Tips Memilih Hp Berdasarkan Kelengkapan Spesifikasi Pendukung untuk Pebisnis

19 Jun 2012 19:00 7598 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada beberapa spesifikasi yang sangat krusial dan harus diperhatikan dengan seksama ketika membeli smartphone untuk Anda seoorang pebisnis. Dan berikut tips memilih hp menurut kelengkapan spesifikasi pendukung sebelum membeli.

Ada beberapa spesifikasi yang sangat krusial dan harus diperhatikan dengan seksama ketika membeli smartphone untuk Anda seoorang pebisnis yaitu konektivitas, HDMI/ MHL, Front-Facing Video Camera, Built-in Storage dan Keyboard. Dan berikut tips memilih hp menurut kelengkapan spesifikasi pendukung sebelum membeli.

Konektivitas

Untuk kualitas jaringan terbaik disarankan Anda memilih smartphone yang mendukung jaringan 3G/4G di dalamnya terutama bagi pebisnis yang lingkup kerjanya berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya yang sangat membutuhkan jaringan dan koneksi data yang cepat. Meskipun demikian Anda juga harus tetap mencari tahu kualitas jaringan dari provider SIM Card di daerah tempat tinggal Anda sehingga tidak akan merasa kecewa ketika Anda sudah memiliki handphone 4G namun jaringan yang didapat hanya sebatas EDGE (2G).

HDMI/ MHL

Dengan memanfaatkan sambungan HDMI, Anda bisa menyambungkan handphone Anda ke HDTV yang akan sangat berguna jika ingin melakukan presentasi tanpa perlu repot-repot membawa laptop. Jika handphone Anda tidak mendukung HDMI, perhatikan apakah ada spesifikasi MHL (Mobile High Definition Link) pada handphone tersebut karena merupakan spesifikasi penyambung HD video 1080 dan digital audio interface ke perangkat lain seperti (tablet, kamera) ke HDTV. Lalu apa kelebihan MHL dibandingkan HDMI? MHL secara simultan bisa menambah daya ke handphone di mana hal ini tidak bisa dilakukan oleh HDMI.

Front-Facing Camera

Jika Anda termasuk pebisnis yang sering melakukan video call ataupun terlibat video conferences dengan para partner bisnis Anda, pastikan handphone yang dibeli memiliki front-facing camera (kamera depan), tentunya dengan kualitas yang harus mumpuni. Front-facing camera memiliki range video antara VGA hingga 2MP yang tentu saja bisa digunakan untuk memotret juga. Perlu diperhatikan terkadang kualitas video tidak sebanding dengan yang ditawarkan karena untuk melakukan video call atau video conferences dibutuhkan pula aplikasi dan kualitas jaringan yang baik dan lancar.

Built-In Storage

Entah apakah itu cloud (virtual memory), memori internal maupun removable memory lainnya, media penyimpanan merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika membeli handphone. Untuk handphone ber-OS iOS dan Windows Phone yang memang memiliki layanan built-in cloud sendiri akan lebih mudah mengatur memori dibandingkan Android dan BlackBerry karena harus meng-install layanan cloud dari pihak ketiga.

Jika Anda berniat memasukkan banyak dokumen dan slide presentasi pekerjaan Anda sebaiknya Anda memilih handphone dengan kapasitas memori internal yang besar dan juga menyediakan slot MicroSD karena dengan begitu Anda bisa mengatur sebesar apa memori yang ingin dibenamkan pada handphone Anda. Namun Anda juga harus menyesuaikan memori eksternal yang digunakan karena biasanya handphone berkapasitas 8GB mampu menyokong microSD hingga 32GB dan tentunya semakin besar memori yang Anda pakai maka kinerja handphone akan semakin melambat.

Keyboard

Untuk urusan keyboard bisa dibilang handphone didominasi oleh tampilan touchscreen sedangkan untuk handphone yang memiliki keypad QWERTY sudah semakin jarang ditemukan, kecuali pada beberapa model handphone BlackBerry yang masih setia mengusung tema layar berhiaskan keypad QWERTY. Hal ini mungkin disebabkan karena tampilan handphone touchscreen dirasa lebih simple, lapang dan elegan sehingga ketika Anda melihat dokumen atau browsing, tampilannya akan maksimal.

Aplikasi

Untuk urusan aplikasi, masing-masing OS memiliki situs resminya tersendiri untuk mengunduh aplikasi handphone seperti Android dengan Google Play, iOS dengan iTunes, BlackBerry dengan BlackBerry App World dan Windows Phone dengan Windows Market Places. Kesemua situs tersebut menyediakan ribuan aplikasi gratis maupun berbayar yang dapat Anda unduh. Jika Anda sudah mendapatkan handphone pilihan, ada beberapa aplikasi yang wajib di-install pada handphone Anda di antaranya aplikasi pengamanan (antivirus dan pelacak handphone), aplikasi produktivitas (task list manager, notes dan sebagainya) dan aplikasi cloud-sync (khusus pengguna Android dan BlackBerry).

Aksesoris

Ketika Anda sudah membeli handphone idaman Anda ada baiknya jika mempertimbangkan membeli aksesoris handphone seperti travel charger dan Bluetooth headsets. Bagi Anda yang sering bepergian terutama di airport akan sulit menemukan stop kontak pararel sehingga akan lebih baik jika Anda membeli charger yang memiliki stop kontak pararel. Sedangkan untuk Bluetooth headsets bisa dibeli bagi Anda yang sering mengendarai mobil/ motor sambil menelepon sehingga bisa sedikit meminimalisir resiko kecelakaan dibandingkan Anda menjawab telepon dengan memegangnya langsung atau menjepitnya di helm Anda.

Sama halnya dengan manusia, handphone juga harus diperlakukan dengan baik karena handphone dengan bantuan aplikasi dan aksesoris yang Anda pilih akan benar-benar menjadikan handphone sebagai asisten kedua Anda. Itulah tips memilih hp dari Plimbi, semoga dapat berguna bagi Anda.[FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel