A.C Ryan VEOLO Smart Android Hub: Multimedia Player dengan Tampilan Smatphone

9 Jun 2013 10:00 2640 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah Anda menemukan produk komputer maupun laptop dengan OS Android? Sepertinya tidak ada kecuali dengan emulator yang pada dasarnya tidak resmi. Namun kali ini Anda akan terkejut karena sudah ada Multimedia Player yang memiliki tampilan seperti layaknya Smartphone karena menggunakan OS Android. Ya, A.C Ryan VEOLO Smart Android Hub adalah perangkat yang kami maksudkan tersebut.

A.C Ryan dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai barang elektronik modern. Ada berbagai macam produk seperti Tablet, Multimedia Player, Keyboard, bahkan sampai AC Adapter. Dan VEOLO Smart Android Hub merupakan salah satu produk unggulan A.C Ryan. Ini merupakan sebuah multimedia player yang bisa memberikan pengalaman menikmati film, menjalankan berbagai file, maupun melakukan browsing. Mungkin bisa dibilang seperti memiliki perangkat Android dengan ukuran besar, lebih besar dari pada tablet. A.C Ryan VEOLO Smart Android Hub dibangun menggunakan komponen dalam SoC Arm Cortex A9 berkecepatan 1 GHz dan didukung GPU Vivante GC800 400 MHz yang dipadukan dengan kapasitas RAM sebesar 512 MB. Hal ini memang agak berbeda karena berbagai produk A.C Ryan biasanya menggunakan chipset dari Realtek. Selain itu, guna keperluan storage tersedia ROM sebesar 4 GB, ditambah konektivitas data yang didukung fitur WiFi adapter 802.11/b/g/n, serta port Ethernet berkecepatan 1 Gbps.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa VEOLO Smart Android Hub didukung dengan OS Android. Penggunaan  OS Android adalah versi 2.2 (Froyo) dan tampilannya dioptimalisasi untuk disambungkan dengan layar televisi digital. Pihak A.C Ryan menyatakan bahwa Perangkat ini sebenarnya ditujukan untuk membuat “Android TV di rumah”. Anda tidak lagi menemukan interface Multimedia Player seperti yang dulu-dulu karena interface perangkat ini sangat terlihat mirip atau hampir sama dengan tablet maupu ponsel pintar. Namun dalam hal ini VEOLO Smart Android Hub lebih unggul karena menggunakan TV LCD maupun perangkat HDMI lain sebagai sarana untuk menampilkan display. Bandingkan dengan tablet atau ponsel pintar yang hanya mengandalkan layar standard masing-masing. Pastinya dengan ini Anda bisa menikmati tampilan layar full High Definition (HD) dengan gambar jelas dan tajam.

Lalu bagaimana dengan desain, ukuran dan apakah memerlukan tempat khusus seperti Multimedia Player lain? Kami kira VEOLO Smart Android Hub tidak berukuran besar. Hanya dengan dimensi 150mm x 114mm x 36 mm, dan dengan berat total sekitar 390 gram, tidak terlalu besar bukan? Dengan ukuran sekecil itu, Veolo bisa dengan mudah Anda letakan pada meja TV maupun pada tempat khusus. Sedangkan jika dilihat dari desainnya, Veolo ini tampak cukup sederhana dan tidak ‘lebay’, bahkan bisa dibilang sangat minimalis dengan bentuk body casing yang melengkung serta berwarna hitam mengilap. Untuk pengoperasiannya, Anda akan menemukan sebuah tampat bagi tombol-tombol keyboard QWERTY. Sangat membantu Anda untuk mempermudah dalam mengetik teks. Nah, untuk bagian belakang Anda bisa mendapatkan konektor display (HDMI) serta port audio. Namun sayangnya, opsi output display memang hanya dengan HDMI, sedangkan untuk opsi penyambungan audio hanya dengan konektor composite (RCA) dan optical. Kekurangan lain adalah ketersediaan port USB yang hanya satu saja.

 

Baca juga :

                   5 Keyboard Android Terbaik di Tahun 2016

                   Cara Mempercepat Windows 10 HIngga 300% dari semula

 

Karena A.C Ryan VEOLO Smart Android Hub merupakan sebuah perangkat Multimedia Player, maka Anda harus menjalankannya dengan bantuan remote. Namun perbedaannya, unit remote dengan fungsi 3-in-1 pada Veolo ini memiliki dua sisi yang salah satunya memuat deretan tombol keyboard QWERTY guna keperluan browsing dan kebutuhan lain. Sedangkan disisi lain terdapat multimedia, tombol power, tombol navigasi 4-arah, serta dua tombol swipe untuk melakukan swiping gesture dalam antarmuka OS Android pada layar. Fitur lainnya dalam remote ini adalah motion atau gyrosensor yang bisa digunakan untuk mengontrol pergerakan kursor di layar. Jadi Anda seperti bermain game pada salah satu konsol game dengan menggunakan controller berfitur motion sensor.

Apa saja format file yang dapat diputar oleh perangkat ini? Berikut kami tuliskan selengkapnya:

  • Image format: BMP, GIF, JPG, JPEG dan PNG.
  • Video format: SF, AVI, DAT, FLV, M2T, M2TS, MKV, MOV, MP4, MPG, MPEG, RM RMVB, TP, TRP, TS, VOD, WMV, MTS, M1V, M2V, M4V, 3GP, F4V M2P dan 3G2.

Selain itu untuk opsi pilihan tampilan video juga bermacam jenis bisa Anda jalankan seperti  PAL, NTSC, 480p, 576p, 720p 50Hz, 720p 60Hz, 1080i 50Hz, 1080i 60Hz, 1080p 50Hz dan 1080p 60Hz.

Betapa lengkapnya A.C Ryan VEOLO Smart Android Hub. Kapan lagi Anda memiliki Android pada televisi layar lebar? Multimedia Player ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Pada situs toko online dihargai hanya Rp 2.5000.00. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel