1

Produk iPhone akan Dibuat di India

26 May 2015 14:15 2050 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Produk dari Apple, terutama iPhone akan memiliki label "Made in India"

India bakal buat iPhone. Kabar ini tentu cukup mengejutkan. Betapa tidak, bagaimana mungkin negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua ini menghadirkan iPhone? Yang paling mungkin adalah produsen smartphone di India menghadirkan produk yang mirip iPhone, seperti yang banyak dilakukan oleh produsen smartphone di Tiongkok. Lantas, bagaimana ada kabar bahwa India bakal membuat iPhone? 

Ternyata kabar ini cukup kuat. Hanya saja, bukan pihak pemerintah India atau produsen India yang menghadirkan iPhone. Smartphone dengan sistem operasi iOS tersebut memang akan dibuat di India oleh Apple langsung yang bekerjasama dengan Foxconn. Untuk diketahui, Foxconn adalah perusahaan manufaktur yang banyak meproduksi komponen untuk digunakan perusahaan industri teknologi, termasuk Apple. Foxconn memiliki markas di kawasan Tiongkok yang sangat besar. 

Dilansir dari berbagai sumber, kedua perusahaan tersebut berencana membangun pabrik baru. Dan pilihan pabrik baru tersebut adalah India. Pabrik yang ada di negeri Bollywood ini nantinya akan fokus merakit produk Apple, terutama iPhone. Mengapa harus di India? Faktor pengguna smartphone yang jumlahnya cukup besar ternyata jadi sebabnya. Selain itu, ada kemungkinan Foxconn juga mendapatkan keringanan pajak karena pemerintah India juga tentu akan sangat bangga karena di negaranya terdapat pabrik Foxconn.

Kehadiran pabrik Foxconn ini juga cukup menguntungkan untuk pihak India. Keuntungan yang paling memungkinkan adalah harga iPhone yang akan lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya, misalnya Indonesia.  India juga bisa bangga karena dengan kehadiran pabrik Foxconn, akan membuat India berpengaruh pada angka persen produk smartphone yang dirakit di negara sendiri. Untuk diketahui, jumlah pengguna smartphone di India sangat banyak tetapi smartphone yang beredar di negara tersebut, hanya 7% saja yang dirakit di negara sendiri. 

 
Apa keuntungan bagi Apple? Tentunya, jika memang pabrik rakitan iPhone dari Foxconn hadir di India, maka Apple bisa memperoleh pasar baru. Bukan mustahil, penduduk India kelas tertentu akan menggunakan iPhone ketimbang smartphone dengan OS Android. Apple akan punya pengguna baru, Foxconn bisa memiliki pabrik dengan pajak yang ringan, dan pihak India diuntungkan karena bisa mendapatkan produk iPhone yang lebih murah dibandingkan negara Asia lainnya. Lantas, kapan kehadiran pabrik ini di India? Sampai artikel ini dibuat, belum ada kejelasan tentang hal itu.  Hanya saja, petinggi Apple baru menjajaki pertemuan dengan Ravi Shankar Prasad, Menteri Komunikasi dan Informatika India. [HMN]

Tags Apple iPhone

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel