Inilah Perbedaan Laptop dan Netbook yang Harus Anda Ketahui

20 Nov 2012 11:30 15808 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi saat ini memungkinkan perangkat untuk menjadi lebih ramping, lebih kecil dan lebih baik untuk komputasi mobile dengan desain, sehingga ukuran komputer portabel baik dalam ketebalan dan berat menurun. Untuk alasan ini, pilihan yang pernah mendefinisikan **perbedaan laptop dan netbook** dipishkan oleh garis yang kecil yang tidak terlihat.

Teknologi saat ini memungkinkan perangkat untuk menjadi lebih ramping, lebih kecil dan lebih baik untuk komputasi mobile dengan desain, sehingga ukuran komputer portabel baik dalam ketebalan dan berat menurun. Untuk alasan ini, pilihan yang pernah mendefinisikan perbedaan laptop dan netbook dipishkan oleh garis yang kecil yang tidak terlihat.

Pada awal tahun 2008, komputer mobile banyak dikuasai oleh laptop. Ada beberapa alternatif untuk laptop tradisional - tablet PC, PDA canggih bahkan beberapa smartphone dapat melakukan banyak tugas komputasi dasar. Tapi komputer laptop menetapkan stAndar untuk komputasi mobile. Bahkan beberapa perusahaan menawarkan laptop yang mana memiliki kekuatan yang sama dengan rekan desktop Anda.

Setahun kemudian laptop tradisional menghadapi beberapa kompetisi di pasar komputasi mobile. Hal ini dapat membingungkan bagi konsumen - ada sejumlah persyaratan baru dan kategori untuk dipertimbangkan ketika berbelanja untuk komputer jinjing. Para konsumen dihadapkan pada laptop, netbook dan Ultrabook. Lalu apakah perbedaan diantara laptop dan netbook? Jawaban atas pertayaan-pertanyaan Anda ini akan Paseban jelaskan pada artikel berikut.

Jika kita bertanya pada seseorang apakah perbedaan atara laptop dengan netbook, seseorang yang Anda tanya akan mendeskripsikan bentuk dari laptop atau netbook tersbut. Namun ada beberapa pedoman umum yang bisa kita gunakan untuk menggambarkan laptop dengan netbook secara umum. Laptop sama-sama dengan netbook menggunakan faktor bentuk dasar yang sama- pembeda utama adalah ukurannya. Faktor umum dari keduanya sendiri adalah layar dan keyboard. Secara umum, netbook memiliki dimensi yang lebih kecil dari notebook atau laptop. Namun tidak ada jenis pemberat yang menjadi dasar patokan apakah itu laptop atau netbook. Jadi, misalkan jika sebuah komputer jinjing memiliki layar sebesar 11 inchi saja, apakah itu masuk kategori laptop ataukah netbook, para konsumen masih tidak bisa membedaknnya.

Mari dimulai dari laptop. Beberapa konsumen menggunakan istilah laptop dan notebook secara bergantian, karena banyak laptop di pasaran yang lebih kecil dan lebih ringan dari pendahulunya. Sebagai teknologi yang berkembang, produsen laptop mampu menyajikan tenaga yang terkandung di dalam laptop ini ke dalam paket yang lebih kecil.

Namun masih ada beberapa laptop yang terlalu besar untuk dianggap netbook. Seperti Lenovo ThinkPad W700ds yang mana laptop ini memiliki ukuran layar sebesar 17 inchi untuk layar utama dan layar sebesar 10 inchi pada layar sekundernya. Lenovo ini memiliki bobot sebesar 5 kilogram. Begitu juga dengan laptop gaming Toshiba Qosmio yang mana memiliki layar sebear 17 inchi dan memiliki berat sebesar 3 kilogram.

Sementara itu netbook memiliki desain yang lebih tipis dibandingkan dengan laptop yang kita ulas di atas yang rata-rata memiliki layar yang sebesar 12 hingga 17 inchi. Netbook memulai debutnya pada awal tahun 2008 silam yang mana memiliki desain dan performa yang bertentangan dengan filosofi di pasar komputer. Selama betahun-tahun, strategi yang berlaku bagi konsumen komputer jinjing adalah untuk menemukan perangkat komputer tercepat, dan paling kuat di kisaran harga mereka. Tapi konsumen mulai memahami bahwa mereka tidak perlu komputer yang benar-benar mumpuni untuk mengerjakan sebagian besar tugas yang mereka kerjakan.

Netbook sebagian besar memiliki bobot yang sangat ringan. Namun jangan harap Anda akan mendapatkan prosesor yang sangat mumpuni di dalam perangkat netbook ini. Anda hanya akan mendapatkan prosesor Intel Atom yang mana hanya terbatas pada penggunaan yang ringan seperti mengetik dan browsing. Dan netbook memang ideal untuk pengguaan browsing atau chat dibandingkan dengan penggunaan untuk mengetik, mengingat lebar layar yang ditampilkan sangat terbatas dan menampilkan tampilan yang tidak melegakan untuk aktivitas mengetik. Begitu juga untuk urusan gaming, netbook berbeda dengan notebook, jika notebook atau laptop memiliki kemampuan untuk bermain game yang memiliki ukuran game yang sangat berat, maka netbook terbatas hanya bisa memainkan beberapa game kecil dan ringan saja. Dan lagi-lagi mengingat kapasitas layar yang terbatas membuat Anda tidak lepas dalam bermain game. Dengan ukurannya yang kecil itu, netbook ditawarkan dengan harga yang murah, berkisar antara 2 hingga 3 jutaan.

Demikian tadi penjelesan tentang perbedaan dari laptop dan netbook, semoga penjelasan yang Paseban berikan dapat membantu menjawab pertanyaan Anda.[PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel