Pilihan Aktivitas Murah dan Bermanfaat di Liburan Panjang

5 May 2016 08:44 7827 Hits 0 Comments
Demikianlah beberapa tips saya terkait mengisi waktu yang berkualitas dan murah di liburan panjang. Pilihan aktivitas tersebut diantaranya adalah menambah jam tidur, membaca, jogging, meditasi/yoga, belajar memasak, pijat, dan mengobrol bersama keluarga. Semoga dapat diterapkan dan bermanfaat untuk kita semua.

Bingung apa yang harus dilakukan saat long weekend? Belum memiliki tabungan yang cukup besar untuk bepergian jauh? Daripada galau melihat teman-teman yang sedang traveling ke beberapa tempat wisata, kali ini saya mencoba memberikan solusi-solusi jitu yang murah sebagai alternatif mengisi waktu pada saat liburan panjang.

1. Menambah jam tidur

Jika merasa terlalu sibuk bekerja atau sering lelah karena lembur, sisihkanlah waktu untuk tidur lebih lama. Bagi karyawan kantoran, tidur di siang hari termasuk suatu aktivitas yang langka dan baru bisa dilakukan hanya saat weekend. Nah mumpung weekday adalah hari libur, waktu tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memulihkan stamina, terlebih tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

2. Membaca buku

Anda memiliki buku favorit tertentu namun belum sempat membaca karena kesibukan? Tentunya di hari libur panjang, membaca buku dapat menjadi pilihan yang menarik. Me time di kamar dengan menikmati bacaan favorit pasti terasa menyenangkan. Saat ini pun Anda dapat menikmati buku dengan membaca secara online / e-book jika belum membeli buku favorit secara fisik. Menambah pengetahuan secara gratis tentunya solusi yang menarik, bukan.

3. Jogging

Jarang berolahraga umumnya dikarenakan kesibukan di kantor/sekolah, nah mumpung libur tak ada salahnya melakukan jogging di pagi hari. Udara masih segar dapat menambah semangat berolahraga. Menyehatkan tubuh secara gratis adalah salah satu bentuk mencintai diri sendiri.

4. Meditasi/Yoga

Aktivitas yang sederhana, tidak mengeluarkan biaya, dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan kesehatan rohani.

5. Belajar memasak

Mengingat saat ini bisnis kuliner semakin berkembang pesat, menjadi menarik selain kita menyantap masakan kita juga belajar memasaknya. Kita dapat meminta bantuan belajar dari keluarga atau browsing resep-resep masakan yang tepat. Kita dapat memilih menu umum dengan bumbu-bumbu sederhana, pastinya tak akan terlalu mengeluarkan banyak biaya. Biaya yang diperlukan maksimal hanya 50 ribu rupiah.

6. Pijat

Pijat refleksi maupun pijat tradisional di tempat favorit tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.  Selain dapat meregangkan otot-otot juga dapat menenangkan pikiran agar stress karena pekerjaan atau tanggung jawab lain dapat berkurang. Dengan menyisihkan sekitar 100 ribu rupiah, hari libur Anda dapat terisi dengan kegiatan bermanfaat. Jika dibandingkan dengan liburan ke tempat yang jauh, angka ini relatif tak terlalu besar.

7. Obrolan berkualitas bersama keluarga

Jarangnya komunikasi dalam keluarga dapat terjadi dewasa ini karena kesibukan pekerjaan yang luar bisa ditambah dengan kemacetan yang luar biasa. Jika ada libur panjang, sebaiknya waktu berharga tersebut dimanfaatkan dengan mengobrol bersama keluarga dari topik yang ringan sampai topik yang berat. Bagaimanapun juga jika sudah tercipta damai dalam sebuah keluarga, maisng-masing anggota keluarga dapat menunaikan aktivitas sehari-harinya dengan bahagia.

Demikianlah beberapa saran saya terkait mengisi waktu yang berkualitas dan murah di liburan panjang. Semoga dapat diterapkan dan bermanfaat untuk kita semua.

Tags

About The Author

Arsha Culinary 34
Ordinary

Arsha Culinary

love to write anything especially about trip culinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel