Apple Gaet Intel untuk Proyek Chip Modem iPhone 7

18 Oct 2015 13:25 2325 Hits 0 Comments
Apple dikabarkan akan menggandeng Intel untuk pengerjaan chip modem Iphone 7

Sebuah laporan terbaru  dari VentureBeat mengatakan bahwa Intel menyiapkan 1000 pasukan untuk bekerja keras dalam upaya menciptakan chip modem Intel 7360 LTE yang siap untuk digunakan iPhone 7. Banyaknya karyawan yang diterjunkan ke dalam proyek ini menandakan bahwa mereka serius akan mengambil alih tempat Quadcomm sebagai pemasok Apple LTE Modem Chip untuk iPhone.

Seperti yang telah diketahui, saat ini Apple menggunakan chip LTE 9X45 buatan Qualcomm. Dan gonjang-ganjing tentang prosesor A9 milik TSMC dan Samsung  membuat Apple akan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin kinerja yang maksimal. Modem yang dikerjakan tersebut digadang-gadang mampu membawa spesifikasi kecepatan hingga 450 Mbps, serta didukung radio frekuensi 29 LTE band, dilansir dari bgr.com.

Berbicara tentang keseriusan proyek ini, Apple dilaporkan telah bekerja sama dengan Intel dalam upaya mengoptimalkan chip modem untuk iPhone. Terlebih, Apple bahkan menyewa bebereapa insinyur dan tenaga ahli di kantor Intel di Jerman yang membantu mengembangkan chip modem 7630, dengan Bernd Adler, mantan CTO dari Intel Wireless menejadi contoh yang terkenal. Tidak hanya itu saja, Apple juga dikabarkan sudah menyiapkan salah satu pemimpin yang akan menjadi komandoi timnya dalam kerja sama dengan Intel.

Berdasarkan laporan VentureBeat, tujuan akhir dari hal ini adalah membuat system-on-a-chip (SOC) yang menyerupai prosesor Ax yang saat ini digunakan pada iPhone. Tujuan akhir dari hal ini adalah agar prosesor dan juga chip LTE modem akan ada pada satu komponen saja. kombinasi yang tidak hanya akan meningkatkan kinerja tetapi meningkatkan efisensi daya juga.

“Apple akan mendesain SOC, yang akan membawa nama merk Apple dan akan memiliki lisensi kekayaan intelektual modem LTE dari Intel untuk SOC, “ ujar salah satu sumber dari VenturaBeat.”Sementara SOC yang akan dibuat dari atas ke bawah oleh desainer chip tangguh Apple, Intel akan mendaptakan pekerjaan fabrikasi SOC yang menggunakan proses 14-nanometernya.”

Namun mengingat kompleksitas yang terlibat dalam proyek ini, kerja sama Apple dan Intel dalam pembuatan teknologi terbaru dari model LTE untuk iPhone 7 masih belum pasti. Dan karena tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Apple,  Intel sepertinya harus bekerja keras untuk memenuhi target yang dibebankan.

Dan jika kerja sama ini terealisasi, teknologi terbaru model Intel 7360 LTE ini bisa dirilis akhir tahun ini. beberapa perangkat siap antre untuk menggunakan modem ini pada tahun depan. Dan laporan terbaru ini layak untuk terus dipantau perkembangannya.

 

About The Author

Nana 44
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel