Google Drive - Free Online Storage Berbasis Cloud Persembahan Google

25 Jun 2012 16:00 4922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada banyak pilihan media penyimpanan data yang dapat dimanfaatkan saat ini. Bukan hanya melalui seperangkat alat ataupun *hardware* komputer, dengan kecanggihan teknologi *cloud computing*, segalamnya dapat Anda akses secara online. Begitupun dengan media penyimpanan data online. Salah satu layanan yang saat ini dapat Anda ...

Ada banyak pilihan media penyimpanan data yang dapat dimanfaatkan saat ini. Bukan hanya melalui seperangkat alat ataupun hardware komputer, dengan kecanggihan teknologi cloud computing, segalamnya dapat Anda akses secara online. Begitupun dengan media penyimpanan data online. Salah satu layanan free online storage yang saat ini dapat Anda manfaatkan adalah Google Drive.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data yang disediakan oleh Google. Jika sebelumnya Anda sempat menggunakan Google Docs, Google Drive merupakan extension dari fitur tersebut. Fitur terbaru ini memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai jenis data ke dalam server Google. Layanan ini akan melakukan replikasi data melalui teknologi cloud computing dengan data yang berada pada komputer pengguna. Oleh sebab itu Anda harus menggunakan client software data Google Drive pada komputer. Setelah software ter-install maka client akan melakukan komunikasi dengan layanan tersebut secara online dan memastikan bahwa data-data terhubung antara dua lokasi tersebut.

Melalui layanan ini Anda dapat membuat, berbagi, berkolaborasi, dan menyimpan seluruh data. Anda dapat mengunggah serta mengakses segala data yang hendak disimpan seperti video, foto, PDF, dan lainnya. Di dalamnya pun Anda dapat mengakses Google Docs agar dapat mengerjakan berbagai dokumen seperti lembar kerja dan presentasi dengan kawan lainnya secara real time. Setelah memilih konten data yang hendak di-share dengan orang yang terhubung, Anda dapat memasukkan dan membalas setiap komentar pada berbagai bentuk dokumen. Setelah itu layanan inipun memungkinkan untuk mendapatkan notifikasi dari pengguna lainnya. Untuk proses pengaksesan data, Anda dapat mengaksesnya dari berbagai termpat. Anda cukup melakukan proses install aplikasi pada perangkat komputer Mac atau PC. Selain itu, para pengguna perangkat Android dan iOS pun dapat memanfaatkannya melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui App Store.

Free online storage yang disediakan oleh Google ini dapat Anda gunakan untuk mencari berbagai hal di dalamnya. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci dan lainnya. Bahkan melalui aplikasinya, Google Drive dapat mengenali setiap teks menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR). Untuk menjangkau komunikasi yang lebih luas, Anda dapat mengakses beragam hal seperti mengirimkan tautan dari Google Drive melalui Gmail dan setiap orang akan mendapatkan data yang sama. Layanan inipun memungkinkan Anda untuk membuka sekitar 30 jenis data langsung melalui beragam browser. Data-data tersebut termasuk video HD, Illustrator, serta Photoshop. Beberapa hal tersebut menjadi salah satu keunggulan layanan ini. Pasalnya Anda dapat berbagai data bahkan folder dengan siapapun serta menentukan pilihan apakak data tersebut dapat diolah oleh mereka.

Dengan kemampuannya yang dapat menjangkau berbagai akses data yang luas, Google Drive dapat menjadi opsi menarik untuk digunakan. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan serta mengakses data dari manapun. Apabila Anda mengaksesnya melalui perangkat komputer, Anda cukup masuk ke dalam web drive.google.com di sini dan install Google Drive. Apabila Anda ingin mengaksesnya melalui perangkat mobile, saat ini ada dua sistem operasi yang dapat mendukung layanan ini yaitu Android dan iOS. Untuk Android Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. Sedangkan untuk perangkat iPhone dan iPad, pihak Google terlah mengkonfirmasi bahwa mereka akan segera menghadirkan akses layanan melalui sistem operasi kedua perangkat tersebut.

Setelah aplikasi ter-install dan berjalan dengan baik, yang Anda cukup lakukan adalah mulai memasukkan data ke dalam Google Drive. Baik melalui perangkat komputer ataupun mobile, Anda dapat mengakses dan berbagi banyak data kemanapun Anda pergi. Pada awalnya Anda akan diberikan media penyimpanan data sebesar 5GB gratis. Tapi, dengan semakin besarnya jumlah dan ukuran data, Anda dapat menambahkan kuota hingga 25GB dengan membayar sekitar $2.49 setiap bulannya. Sementara untuk kuota penyimpanan yang lebih besar, Anda perlu mengeluarkan kocek tambahan. Kuota 100GB dapat Anda manfaatkan dengan membayar sekitar $4.99 setiap bulan. Sedangkan kuota 1TB dikenakan biaya $4.99 setiap bulan. Setiap upgrade yang Anda bayar, maka kuota penyimpanan pada akun Gmail Anda pun akan memiliki kuota hingga 25Gb.

Layanan free online storage yang diberikan Google mungkin memang terbatas oleh kuota pemakaian hingga 5Gb. Oleh sebab itu Anda harus memanfaatkannya secara maksimal. Pada awal kemunculannya, layanan ini telah tersedia untuk beberapa perangkat seperti PC yang berjalan pada sistem Windows XP, Vista, WIndows 7. Sedangkan untuk perangkat produksi Apple, Google Drive telah mendukung penggunaan Mac OS X Lion dan juga Snow Leopard. Para pengguna perangkat mobile semacam smartphone dan tablet pun tak ketinggalan. Smartphone serta tablet Android mulai dari Eclair hingga sistem operasi terbaru pun dapat mendukung layanan ini. Keberadaan Google Drive ini sejatinya telah berhembus dan dikalkulasikan sejak bulan Maret 2006 silam. Kehadiran layanan ini tentu menyemarakkan kompetisi dengan media penyimpanan data online seperti Dropbox dan juga SkyDrive. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel