OS X El Capitan Diperkenalkan Apple , Ini 5 Fitur Unggulannya!

9 Jun 2015 13:30 2294 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple menyelenggarakan WWDC sebagai ajang untuk memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk Mac, yakni OS X El Capitan.

Ajang Worldwide Developer Conference atau WWDC merupakan ajang yang banyak dinantikan. Pasalnya, ajang ini menjadi ajang bagi Apple untuk memperkenalkan produk atau layanan terbarunya. Dan pada tahun 2015 ini, Apple menyelenggarakan WWDC sebagai ajang untuk memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk Mac, yakni OS X El Capitan.

OS X El Capitan sebenarnya adalah sistem operasi yang tidak berbeda jauh dengan OS X Yosemite. Artinya, Apple tidak membuat perubahan besar pada sistem operasi ini. Hanya saja, OS ini memiliki fitur-fitur baru yang cukup penting. Apa saja fitur-fitur tersebut? Jika Anda penasaran, berikut rincian tentang fitur yang tersemat pada  OS X El Capitan


1. Finder

Fitur finder terbaru memungkinkan Anda untuk mencari berkas dengan lebih mudah. Cara kerjanya mirip ketika Anda mengetikan pencarian dengan kata kunci panjang di Google Search. Misalnya, Anda akan mencari dokumen yang Anda buat pada bulan tertentu. Anda cukup menanyakan pada finder secara lengkap.  Fitur serupa ini juga tersemat pada Spotlight yang mampu membaca kalimat perintah yang lebih alami.


2. Safari

Safari pada OS X El Capitan datang dengan kemampuan tab yang lebih nyaman digunakan. Anda bisa menyeret dari kanan ke bagian kiri ketika Anda menemukan tab favorit. Anda juga bisa mengatur tab tertentu ketika tab membuka sebuah situs yang menampilkan video atau suara yang dimainkan secara otomatis. Biasanya, hal ini cukup mengganggu bagi banyak pengguna internet.


3. Pengaturan Windows

Membuka banyak “jendela” kerja di OS X El Capitan lebih mudah dan tidak akan menggangu aktivitas Anda lewat gangguan lambat ataupun kendala lainnya. Anda bahkan bisa melihat semua jendela dengan gesture sederhana serta menyandingkan dua bilan jendela atau halaman dalam satu tampilan layar.


4. Performa

Hal yang paling penting dari OS X El Capitan adalah kemampuan membuka program atau aplikasi. Jika Anda pengguna OS  X versi sebelumnya kemudian Anda menggunakan OS X El Capitan, maka Anda akan merasakan peningkatan performa. Pihak Apple mengklaim jika performa OS X El Capitan 1,4 kali lebih cepat dalam menjalankan aplikasi.

 

5. Metal API

Application Programming Interface atau API yang pertamakali diperkenalkan pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kini datang ke Mac OS X. API tersebut adalah API Metal. Dengan adanya API ini, Anda kini lebih mudah melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Misalnya, Anda akan mengedit foto atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan grafis, maka API Metal akan hadir dengan kemampuan maksimal dalam proses rendering-nya. API Metal juga membuat Anda membuka game 70% lebih lancar dibandingkan sebelumnya.

Nah, itulah beberapa fitur utama yang dihadirkan Apple pada OS X El Capitan. Sistem operasi ini sendiri sudah tersedia untuk para pengembang mulai 9 Juni 2015. Sementara untuk pengguna umum,  OS X El Capitan hadir  September 2015. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel