Tips dan Trik Internet : Cara Menghindari Kecanduan dalam Menggunakan Internet

18 Jul 2013 17:00 3949 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet akan terus menjangkiti manusia, dan membuat mereka kecanduan. Ada orang yang akan berlama-lama di depan komputer hanya untuk berselancar di dunia maya. Di sisi lain, adalah hal yang berbahaya apabila aktifitas tersebut dibiarkan terjadi. Apakah Anda termasuk orang-orang tersebut? Banyak waktu yang akan terbuang, baik untuk keluarga, teman, ataupun orang yang kita kenal lainnya.

Internet akan terus menjangkiti manusia, dan membuat mereka kecanduan. Ada orang yang akan berlama-lama di depan komputer hanya untuk berselancar di dunia maya. Di sisi lain, adalah hal yang berbahaya apabila aktifitas tersebut dibiarkan terjadi. Apakah Anda termasuk orang-orang tersebut? Banyak waktu yang akan terbuang, baik untuk keluarga, teman, ataupun orang yang kita kenal lainnya. Walaupun mungkin Anda menggunakan internet untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, tetap saja dibutuhkan waktu yang etektif dan cara penggunaan internet yang baik,kali ini plimbi akan membahas tips dan trik internet agar Anda tidak terlalu terpancang pada dunia internet.

Mungkin, Anda termasuk orang yang ambisius. Anda akan menyelesaikan segala pekerjaan, dengan memanfaatkan teknologi internet saat ini. Anda akan membuat email, melakukan percakapan video, mengirimkan file, membuka laman web dan kegiatan lainnya, semuanya dilakukan melalui dunia internet. Meskipun Anda merasa tidak ada yang salah, namun orang lain yang bisa merasakan dampaknya. Keluarga atau teman dekat Anda akan merasa “dicampakkan”, karena Anda terlalu bekerja keras dan sering berada di depan komputer. Apabila Anda termasuk orang yang senang berlama-lama untuk menyelami dunia internet dan ingin mengurangi kebiasaan tersebut, berikut ini Plimbi sajikan tips dan trik internet yang akan menghindarkan Anda dari kecanduan internet.

Menggunakan timer

Satu solusi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengingatkan Anda tentang waktu adalah, menghitung waktu yang Anda habiskan di depan komputer. Ini merupakan solusi yang sederhana, apabila Anda sering lupa waktu dalam menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya dengan banyak membuka laman web. Jika Anda adalah pengguna browser Chrome, maka Anda bisa mengunjungi Timer Tab. Laman ini akan menawarkan dua program timer, yaitu stopwatch dan alarm clock. Timer akan mulai bekerja menyesuaikan dengan pengaturan yang ditetapkan, dan waktu akan mulai dihitung mundur. Tetapkan waktu  yang Anda inginkan untuk berhenti menggunakan komputer, dan alarm akan berbunyi jika waktu telah habis. Cara ini sangat mudah dan sederhana, dan akan mengingatkan Anda tentang waktu, sehingga tidak terlalu terjebak dalam kegiatan berinternet. Program ini dapat membuat Anda memiliki waktu yang berkualitas, baik pada aktifitas berinternet ataupun hubungan dengan orang terdekat.

Tempatkan foto

 Cara lain yang bisa mengingatkan Anda untuk kembali ke kehidupan “nyata” dan tidak terjebak di dunia maya adalah menempatkan foto orang-orang terdekat, seperti keluarga atau teman-teman pada desktop komputer. Dengan foto ini, apabila Anda sewaktu-waktu kembali ke desktop dan melihatnya, maka Anda akan teringat kembali dengan dunia “nyata”. Mungkin saja, Anda ingin langsung mematikan komputer dan segera bertemu dengan orang-orang terdekat. Cara ini cukup ampuh, dan akan mengingatkan Anda agar tidak terlalu bekerja keras.

 

Baca juga :

                    7 Tips dan Trik Facebook yang Sangat Berguna

                    5 Kelebihan Huawei Nexus 6P dibandingkan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

 

Membuat jadwal

Banyak orang yang terlalu fokus pada pekerjaannya, dan melupakan segala hal. Oleh karena itu, mereka akan membuat jadwal agar dapat diingatkan pada saat aktifitas akan dimulai. Anda dapat menggunakan program penjadwalan pada komputer untuk hal-hal tersebut. Buatlah kegiatan bersama keluarga, meskipun kegiatan tersebut sederhana. Tempatkan pada jadwal, dan Anda akan diingatkan apabila waktunya telah tiba.

Shutdown komputer

Anda sudah tersadar apabila sedang terjebak di dunia maya? Anda telah diingatkan, namun Anda masih memiliki fokus pada pekerjaan di internet. Apa yang oerlu dilakuakn? Segera matikan komputer. Tunda pekerjaan Anda sejenak, dan berkumpullah bersama orang-orang terdekat Anda. Itulah yang Anda butuhkan, segera matikan komputer! Andalah yang tahu apa yang Anda lakukan,dan Andalah yang akan berusaha untuk memilih, apakah akan tetap terus menerus menggunakan internet, atau berkumpul bersama orang terdekat dan melupakan sejenak masalah dunia maya.

Bagi Anda yang seorang worrkaholic, kebiasaan Anda dalam berselancar di dunia maya akan berkurang, atau setidaknya Anda akan sadar, apabila diingatkan dengan hal-hal yang membuat Anda terhibur. Selain waktu, pengingat juga bisa dimunculkan melalui gambaran orang-orang terdekat, agar Anda tidak terlalu fokus berlebihan pada masalah pekerjaan di internet. Internet memang memberikan kemudahan, tetapi cara penggunaan internet ini perlu diatur, agar kita tidak terjebak dalam dunia maya dan melupakan dunia nyata. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel