Profil Sirkuit Sepang, Jelang MotoGP Malaysia

22 Oct 2015 15:18 8020 Hits 0 Comments
Sirkuit Sepang, menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap MotoGP.

Bagi anda penggemar balap MotoGP, tentunya sudah tidak sabar untuk segera menyaksikan balapan seri ketujuh belas yang akan digelar di sirkuit Sepang Malaysia.

Fokus persaingan di sirkuit ini akan menjadi ajang persaingan antara duo rival Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kedua pembalap Yamaha tersebut sedang bersaing untuk perebutan gelar juara musim ini.

Sirkuit Sepang Malaysia, mulai dibuka tahun 1999, sirkuit ini sudah menjadi langganan untuk even-even balap motor kelas dunia, seperti F1 dan juga MotoGP.

Sirkuit kebanggaan warga Malaysia ini memiliki panjang lintasan 5,5 km dan dilengkapi dengan lima tikungan ke kiri dan sepuluh tikungan ke kanan.

Sepang memiliki panjang lintasan lurus 920 meter, hamper sama dengan panjang lintasan lurus yang dimiliki oleh sirkuit Philip Island yang baru menggelar balapan Minggu lalu. Sirkuit ini memiliki lebar jalan 22 meter, dan menempati lahan seluas 2300 hektar. Yang cukup menakjubkan adalah, pembangunan lintasan ini hanya memakan waktu selama 14 bulan saja.

Layout sirkuit Sepang cukup menantang, selain itu, karena sirkuit ini terletak di kawasan tropis, factor cuaca menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap. Suhu udara dan tingkat kelembapan yang sangat tinggi menjadi ujian tersendiri bagi pembalap.

Meskipun Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo adalah penantang gelar musim ini, namun kejutan bisa saja muncul dari pembalap lain. Sebut saja dari pembalap Honda ataupun Ducati, Marquez di Minggu lalu menunjukkan performa fenomenal dengan menjadi bintang di podium. Marquez berhasil merebut podium pertama, sedangkan Ianone, berhasil menyalip Rossi di lap terakhir jelang finish.

Berbagai analis sudah memprediksi siapa yang akan menjadi kampiun pemilik gelar, baik menjagokan Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo. Kedua pembalap Movistar Yamaha tersebut memiliki peluang yang sama untuk meraih gelar juara musim. Dengan keberhasilan Lorenzo memangkas jarak dari Rossi, peluang Lorenzo kembali terbuka lebar untuk meraih gelar juara musim ini.

Namun, apabila Lorenzo sedikit melakukan kesalahan, bukan berarti juara musim ini jatuh ke tangan rival satu timnya, Valentino Rossi. Apabila Rossi finish pertama dan Lorenzo finish di posisi enam atau lebih, Rossi sudah mengunci gelar musim ini.

Apapun bisa terjadi dalam balapan, kita tunggu seri ketujuh belas hari Minggu dari sirkuit Sepang Malaysia.

About The Author

wan 63
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel