Tips Memotret Dengan Kamera Digital Ala Amatir, Dengan Hasil Foto Pro

7 Jun 2013 16:00 4068 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kamera Digital Single Lens Reflex atau biasa disebut dengan DSLR saat ini tidak lagi menjadi sesuatu yang mewah dan digunakan oleh photografer profesional saja tetapi juga para kaum awam dan mereka yang tertarik pada fotografi. Kamera DSLR hadir dengan berbagai macam pilihan harga dan model yang memungkinkan seseorang dapat memilih kamera DSLR sesuai dengan kebutuhannya.

Kamera Digital Single Lens Reflex atau biasa disebut dengan DSLR saat ini tidak lagi menjadi sesuatu yang mewah dan digunakan oleh photografer profesional saja tetapi juga para kaum awam dan mereka yang tertarik pada fotografi. Kamera DSLR hadir dengan berbagai macam pilihan harga dan model yang memungkinkan seseorang dapat memilih kamera DSLR sesuai dengan kebutuhannya. Bagi sebagian pengguna DSLR, mereka mungkin merasa minder atau iri pada photografer profesional karena gambar hasil jepretan photografer profesional lebih berkualitas dari pada pengguna awam walaupun menggunakan kamera yang sama.

Hal ini tentu wajar karena para photografer profesional sudah memiliki pengalaman dan tips memotret dengan kamera digital daripada photografer pemula. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba meningkatkan kemampuan Anda di bidang fotografi dengan menerapkan tips memotret dengan kamera digital untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas tentang cara memaksimalkan kamera DSLR Anda agar dapat menghasilkan gambar yang berkualitas.

Memilih Format Gambar

Format gambar sangat menentukan bagaimana kualitas jepretan Anda karena format dan ukuran merupakan bagian terpenting dalam tips memotret dengan kamera digital. Semakin tinggi resolusi gambar, maka sebuah foto juga akan semakin bagus. Pada kamera DSLR, terdapat 2 pilihat format yaitu JPEG dan RAW. File RAW merupakan hasil gambar yang masih murni dari olahan sesor kamera sedangkan JPEG adalah format gambar yang sudah diolah oleh kamera berdasarkan pengaturan yang sudah Anda atur sebelumnya. Menggunakan format JPEG sebenarnya tidak dilarang selama Anda mampu menyiasatinya dengan mendapatkan oksposure dan menggunakan white balance dengan tepat.

Gunakan Autofocus

Para photografer biasanya menggunakan fokus manual untuk mengambil gambar jenis portrait dan lanskap. Namun, hal ini akan membuat Anda mengalami kesulitan ketika memotret objek bergerak seperti burung terbang atau ikan yang berenang karena mendapatkan fokus ketika memutar lensa tidaklah mudah dan kemungkinan terjadi goncangan jika tidak menggunakan autofocus yang sudah hadir bersama kamera DSLR Anda. Secara umum kamera DSLR memiliki tiga pilihan mode autofocus yakni mode Continuous servo focus, Dynamic focus mode, dan frame rate. Tips memotret dengan kamera digital menganjurkan Anda memilih salah satu dari mode tersebut untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang lebih baik.

 

Baca juga :

                    Tips Memotret di Museum Sebagai Pengisi Liburan dan Wisata Belajar

                     Nasib Winglet/ Sayap Tambahan Pada Motor MotoGP

 

Gunakan Image Stabilization

Sensor dan lensa kamera DSLR saat ini telah dilengkapi dengan teknologi Image Stabilization yang dapat memberikan hasil gambar yang tajam dan halus walaupun gambar diambil dari lokasi yang kurang cahaya dengan kecepatan 1/15 detik dan pada ISO 6400. Namun, beberapa tips memotret dengan kamera digital mengatakan bahwa sebaiknya Anda tidak menggunakan Image Stabilization jika Anda menggunakan tripot. Namun jika tidak, Anda dapat mengaktifkan mode Image Stabilization ini.

Sensor Cleaning

Selain memperhatikan tips memotret dengan kamera digital, hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sensor Cleaning. Hal ini perlu dilakukan karena banyak debu yang menempel pada sensor DSLR. Sensor Cleaning adalah fitur yang sudah banyak ditawarkan oleh kamera DSLR  dimana kamera memiliki kemampuan untuk membersihkan sensor secara otomatis. Namun, kadang  Anda juga perlu membersihkan sensor kamera secara manual.

Depth Of Field Preview

Depth of Field (DOF) atau kedalaman ruang merupakan rentang jarak antara subyek foto terhadap kamera untuk menghasilkan variasi ketajaman foto yang tidak kabur. DOF ini digunakan untuk menunjukkan ruang tertentu dalam foto yang mendapat perhatian khusus oleh mata karena ada perbedaan fokus. Salah satu tips memotret dengan kamera digital adalah menggunakan DOF Preview karena fitur ini akan memungkinkan Anda melihat perkiraan hasil foto yang akan diambil oleh kamera DSLR Anda.

Gunakan Noise Reduction

Jika Anda memilih format RAW saat mengambil gambar, tips memotret dengan kamera digital dengan format ini adalah menggunakan noise reduction. Untuk meminimalkan noise gambar, Anda dapat mengurangi dark frame.

Eksperimen Dengan White Balance

Kunci sukses dari tips memotret dengan kamera digital SLR juga tidak terlepas dari White balance merupakan bagian suhu warna dimana warna yang dianggap sebagai warna putih bisa bervariasi tergantung dengan kondisi pencahayaan. Anda dapat mengatur white balance sesuai dengan selera Anda baik secara manual atau dengan automatic white balance. Pada automatic white balance, kamera akan mengatur white balance secara otomatis.

Dengan beberapa tips memotret dengan kamera digital yang telah disebutkan di atas, para fotograger pemula pun kini bisa memotret dengan hasil yang kualitasnya tidak kalah dengan hasil foto jepretan fotografer profesional. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel