5 Kelebihan Huawei Nexus 6P dibandingkan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

29 Apr 2016 13:00 6318 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Masih Percaya kalau Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge adalah Smartphone Terbaik?

Mungkin beberapa bulan belakangan ini dunia smartphone sedang dihebohkan dengan kehadiran sepasang smartphone flagship dari Samsung yaitu Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Mungkin jika dilihat dari prosessor, GPU ataupun RAM, kedua flagship dari Samsung ini terlihat mendominasi hampir setiap smartphone flagship yang sudah muncul beberapa bulan sebelumnya.

Tapi apa dominasi dari smartphone tersebut absolut?

Ternyata tidak, contohnya saja jika disandingkan dengan smartphone Huawei Nexus 6P yang sejak akhir tahun 2015 lalu menjadi buah bibir dari para pecinta gadget di seluruh dunia.

Kemampuan Nexus 6P memang tidak diragukan lagi. Setidaknya ada 5 kelebihan Nexus 6P dibanding Samsung Galaxy S7 yang mungkin saja membuat Anda yang tadinya ingin membeli Galaxy S7, beralih ke Nexus 6P.

 

1. Speaker

Speaker adalah salah satu media pada sebuah smartphone yang pastinya sangat disukai orang banyak. Sayangnya pada Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, speaker yang dimilikinya memiliki suara yang lebih lemah dan lubang-lubang speakernya pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan pendahulunya Samsung Galaxy S6.

Hal tersebut sepertinya berkaitan dengan Samsung Galaxy S7 yang anti air dan anti debu.

Kebalikannya dengan Nexus 6P, walaupun smartphone ini tidak anti air dan anti debu, smartphone ini memiliki dua buah speaker stereo yang letaknya berada di bagian muka dari smartphone.

Dari segi suara, Nexus 6P ini memiliki suara yang mungkin bisa disandingkan dengan boomsound dari HTC.

 

2. Sensor Sidik Jari (Fingerprint Sensor)

Salah satu faktor terpenting yang patut dipertimbangkan ketika membeli smartphone saat ini adalah fingerprint sensor.

Samsung Galaxy S7 memang memiliki sensor sidik jari yang cepat. Dan jika dibandingkan dengan sensor sidik jari yang ada pada Nexus 6P, keduanya memiliki respon yang sama-sama cepat.

Tapi sayangnya, sensor sidik jari pada S7 memiliki kelemahan yang cukup fatal menurut saya, dimana untuk membuka smartphone tersebut membutuhkan tekanan pada jari.

Berbeda dengan Huawei Nexus 6P, hanya dengan menyentuhkan jari ke sensor sidik jari, smartphone yang terkunci akan langsung terbuka.

 

3. Software

Dari satu sudut pandang, hal ini mungkin dianggap sebagai hal yang memiliki penilaian relatif karena UI, baik itu Stock Android ataupun TouchWiz, memiliki tempat masing-masing di hati para penggunanya.

Akan tetapi, tampilan antarmuka Stock Android disini jauh lebih unggul menurut saya dari segi penggunaan storage. Bayangkan saja, Samsung seharusnya punya 32GB memori internal, tapi yang bisa kita gunakan hanyalah 20GB saja.

Dan ketika saya cek, memang Samsung memiliki banyak aplikasi-aplikasi bawaan yang memiliki ukuran yang besar dimana salah satunya adalah TouchWiz UI.

 

4. Update

Sudah bukan rahasia umum bahwa Samsung jarang memberikan update kecuali jika mereka benar-benar yakin bahwa update yang akan mereka rilis bebas dari masalah (bugs dan sejenisnya).

Hal tersebut di satu sisi merupakan hal yang baik, namun di sisi lain, hal tersebut menjadi salah satu poin minus bagi sebuah smartphone.

Hal tersebut dikarenakan perkembangan sistem operasi Android saat ini sangatlah pesat dimana dalam satu tahun, dapat muncul satu generasi Android.

Sedangkan untuk Nexus 6P, berhubung smartphone ini adalah hasil kolaborasi Google dengan Huawei, maka update yang tersedia untuk smartphone ini juga selalu paling cepat. Bahkan menurut rumor yang beredar, update Android 7.0 alias Android N akan mulai digulirkan pada bulan Oktober 2016 mendatang.

 

5. USB Type-C

Bagi sebagian orang, yang satu ini terlihat sepele. Padahal jika dipikir-pikir lagi, USB Type-C adalah salah satu standar dari sebuah smartphone di masa depan.

Nexus 6P sudah menggunakan port tersebut pada smartphone-nya, tapi Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge masih tetap menggunakan micro USB. Hal tersebut mungkin dikarenakan masalah kompatibilitas dengan Samsung VR.

Tapi tetap saja, menurut saya smartphone di tahun 2016 ini sudah seharusnya menggunakan USB Type-C dan bukanlah micro USB.

Jadi kalau dilihat-lihat, hanya Huawei Nexus 6P yang menatap masa depan, sedangkan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge masih susah move on.

 

Simpulan

Kedua smartphone tersebut adalah smartphone terbaik yang ada di pasaran hingga saat ini. Tapi mana yang lebih baik?

Pertanyaan tersebut cukup sulit untuk dijawab. Karena untuk menjawab pertanyaan tersebut harus dibuat sebuah komparasi yang komprehensif antara Huawei Nexus 6P dengan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Tags Smartphone

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel