervariasi antara 10 hingga 20 tahunan," ujar Alexandre Fiacre, Sekjen serikat ATC Prancis.

Windows 10 memang sudah dirilis pada beberapa bulan lalu, ternyata Windows 3.1 yang dirilis pada bulan April 1992 itu pada kenyataannya belum lah sepenuhnya mati.

Bahkan sampai sekarang pun masih dipergunakan oleh Bandara di Perancis sebagai sebuah Operating System untuk Software mereka yang dinamakan DÉCOR.

Software tersebut digunakan oleh ATC (air Traffic Control) untuk mengirimkan informasi cuaca kepada para pilot ketika dalam cuaca buruk.

Sialnya Windows 3.1 yang digunakan malah mengalami “Crach” pada hari Sabtu ini sehingga mengakibatkan kegiatan di bandara pun menjadi terganggu.

Dengan adanya gangguan tersebut mengakibatkan Pilot tidak dapat mendapatkan informasi tentang Runway Visual Range (RVR). Hal tersebut akan makin buruk jika kabut turun sehingga penerbangan pun menjadi ditunda.

Bandara Orly terletak di sebelah selatan kota Paris, Perancis, pada Sabtu (14/11/2015) lalu lumpuh.

Dilansir Vice News, Senin (16/11/2015), Windows 3.1 tersebut memang selama ini dipakai di sistem komputer yang menjalankan software informasi cuaca, DECOR.

Pilot ketika itu membutuhkan informasi tersebut pada saat takeoff/landing di bandara Orly.

Karena bermasalah, informasi cuaca dari menara pengawas (ATC) tidak bisa didistribusikan ke pilot yang ada di dalam kokpit pesawat.

Informasi yang disampaikan DECOR termasuk informasi vital, seperti runway visual range (RVR) atau jarak pandang pilot terhadap runway.

Fiacre menambahkan, beberapa software yang dipakai ADP juga berjalan dengan software Linux tahun 80-an, yaitu UNIX, selain OS Microsoft Windows XP. Windows XP sendiri saat ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak Microsoft.

Menurutnya, masalah yang terjadi pada Sabtu lalu itu terjadi karena pekerja kadang malas melakukan pekerjaan pemeliharaan (maintenance). Selain itu, orang-orang yang menguasai (ahli) sistem operasi lama itu juga kian langka.  (*)

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel