Mengenal Fungsi User Account Control (UAC) Pada Windows Vista dan Windows 7

6 Jul 2012 17:00 18750 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fasilitas User Account Control (UAC) adalah sebuah fitur yang disertakan dalam paket Sistem Operasi Windows Vista dan Windows 7. Menurut Microsoft, User Account Control (UAC) adalah sebuah fitur yang dapat membantu para penggunanya untuk menjaga sistem operasi Windows dari program berbahaya (malware) serta berbagai kemungkinan lainnya yang akan merusak sistem Windows.

Fasilitas User Account Control (UAC) adalah sebuah fitur yang disertakan dalam paket Sistem Operasi Windows Vista dan Windows 7. Menurut Microsoft, User Account Control (UAC) adalah sebuah fitur yang dapat membantu para penggunanya untuk menjaga sistem operasi Windows dari program berbahaya (malware) serta berbagai kemungkinan lainnya yang akan merusak sistem Windows. Fitur UAC ini akan secara otomatis menghentikan instalasi aplikasi yang tidak diinginkan.

Saat Anda menggunakan sistem operasi seperti Windows Vista atau Windows 7, terkadang akan muncul sebuah peringatan otomatis yang meminta Anda memberikan akses level Administrator, Peringatan tersebut adalah salah satu tanggung jawab dari fitur UAC. Adapun menurut Microsoft peringatan UAC akan muncul ketika Anda:

  • Instalasi atau Uninstalasi aplikasi.
  • Instalasi driver untuk sebuah perangkat (misal: kamera digital, flashdisk)
  • Penggunaan Konsol Update Windows untuk menginstall sebuah update
  • Mengatur Pengaturan Orangtua (Parental Control)
  • Menginstall ActiveX Control untuk mengakses situs tertentu
  • Membuka atau mengubah Firewall Windows
  • Mengubah tipe akun pengguna
  • Mengubah setting keamanan dengan Security Policy Editor (Secpol.msc)
  • Browse/Mengakses direktori pengguna lain
  • Mengatur Update otomatis
  • Menggunakan Otomatisasi Task.
  • Copy atau memindahkan file dari dan ke folder Program Files atau Windows.
  • Menambah atau mengurangi akun pengguna
  • Mengatur kontrol Akses Remote Desktop

Berikut ini adalah tingkatan level serta penjelasan dari User Account Control pada Windows Vista dan Windows 7

  • Always notify me when programs try to install software or make changes to my computer and when I make changes to Windows settings. Pada fungsi UAC windows ini, maka Windows akan memperingatkan Anda sebelum program atau Anda sendiri melakukan perubahan terhadap sistem atau konfigurasi pada sistem Windows yang memerlukan ijin dari administrator. Saat Anda diberi peringatan pilih UAC, tampilan desktop Andaakan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer. Desktop yang mejadi gelap sesaat merupakan tanda pengamanan desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada saat itu. Ini adalah settingan paling aman. Ketika Anda sedang diperingatkan, perhatikan dan baca dengan baik setiap dialog box yang muncul sebelum menyetujui perubahan apapun terhadap sistem komputer Anda.
  • Default - Notify me only when programs try to make changes to my computer. Don't notify me when I make changes to Windows settings. Fungsi UAC windows berikutnya, Windows akan memperingatkan Anda ketika ada program dari luar sistem yang ingin melakukan perubahan atau. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer. Sama seperti setting di atas, desktop yang gelap merupakan tanda pengaman desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada saat itu, namun Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang memerlukan ijin Administrator. Pengaturan ini memiliki level keamanan sedang, artinya jika terdapat perubahan pada pengaturan Windows Anda lakukan sendiri tanpa harus ada peringatan. Namun, beberapa program bawaan Windows dapat saja menerima perintah atau data secara langsung. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh software berbahaya untuk menginstal sesuatu atau melakukan perubahan pengaturan dalam komputer Anda.
  • Notify me only when programs try to make changes to my computer (do not dim my desktop). Don't notify me when I make changes to Windows settings. Pada Fungsi UAC Windows ini, maka Windows akan memperingatkan Anda ketika ada program atau pengaturan Windows yang memerlukan ijin administator. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melanjutkan proses tersebut, namun Anda tetap bisa melakukan hal lain saat dialog box UAC ini masih terbuka. Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang memerlukan ijin Administrator. Setting ini cukup aman. Dengan setting ini, program lain dapat bercampur dan mempengaruhi tampilan dialog box UAC. Bisa jadi hal ini menjadi risiko celah keamanan jika komputer Anda telah terserang malware.
  • Never notify me or turn off and disable UAC. Windows tidakakan memperingatkan Anda sebelum adanya perubahan dalam komputer Anda. Jika Anda login sebagi Administrator, program apapun bisa melakukan perubahan tanpa Anda ketahui. Jika Anda login sebagai user biasa, semua perubahan yang memerlukan ijin Administrator akan ditolak secara otomatis. Jika Anda memilih setting ini, Anda harus me-restart komputer untuk menonaktifkan UAC. Sejak saat dinonaktifkan, siapapun yang login sebagai Administrator, akan selalu mendapatkan hak sebagai admin.Setting ini merupakan pengaturan paling lemah. Jika Anda menonaktifkan setting UAC, Anda telah membuka kemungkinan celah keamanan kepada sistem Windows Anda. Dalam hal ini Anda patut berhati-hati memilih program yang Anda jalankan karena mereka mendapatkan hak akses yang sama dengan Anda, termasuk membaca (read) file dan melakukan perubahan terhadap area sistem, data pribadi, file, dan semua yang tersimpan dalam komputer. Program-program ini juga bisa melakukan komunikasi dan melakukan transfer informasi dari dan ke komputer manapun yang terhubung dengan komputer Anda, termasuk lewat internet.

Pengaturan pada UAC ini mirip sekali dengan pengaturan yang telah lama dianut dalamUnix, dan turunannya. Microsoft memanfaatkan serupa untuk mengamankan Windows dari akses yang tidak berwenang.Ada beberapa langkah untuk menuju ke User Account Control, yaitu dengan mengetikkan User Account Control pada menu search.Atau langsung menuju direktori "Control Panel\All Control Panel Items\User Accounts" dan memilih "Change User Account Control Setting". Setelah itu akan muncul menu dengan empat level notifikasi.

Pada tulisan kali ini, Anda akanmemilih level tertinggi. Silahkan menggeser "Notify Level"-nya lalu klik "Ok". Lalu akan ada pemberitahuan untuk me-restart windows Anda. Setelah sistem ter-restart, maka UAC telah aktif pada windows Anda.Untuk mencoba fitur UAC ini, Anda dapat coba menginstal sebuah aplikasi berekstensi file .exe lalu jalankan file .exe tersebut.

Ketika Anda akan meng-install-nya, maka akan ada pemberitahuan yang mengingatkan Anda apakah ingin melanjutkanya atau tidak, inilah salah satu fitur UAC tersebut. Itulah sedikit pengenalan mengenai sistem UAC pada Windows, semoga bermanfaat. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel