Profil Sirkuit Phillip Island (Jelang MotoGP Seri ke-16)

15 Oct 2015 10:51 1919 Hits 0 Comments
Jelang MotoGP seri ke-16 di Phillip Island Australia.

Profil Sirkuit Phillip Island (Jelang MotoGP Seri ke-16)

MotoGP akan menggelar balapan seri keenambelas, tepatnya di sirkuit Phillip Island. Balapan akbar pacu kuda besi terbesar sejagat, tinggal menyisakan tiga seri untuk musim ini, Phillip Island Australia, Sepang Malaysia, dan ditutup di Valencia Spanyol.

Sirkuit Phillip Island, yang terletak di sekitar area pantai, memang menjadi tantangan tersendiri untuk para pembalap. Kondisi cuaca membuat para pembalap harus cepat beradaptasi, angin yang kencang karena letak geografis sirkuit dekat pantai menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap.

Selain angin, terkadang pasir pantai juga sering terbawa angin hingga ke area sirkuit. Burung-burung pantai juga tak jarang terbang di sekitar pantai.

Sirkuit ini memiliki panjang 4,4 km, dan lebar lintasan 13 meter. Dengan panjang lintasan lurus terpanjang 900 meter, sirkuit ini dilengkapi dengan tujuh tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan. Sepanjang gelaran, kecepatan rata-rata pembalap memacu kuda besinya berkisar di angka 177 km/jam.

Untuk menghormati para pembalap asal Australia, di halaman sirkuit ini dibuat patung pembalap tersebut, yaitu Michael Doohan, Wayne Gardner dan Casey Stoner.

Casey Stoner merupakan pembalap MotoGP tersukses menaklukkan sirkuit Phillip Island, sejak tahun 2007 hingga tahun 2012, Casey Stoner barhasil menjadi pemenang gelaran MotoGP. Raihannya tersebut, diperoleh dengan menggunakan motor dari pabrikan berbeda, 2007 hingga 2010 Casey Stoner menggunakan Ducati sedangkan sejak tahun 2011, Casey Stoner menggunakan Honda.

Profil Sirkuit Phillip Island (Jelang MotoGP Seri ke-16)

Profil Sirkuit Phillip Island (Jelang MotoGP Seri ke-16)

(Casey Stoner, pembalap tersukses di Phillip Island dari dua pabrikan berbeda)

Untuk catatan rekor lap tercepat lomba, dipegang oleh Jorge Lorenzo, yang berhasil dicatatkan olehnya ketika balapan MotoGP tahun 2013, yaitu 1 menit 27,899 detik. Tahun itu, aspal sirkuit baru saja diperbaiki, dan gelaran balapan dilangsungkan dengan aturan flag to flag, yaitu pembalap diwajibkan mengganti motor setelah beberapa lap. Hal ini diberlakukan karena aspal sirkuit baru saja diperbaiki, sehingga ban motor lebih cepat terkikis. Dalam gelaran MotoGP 2013, Marquez menjadi pembalap yang didiskualifikasi, karena Marquez melanggar aturan flag to flag.

Dalam gelaran MotoGP Phillip Island, akan dimulai dengan jumpa pers pembalap hari ini, kemudian disusul dengan latihan bebas pertama hingga keempat hari Jumat dan Sabtu. Akhir latihan bebas hari Sabtu akan digelar sesi kualifikasi, yang menjadi ajang penentuan posisi start bagi pembalap.

About The Author

wan 63
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel