Trik Reboot, Suspend, Hibernate & Cara Shutdown Ubuntu Secara Otomatis

10 Jun 2013 22:00 12962 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda pengguna Linux Ubuntu atau versi turunannya dan bingung cara untuk melakukan berbagai pengaturan cara shutdown Ubuntu hibernate otomatis dan lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah Anda pengguna Linux Ubuntu atau versi turunannya dan bingung cara untuk melakukan berbagai pengaturan cara shutdown Ubuntu, hibernate otomatis dan lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Ada kalanya kita menginginkan komputer atau laptop mati pada jam-jam tertentu atau sesuai dengan keinginan, entah pada saat komputer sedang ditinggalkan untuk kerpeluan download, ketika Anda sedang tidur namun tetap ingin  mendengarkan suara musik yang ada di sistem Ubuntu, dan berbagai alasan lainnya.  Sebelum mengenal lebih jauh mengenai shutdown otomatis dan aplikasi yang akan digunakan berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai fungsi shutdown, reboot, suspend dan juga hibernate dalam sebuah sistem operasi.

  • Shutdown, merupakan sebuah proses untuk mematikan seluruh berbagai aktivitas dan kerja seluruh sistem dan berbagai jenis aplikasi yang ada pada sebuah komputer ataupun laptop.
  • Reboot, merupakan sebuah proses untuk menghidupkan ulang kinerja sistem operasi karena alasan tertentu seperti terdapat crash¸ kegagalan menjalankan aplikasi pada sebuah sistem operasi komputer karena telah melakukan instalasi berbagai jenis update pada sistem komputer sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.
  • Suspend, dalam sistem operasi Windows fitur ini biasa dikenal dengan istilah Sleep Mode, fungsinya hampir sama yaitu untuk  memindahkan seluruh isi memori RAM termasuk data dan aplikasi yang sedang berjalan agar tidak dipindahkan ke swap, jika komputer mati dalam keadaan Suspend maka dapat dipastikan Anda akan kehilangan isi RAM yang termasuk data-data dan program yang sedang berjalan.
  • Hibernate, merupakan kebalikan dari fitur Suspend. Fitur ini akan menyimpan seluruh isi memori RAM termasuk data dan aplikasi yang sedang berjalan kedalam partisi swap sehingga ketika sistem komputer dalam kondisi hibernate maka kondisi komputer/laptop akan mati sama sekali, dan saat komputer/laptop dinyalakankembali maka seluruh isi RAM akan di-load kembali termasuk aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sedang berjalan.

 

Baca juga :

                   Meizu Pro 5, Dengan Ubuntu Didalamnya

                  Pilihan Aktivitas Murah dan Bermanfaat di Liburan Panjang

 

Agar dapat melakukan cara shutdown Ubuntu, Reboot, Suspend dan juga hibernate dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan aplikasi qshutdown. Qshutdown merupakan sebuah aplikasi open source  untuk dapat digunakaan khusus bagi para pengguna sistem operasi Linux, aplikasi ini menawarkan desain tampilan aplikasi yang cukup baik dan mudah untuk digunakan karena desain tampilannya pun sangat sederhana. Fitur yang ditawarkan oleh qtshutdown adalah beberapa jenis pengaturan untuk memungkinkan para penggunanya melakukan berbagai jenis pengaturan penjadwalan otomatis pada sistem. Perlu diketahui bahwa qshutdown juga kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi Linux yang berbasiskan Ubuntu seperti Xubuntu, UNIX dan juga FreeBSD.

Anda dapat melakukan proses instalasi dari aplikasi qshutdown dengan menjalankan perintah pada PPA sebagai berikut dan pastikan sistem operasi Anda sedang terkoneksi ke jaringan internet:

sudo add-apt-repository ppa:hakaishi/qshutdown

sudo apt-get update

sudo apt-get install qshutdown

Cara Menjalankan aplikasi qtshutdown

  • Setelah proses instalasi berhasil dilakukan, jalankan aplikasi qshutdown.
  • Pilih hal/aksi apa yang ingin dilakukan oleh sistem secara otomatis.
  • Jika sudah dipilih dan ditentukan, kemudian untuk mengatur waktu untuk melakukan proses tersebut.
  • Pilih time frame waktu yang diinginkan, pilihan ini bertujuan agar kapan aplikasi qshutdown harus melakukan perintah yang Anda inputkan, contoh: porses hitung mundur waktu akan dimulai setelah 5 menit setelah Anda mengklik tombol OK jika Anda menginputkan dengan angka 5.
  • Jika sudah dipilih dan ditentukan pengaturan otomatisnya klik tombol OK agar qshutdown memulai hitung mundur.
  • Klik tombol Now! untuk mengeksekusi perintah yang telah Anda masukkan tadi.

Selain cara shutdown Ubuntu secara otomatis, Anda juga dapat melakukan dan juga mengkonfigurasi menggunakan fitur reset timer, Anda dapat melakukannya kapan saja melalui menu app-indicator. Pada pengturan ini pengguna dapat memilih berbagai jenis tindakan yang perlu diambil seperti memilih aksi yang ingin dilakukan dengan qtsutdown seperti pilihan execute, minimize qshutdown dan juga berbagai jenis pengaturan (access Preferences) dari menu app-indicator.

Dari pengaturan menu Preferences, pengguna dapat juga untuk mengubah jenis ukuran font, melakukan pengaturan  batas maksimum file log (maximum log file size), menghilangkan pengaturan aplikasi (disable hiding the application), mengaktifkan PC saat, autostart qshutdown, memunculkan  peringatan tertentu (enable warning)  dan juga pengaturan file logging lainnya.

Bagi para pengguna sistem operasi versi Linux Ubuntu Anda dapat menginstal aplikasi ini melalui Lunchpad yang ada pada Ubuntu seperti telah dijelaskan di atas, dan untuk pengguna sistem operasi turunan Ubuntu lainnya Anda dapat mengunjungi situs resminya di sini https://launchpad.net/~hakaishi/+archive/qshutdown, jika Anda sudah mengunjungi situs tersebut klik tombol versi Linux Ubuntu yang sedang digunakan untuk melakukan proses download file.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel