Tips Memilih Hp Terbaik Menurut Jenis OS Bagi Pebisnis

19 Jun 2012 17:00 8372 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Para pebisnis umumnya memilih *smartphone* karena fungsi dan penampilannya yang dapat -menjaga gengsi-™ antar pebisnis. Terlepas dari itu, memilih handphone yang tepat sesuai kebutuhan cukup sulit dilakukan karena banyaknya produsen yang menciptakan perangkatnya dengan fitur-fitur yang menggiurkan.

Keberadaan smartphone bagi orang-orang yang bergelut dengan dunia bisnis sangatlah penting entah itu iPhone, Android, BlackBerry maupun Windows. Smartphone-smartphone tersebut bisa diibaratkan sebagai personal assistant bagi kegiatan mereka. Para pebisnis ini umumnya memilih smartphone karena fungsi dan penampilannya yang dapat œmenjaga gengsi antar pebisnis. Terlepas dari itu, memilih handphone yang tepat sesuai kebutuhan cukup sulit dilakukan karena banyaknya produsen yang menciptakan perangkatnya dengan fitur-fitur yang menggiurkan.

Hal yang pertama yang harus dicermati dalam tips memilih hp terutama bagi para pebisnis adalah Operating System (OS). Secara garis besar dunia smartphone dikuasai oleh 4 jenis OS, yaitu iOS, Android, Windows Phone dan Blackberry yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut sedikit ulasan mengenai masing-masing OS tersebut:

Android

OS yang satu ini diprakarsai oleh Google dengan update terbarunya Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Berbagai pabrikan handphone yang menggunakan Android sebagai basis operasinya antara lain Samsung, LG, Motorola dan HTC, sehingga tidak ada kekhususan hanya untuk satu produkd saja seperti pada iPhone dengan iOS-nya atau BlackBerry dengan BlackBerry OS-nya. Jenis handphone yang satu ini cukup akrab dengan dunia perbisnisan karena dengan ICS support dan Near-Field Communication (NFC) yang bisa Anda manfaatkan untuk transaksi online via ponsel Anda tentunya dengan keamanan yang lebih terjamin. Sebagai smartphone yang diprakarsai oleh Google, aplikasi Gmail memegang peranan penting terutama jika berurusan dengan koneksi internet karena tidak hanya berfungsi melihat email tetapi juga untuk mengunduh aplikasi, melacak dan mem-backup smartphone Anda.

iOS

Untuk OS yang merupakan hak paten dari iPhone dengan update OS terbarunya iOS 6 ini lebih dikembangkan untuk fitur-fitur bisnis, dan update platform-nya itu sendiri lebih dikenal sebagai Siri (dipelopori oleh iPhone 4S) yang bisa menjadi asisten digital Anda. Dengan Siri, Anda dapat mengirim SMS, mengatur jadwal pertemuan, alarm, dan menyelesaikan persamaan matematika dasar via voice command. iPhone juga terkenal dengan iCloud, sebuah layanan yang dapat melakukan sinkronisasi file (dokumen, musik, gambar dan lainya) ke perangkat Apple lainnnya seperti Mac. Perlu diingat karena dari segi harga baik iPhone, iPad maupun MacBook di Indonesia sendiri termasuk yang paling mahal dibandingkan Android, Blackberry dan Windows Phone, namun tentu saja hal itu sebanding dengan penampilan fisik dan internal iPhone sendiri yang benar-benar memukau dan sangat elegan.

BlackBerry OS

Handphone BlackBerry tidak hanya populer di kalangan pebisnis saja namun juga di kalangan remaja. Mungkin hal ini disebabkan karena adanya fitur BlackBerry Messenger (BBM) di mana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengirimkan pesan melalui BBM sebanyak apapun namun Anda tetap harus memiliki paket langganan untuk BBM itu sendiri. Update OS terbaru dari BlackBerry yaitu OS 7 yang menjajikan kemampuan untuk menyelaraskan kehidupan bisnis Anda dengan kehidupan Anda sehari-hari. Ketika Anda terhubung dengan BlackBerry Enterprise Server, penyelaras ini akan secara otomatis memisahkan informasi pribadi Anda dengan informasi yang berhubungan dengan bisnis untuk meningkatkan privasi keamanan. Sekedar informasi saja walaupun BlackBerry sangatlah populer di Indonesia namun di pangsa Internasional sendiri BlackBerry mengalami penurunan popularitas karena berbagai masalah yang ditemukan baik itu di BlackBerry itu sendiri maupun di manajemen BlackBerry yang menjadi salah satu faktor penyebab kemunduran BlackBerry.

Windows Phone

Windows Phone merupakan OS keluaran Microsoft yang disebut-sebut bakal menyamai keperkasaan iOS dan Android terutama di Indonesia karena mayoritas pengguna PC ataupun laptop menggunakan Windows dan Microsoft sebagai basis operasinya yang tentunya akan sangat kompatible dengan Windows Phone. Windows Phone œMango merupakan update OS terbarunya yang menghadirkan fitur-fitur praktis dan berguna terutama bagi kalangan pebisnis terutama pada fitur Office Hub yang akan memberikan Anda akses penuh ke Microsoft Office Word, Excel, Powerpoint, dan yang lainnya sehingga memudahkan Anda untuk melihat, membuat, dan mengedit dokumen.

Pengguna Windows Phone juga dapat mengakses OneNote pada Microsoft versi Evernote di mana Anda dapat menulis catatan dengan menambahkan tampilan gambar. Sebagai tambahan pada Mango, Anda dapat menyimpan dan membagi Office dokumen melalui Office 365 dan Windows Live SkyDrive sehingga Anda memiliki akses penuh terhadap dokumen-dokumen Anda dimanapun Anda berada. Anda juga dapat membuat multiple inbox groups untuk memisahkan pesan pribadi dan pesan yang berkaitan dengan pekerjaan sekaligus menaruh inbox groups tertentu di layar utama Windows Phone Anda untuk kemudahan akses. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel