BlackBerry Curve 9320 - RIM Hadirkan Kemampuan Akses 3G dan Fitur Parental Controls

14 May 2012 11:30 5882 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Research In Motion (RIM) secara resmi telah memperkenalkan produk BlackBerry terbarunya kepada pasar global. Perangkat terbaru dari perusahaan asal Kanada tersebut bernama BlackBerry Curve 9320. Curve 9320 tidak hanya mewarisi seluruh fungsi fitur-fitur pada smartphone BlackBerry sebelumnya, tetapi telah didukung pula dengan ...

Research In Motion (RIM) secara resmi telah memperkenalkan produk BlackBerry terbarunya kepada pasar global. Perangkat terbaru dari perusahaan asal Kanada tersebut bernama BlackBerry Curve 9320. Curve 9320 tidak hanya mewarisi seluruh fungsi fitur-fitur pada smartphone BlackBerry sebelumnya, tetapi telah didukung pula dengan beberapa fitur terbaru. Tak hanya mengedepankan fitur-fitur massaging, perangkat terbaru inipun telah didukung dengan fitur hubungan sosial pengguna. Selain itu, BlackBerry Curve 9320 ini telah dilengkapi dengan kemampuan menjangkau fitur jaringan 3G secara global. Sementara itu, RIM juga menjanjikan dukungan baterai yang mampu bertahan lebih lama daripada perangkat pendahulunya dan penggunaan sistem operasi terbaru.

Smartphone BlackBerry Curve 9320 memiliki ukuran dimensi perangkat sebesar 109 x 60 x 12.7 mm dengan berat 103 gram. Layarnya berukuran 2.44 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel dan dukungan teknologi TFT QVGA non-touchscreen. Sayangnya, RIM hanya menyisipkan densitas piksel layar perangkat terbarunya ini sebesar 164 ppi. Maka, jika bicara layar, Curva 9320 tidak mengalami banyak perubahan dari perangkat serupa sebelumnya. BlackBerry terbaru ini telah didesain agar dapat dengan mudah digunakan para penggunanya untuk saling terhubung secara sosial. BlackBerry Curve 9320 terbaru ini sepertinya akan dikenal para penggunanya pertama kalli karena kemampuan dan beberapa fungsi fitur terbarunya.

Untuk sistem perangkat keras, BlackBerry Curve 9320 didukung dengan penggunaan prosesor single core dan sistem memori sebesar 512 MB. Kemampuan sistem memori dan prosesor untuk perangkat BlackBerry kelas menengah ini cukup dapat memberikan Anda akses dan penggunaan aplikasi tanpa menemukan masalah seperti lagging. Anda dapat memanfaatkan media penyimpanan eksternal melalui slot microSD dan micro SDHC yang dapat mendukung penggunaan kartu hingga 32 GB. Hingga saat ini belum ada informasi berapakah kekuatan prosesor yang akan digunakan oleh Curve 9320 ini. Bahkan pada press release-nya pun RIM masih merahasiakan beberapa spesifikasi perangkat terbarunya ini.

Curve 9320 cukup dapat memenuhi keinginan para pengguna BlackBerry agar dapat terus terhubung dengan banyak orang dan hal lainnya. Fitur-fitur pada smartphone BlackBerry Curve 9320 ini tentunya akan terus memenuhi kekuatan perangkat produk RIM lainnya yang dikenal sebagai salah satu perangkat jejaring sosial mobile yang dapat diakses sebagai instan. Selain itu, perangkat terbaru inipun memiliki keyboard BlackBerry berdesain klasik dan cukup mudah untuk digunakan. RIM telah menyisipkan fitur hiburan seperti FM radio, agar Anda dapat terus mengikuti informasi dan hiburan yang disiarkan oleh stasiun radio favorit Anda. Anda tidak perlu menggunakan layanan data untuk mengakses fitur FM radio.

Agar dapat mendukung konektivitas jaringan 3G dan akses fitur-fitur hiburan seperti FM radio dan pemutar musik, BlackBerry Curve 9320 menjanjikan daya baterai yang dapat Anda manfaatkan untuk jangka waktu cukup lama. Perangkat ini memiliki daya baterai yang sama seperti digunakan oleh BlackBerry Curve 9220, yakni 1450 mAh. Anda dapat memanfaatkan daya baterai tersebut selama 7 jam penggunaan dalam keadaan talk time. Selain itu, baterai Cuve 9320 inipun mampu bertahan sekitar 18 hari atau 432 jam dalam keadaan stand by. Sementara, jika Anda menyukai kegiatan mendengarkan siaran dari stasiun radio melalui fitur FM radio atau mendengarkan musik melalui fitur pemutar musik, Anda dapat menggunakan perangkat ini dalam waktu sekitar 30 jam.

BlackBerry Curve 9320 hadir dengan kemampuan sistem operasi terbaru. BlackBerry 7.1 OS akan mendukung fitur-fitur seperti WiFi dan juga mobile Hotspot yang dapat diakses langsung dari perangkat ini. Selain itu, RIM telah menyisipkan fitur terbarunya yang dapat dimanfaatkan oleh para orangtua bernama Parental Control. Kehadiran fitur ini digunakan agar anak Anda atau para rejama dapat memanfaatkan Curve 9320 secara positif, namun masih dapat pemantauan para orangtua. Dengan menggunakan fitur Parental Control ini Anda dapat membatasi ataupun memutuskan beberapa website, kontak telepon, dan beragam aplikasi jejaring sosial.

Berbicara soal BlackBerry, tak lengkap rasanya jika meninggalkan pembahasan tentang fitur interaksi pengguna dalam jejaring sosial. Anda dapat memanfaatkan jejaring sosial seperti Twitter ataupun Facebook langsung dari dalam perangkat. Aplikasi Sosial Feeds terbaru memungkinkan Anda untuk menggunakan akun jejaring sosial mereka secara bersamaan. Berbeda dengan Curve 9220, kamera BlackBerry Curve 9320 mengalami sedikit peningkatan dengan kualitas resolusi kamera sebesar 3.2 MP. Hanya saja dengan kemapuan smartphone lainnya yang menyuguhkan kualitas kamera yang mumpuni, rasanya perangkat ini tidak masuk ke dalam daftar rekomendasi bagi para pecinta fotografi. Selain itu, Andapun tidak akan mendapatkan fitur autofocus di dalamnya. Tapi, Anda masih dapat memanfaatkan fitur GPS agar dapat menautkan lokasi pada foto yang diambil menggunakan kamera Curve 9320.

BlackBerry Curve 9320 memiliki cukup banyak fitur baru yang dapat Anda manfaatkan. Dengan kemampuan fitur messaging dan akses jejaring sosial yang lebih mudah, penggunaan daya baterai akan semakin lebih efektif. Selain itu, sistem operasi terbaru dan fitur pengawasan orang tua dapat menjadi opsi menarik jika Anda sedang mencari perangkat smartphone BlackBerry dengan spesifikasi menengah. Dalam press release-nya RIM menyebutkan bahwa harga Curve 9320 akan diumumkan oleh para distributor. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel