Kumpulan Jam Tangan Canggih yang Bisa Terhubung dengan Smartphone Anda

3 Jul 2012 08:00 12717 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika yang Anda pikirkan tentang teknologi masa kini tentunya akan banyak hal yang terlintas. Kita bisa membayangkan sebuah PC super canggih dengan berbagai kelengkapannya, atau sebuah ponsel yang didesain memiliki prosesor yang bahkan melebihin prosesor netbok. Ya, dua hal tersebut bukan mustahil dimiliki pada saat ini.

Jika yang Anda pikirkan tentang teknologi masa kini tentunya akan banyak hal yang terlintas. Kita bisa membayangkan sebuah komputer PC super canggih dengan berbagai kelengkapannya, atau sebuah ponsel yang didesain memiliki prosesor yang bahkan melebihin prosesor netbok. Ya, dua hal tersebut bukan mustahil dimiliki pada saat ini. Kemajuan teknologi menjadikan segala hal yang dahulunya sulit diterapkan kini menjadi sangat mungkin diterapkan, dan tentunya dengan kelebihan dalam reduksi biaya dan ukuran agar tampil futuristik namun tetap terjangkau bagi semua orang. Efek jelek dari kemajuan teknologi bukanlah tidak ada, dengan munculnya berbagai perangkat canggih kita seakan terbuai dan tertuntu untuk memilikinya, bahkan ketika kita tidak benar-benar membutuhkannya.

Kini kita akan membicarakan sebuah perangkat yang mungkin tidak ada pada beberapa tahun belakangan. Sebuah konsep sederhana dan tentunya perangkat yang sederhana pula namun sarat fungsi dan kemudahan. Teknologi baru sudah mulai diterapkan pada jam tangan pada saat ini. Jam tangan bukanlah hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun kini fungsinya sebagai perantara interaksi dengan ponsel pintar Anda. Ya, integrasi yang dimiliki oleh beberapa jam tangan anyar ke berbagai ponsel pintar menjadikannya seperti perangkat ponsel itu sendiri. Fitur-fitur ponsel kini bisa dinikmati melalui berbagai jam tangan canggih tersebut.

Setidaknya ada 3 jenis jam tangan canggih yang mendukung sinkronisasi dengan ponselpintar. Anda mungkin telah mengenal Sony Live View sebagai salah satu mediator antara ponsel Android Sony. Selain itu masih terdapat 2 nama lagi yang akan memberikan Anda preferensi untuk memiliki perangkat mini ini, ada I’m Watch dan Pebble Watch. Berikut Plimbi akan membahas ketiga jam canggih tersebut.

Sony Live View

Hadir lebih awal dari brand terkenal Sony ericsson yang kini telah berganti nama menjadi Sony saja, jam ini membawa fitur-fitur interaktif sebagai berbagai indikator aktivitas yang terdapat pada ponsel Anda. Meskipun terlahir dari brand Sony, sejatinya jam tangan ini bisa digunakan untuk berbagai merek ponsel tertentu yang memiliki sistem operasi Android. Namun untuk maksimalisasi fitur, baiknya sinkronisasi yang dilakukan adalah dengan ponsel Android Sony.

Jam tangan ini pun sebenarnya bisa didapatkan gratis pada edisi tertentu ponsel-ponsel Sony, sebut saja Sony Ericsson Active yang menjadikannya satu pada paket penjualan. Memiliki dimensi 35.0 × 35.0 × 11.0 mm, Live View cukup ringan dibawa karena beratnya yang hanya 15 gram saja. Keamampuan utamanya mampu menjadi penampil SMS, status facebook ataupun berbagai aplikasi yang tersedia untuk dimasukan ke dalam jam canggih ini.

Layarnya berteknologi OLED yang lebih hemat daya, sedangkan untuk mensinkronisasikan dengan ponsel tentunya melalui Bluetooth. Sebagai tambahan, Anda dapat menjadikannya control musik ponsel pintar Anda, cukup keren dan nyaman ketika Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan ponsel hanya untuk mengganti track lagu.

Sony Live View

 

video

 

I’m Watch

Seakan bangga dengan Made In Italy, jam tangan ini memang memiliki kesan eksklusive. Desain kotak yang dimilikinya mirip dengan Sony Live View, begitu juga fungsinya. Memiliki fungsi sebagai perantara interaksi dengan ponsel, jam yang satu ini lebih hebat dengan menghadirkan sistem operasi Android. Dengan sistem operasi Android yang dimilikinya, Anda tentunya bisa mengunduh berbagai aplikasi yang diperuntukan untuk ponsel ini.

Untuk sinkronisasinya sedikit lebih luas, Anda diperkenankan melakukan integrasi dengan sistem operasi Android dan juga iPhone, tidak seperti Live View yang hanya memberikan akses ke beberapa tipe ponsel saja. Dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti accelerator yang akan mempermudah penggunanya, selain itu sensor magnet juga tersedia.

I'm Watch

 

video

 

Pebble Watch

Jam tangan yang ketiga berbeda dari dua jam tangan sebelumnya. Perbedaan mendasar dapat terlihat dari sisi layar yang diadopsinya. Meskipun terlihat jadul karena hanya menampilkan layar hitam putih, namun sejatinya teknologi yang diadopsi sama dengan layar Kindle dengan e-ink. Layar e-ink ini disinyalir hemat daya dan terbukti ketajamannya, bahkan dibawah sinar terik sekalipun. Lagipula dengan layar hitam putih tersebut, penampilan Pebble terlihat sederhana dan elegant.

Bicara soal fitur, Anda jangan takut. Jam tangan canggih yang dilengkapi dengan Bluetooth versi 4 ini juga memiliki fungsi utama sebagai pembaca ponsel pintar Anda. Dukungan yang diberikan mencakup iOS dan Android. Jam tangan ini pun dilengkapi berbagai sensor seperti accelerometer, vibrating motor, dan gesture detection.

Pebble Watch

 

video

 

Kesimpulan

Teknologi yang maju menjadikan jam yang bisa Anda miliki tidak hanya sebagai penunjuk waktu, bahkan fungsi utamanya tersebut telah tergeser menjadi pembaca aktivitas ponsel. Dengan jam-jam tersebut, Anda tidak perlu repot mengeluarkan ponsel dari kantong Anda hanya untuk melihat notifikasi SMS atau mention teman Anda di Twitter. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel