Cara Scan Dokumen Menggunakan Android dan Menyimpannya ke Google Drive

12 Jun 2013 09:00 8008 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips ini akan memberikan petunjuk dan panduan Cara Scan Dokumen dan menyimpan dokumen tersebut ke Google Drive dari perangkat Android Anda.

Google telah meluncurkan secara resmi layanan penyimpanan cloud yang diberi nama Google Drive, dimana dikembangkan untuk menggantikan dari fungsi Google Docs. Pada Google Drive pengguna dapat memanfaatkan fasilitas dan fitur yang ditawarkan oleh Goolge Drive seperti menyimpan dokumen, foto, file dan video, serta dapat di akses melalui komputer, tablet, handphone dan smartphone yang memiliki koneksi internet. Salah satu fitur yang terbilang canggih adalah menggunakannya teknologi OCR (Optical Character Recognition) pada Google Drive, yaitu teknologi yang memungkinkan dapat kita gunakan untuk pengenalan sebuah character atau text yang terdapat pada sebuah foto atau scan dokumen (mencapture dokumen dengan camera), sehingga character atau text yang terdapat pada foto dapat kita cari layaknya melakukan pencarian sebuah character atau text pada document, untuk memanfaatkan fungsi scan pada Google Drive, maka artikel kali membahas tentang cara scan dokumen menggunakan Android. berikut cara scan dokumen beserta mengaktifkan Google Drive pada Android.

Instalasi Google Drive

Sebelum kita melanjutkan tips cara scan dokumen pada Android, apakah pada Android kita sudah terdapat aplikasi Google Drive atau tidak. Apabila pada Android kita belum terdapat aplikasi Google Drive, kita diharuskan untuk mendownload software Google Drive sebagai antar muka pengguna dengan mengunjungi situs resmi store Android (Google Play). Setelah selesai melakukan instalasi Google Drive pada Android, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Google Drive salah satunya ialah seperti poin yang diangkat dalam artikel Step by Step Cara Scan Dokumen Menggunakan Android yaitu scan.

Google yang membuat produk saling berintegrasi memungkinkan para pengguna hanya dengan 1 akun dapat memanfaatkan berbagai produk dari Google dengan hanya 1 kali login. Pengguna smartphone Android secara otomatis akan diharuskan mengisi akun Google, dikarenakan Android adalah sistem operasi yang masih dibawah naungan Google, hal tersebut memungkinkan para pengguna akan secara otomatis login sebagai akun yang sebelumnya disetting pada Android, seperti halnya pada Google Drive.

 

Baca juga :

                   5 Keyboard Android Terbaik di Tahun 2016

                   5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli Apple Terbaru iPhone SE

 

Cara Scan Dokumen

Saat kita membuka aplikasi Google Drive yang secara otomatis login apabila akun google sudah ditambahkan pada smartphone Android, dan apabila pengaturan akun google belum ditambahkan, maka ketika membuka palikasi Google Drive halaman yang muncul pertama kali adalah form login, setelah berhasil login maka kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Google Drive salah satunya ialah scan.

Setelah aplikasi Google Drive sudah terbuka, halaman pertama pada Google Drive terlihat sangat simple, dengan hanya menampilkan poin-poin mulai dari :

  • My Drive : File-file yang sudah kita upload kedalam Google Drive kita.
     
  • Shared with me : File-file yang kita share kepada akun Google Drive lain (teman).
     
  • Starred : File yang memiliki rate.
     
  • Recent : Daftar file yang sudah kita buka.
     
  • Offline : File yang dapat kita akses secara offline

Tombol-tombol fungsi yang terdapat pada Google Drive, sisi atas terdapat icon search dimana kita dapat melakukan pencarian terhadap file-file yang sudah kita simpan pada Google Drive, pada sisi paling bawah terdapat 3 menu yaitu back, menu, dan option. Berikut step-step cara scan dokumen :

  • Step pertama cara scan dokumen ialah dengan klik tombol option yang terdapat pada pojok kanan bagian atas, maka akan muncul menu-menu option Google Drive, seperti Add new, refresh, dsb.
     
  • Setelah menu option muncul maka pilihlah Add new, untuk menambahkan file baru untuk di upload.
     
  • Saat Add new kita klik, maka akan muncul form konfirmasi mengenai file apa yang hendak kita buat mulai dari folder, document, spreadsheet, scan dan upload.
     
  • Setelah form konfirmasi untuk Add new muncul, maka pilih scan untuk mengcapture sebuah dokomen, disinilah poin dari tips cara scan dokumen menggunakan Android.
     
  • Saat kita mengirim konfirmasi berupa memilih scan, maka akan muncul layar untuk pengambilan atau capture dokumen.
     
  • Setelah muncul layar pengambilan gambar / camera, seperti halnya mengambil gambar pada handphone, kita harus klik / tekan tombol camera untuk melakukan capture objek, untuk melihat hasil yang maksimal fungsi scan pada tips cara scan dokumen ini, objek yang digunakan adalah dengan mengcapture sebuah dokumen.
     
  • Setelah pengambilan objek berupa dokumen, maka secara otomatis objek yang di ambil tersebut akan di upload ke Google Drive kedalam bentuk PDF yang berformat nama file scanned_tanggal-waktu.
     
  • Setelah mengikuti step-step diatas, maka tutorial cara scan dokumen ini pun selesai.

Adanya teknologi yang digunakan pada Google Drive yaitu ORC, sehingga tips cara scan dokumen ini dapat dimanfaatkan secara maksimal ketika character / text pada objek dokumen dapat kita search. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel