Google Kini Dimiliki Perusahaan Alphabet!

11 Aug 2015 08:46 3256 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Google dibubarkan dan dimiliki perusahaan Alphabet

Kabar mengejutkan datang dari Google. Dari laman blog resminya, Google mengumumkan bahwa mereka tidak akan memakai nama Google lagi sebagai perusahaan induk. 

Apakah ini berarti Google Bubar? 

Google memang “dibubarkan sebagai perusahaan induk. Tapi nama Google masih tetap ada. Hanya saja Google kini berada dibawah perusahaan bernama Alphabet. 

Apa itu Alphabet? Alpabhet adalah nama baru yang didirikan oleh CEO Google Larry Page. Nama baru ini akan membawahi Google.

 Ini berarti, “Google” tidak lagi berposisi sebagai perusahaan besar tetapi sebagai layanan yang ada dibawah perusahaan Alphabet. 

Tentu saja ini mengejutkan karena dengan demikian, kita akan lebih banyak menyebut Larry Page sebagai pimpinan Alphabet dibandingkan sebagai pimpinan Google. 

Lantas, bagaimana dengan nama Google? 


Struktur Baru Google 

Google tidaklah bubar. Google masih tetap ada. Layanan mesin pencari ini akan ada bersama banyak layanan lain semacam layanan iklan, peta, layana video Youtube, Google Chrome, Andaroid dan lain sebagainya. 

Secara struktural, perubahaan ini akan seperti berikut ini. 

Alphabet adalah perusahaan dengan entitas sebagai berikut 

  • Perusahaan Gogole, dengan CEO Sundari Pichai.  Perusahaan ini akan menangani bisnis inti Google yang terkait internet dan lain sebagainya. Cxontohnya, Youtube, Android, iklan, pencarian, dan hal-hal teknik infrastruktur lainnya. 
  • Bisnis  Google Lain seperti Calico, Nest, Fiber, Google Fiber, Google Capital, Google XZ dan proyek-proyek besar lainnya. 

Dengan perubahaan ini, maka  Larry Page kini jadi CEO Alphabet. Mitranya, Sergey Brinn akan jadi Presiden. Dan, Erich Schmidt akan jadi Executive Chairman Google. 

Google Kini Dimiliki Perusahaan Alphabet!
Konversi Saham Google 

Perubahan nama dari Google menjadi Alphabet ini disambut baik oleh pasar saham. Saham Google naik menjadi 5,8  persen.  Dan banyak pengamat yang memuji perubahan nama ini. Bisa dibilang, perubahan nama ini memberi efek yang baik di pasar saham. 

Selain itu, saham Google akan dikonversi menjadi saham Alphabet. Hanya saja kode transaksi yang digunakan adalah GOOG dan GOOGL. 

Hal menarik lain dari perubahaan struktur perusahaan ini adalah nama Alphabet. Nama Alphabet termasuk mudah diingat. Selain itu, nama domain perusahaan ini juga tidak biasa, yakni https://abc.xyz

Sebuah nama domain yang cukup unik. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel