1

3D Touch Iphone 6S, Sekedar Gimmick?

17 Sep 2015 07:00 4147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Benarkah fitur 3D Touch Iphone 6S hanya gimmick?

3D Touch Iphone 6S, Sekedar Gimmick?

Iphone 6s dan 6s plus baru saja diperkenalkan Apple kepada publik, disamping tentunya produk andalan tabletnya, Ipad Pro. Salah satu hal yang menjadi nilai jual Iphone 6 generasi terbaru tersebut adalah fitur 3D force touch.

Apple menghadirkan generasi terbaru dari Iphone, dengan kelebihan yang belum dimiliki oleh generasi kakaknya. Setidaknya Iphone 6S memiliki kelebihan fitur 3D touch, bodi menggunakan aluminium series 7000 dan peningkatan di sektor kamera. Kamera belakang akan dibekali dengan resolusi 12 MP, sedangkan kamera depan Apple akan meningkatkan kameranya menjadi 5 MP. Untuk sektor jeroan, Iphone 6S, dibekali dengan chipset terbaru A9. Sedangkan untuk sektor RAM, Apple telah membekalinya dengan kapasitas lebih besar dari pendahulunya yaitu 2GB.

Untuk urusan luas layar dan resolusi, generasi terbaru Iphone ini memiliki spesifikasi yang sama dengan kakaknya, yaitu Iphone 6 dan Iphone 6 Plus.

3D touch merupakan fitur andalan di Iphone 6S, benarkan hal ini merupakan suatu langkah maju, atau hanya sekedar marketing gimmick untuk Iphone 6S?

3D Touch Iphone 6S, Sekedar Gimmick?

Dengna fitur 3D touch, Iphone 6S memiliki tiga level tekanan, yaitu level sentuh, tekan dan tekan dengan keras. Ketika level sentuh tersebut akan membuat layar Iphone 6S memberikan reaksi sesuai dengan tingkat tekanan terhadap layar, hal ini tentunya membuat metode input pada layar lebih bervariasi.

Fitur Force touch, sebenarnya sudah disematkan oleh Apple ke dalam New Macbook terbarunya.

Penyematan fitur 3D touch di Iphone 6S bukannya tanpa resiko, pengguna yang sudah terbiasa dengan layar sentuh standar dari Iphone generasi sebelumnya, tentunya harus membiasakan penggunaan teknologi 3D touch besutan Apple ini.

3D Touch Iphone 6S, Sekedar Gimmick?

Saat ini, fitur Force touch yang disematkan oleh Apple kedalam OS X di Macbook, masih cenderung sekedar gimmick dan memiliki fungsi yang sangat terbatas.

Fitur ini sebenarnya bukanlah hal baru, vendor smartphone asal Tiongkok sudah ada beberapa yang menyematkan teknologi 3D touch di handset besutannya. Sebut saja Huawei Mate S dan ZTE Axon mini, yang dikabarkan juga akan menggunakan teknologi force touch.

Dengan salah satu fitur unggulannya teknologi 3D touch, apakah Apple telah membenamkan banyak inovasi ke perangkat premium terbarunya, Iphone 6S dan 6S Plus, ataukah hanya sekedar gimmick dan belum memiliki banyak fungsi pengoperasiannya. Kita tunggu bagaimana Iphone 6S dan 6S Plus berbicara di pasar nanti.

Berikut video kelebihan yang dimiliki oleh fitur 3D touch ini: 

Tags iPhone iOS

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel