Alasan Memilih Sistem Operasi Android Pada Sebuah Smartphone

30 May 2013 23:45 4134 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android merupakan salah satu OS paling berkembang di dunia saat ini. Dengan berbasis Linux, OS ini juga menjadi salah satu platform terbuka yang menyediakan kebebasan bagi pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi berlogo robot hijau ini.

Android merupakan salah satu OS paling berkembang di dunia saat ini. Dengan berbasis Linux, OS ini juga menjadi salah satu platform terbuka yang menyediakan kebebasan bagi pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi berlogo robot hijau ini. Hal inilah yang menjadi alasan memilih sistem operasi Android bagi pengguna gadget saat ini.

Seperti yang diketahui, smartphone Android dan BlackBerry terus menjadi incaran di pasar gadget Indonesia. Menurut prediksi, pasar smartphone akan terus berkembang dan meningkat di kisaran 20-30%. Sementara itu, untuk pertumbuhan ponsel BlackBerry sendiri ditaksir berada di kisaran 5%. Penurunan pengguna ponsel BlackBerry disebabkan oleh banyak factor, satu alasan yang mengemuka ialah sering terganggunya dan mulai buruknya kualitas layanan BBM. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan memilih sistem operasi Android pada sebuah smartphone sebagai pengganti ponsel BlackBerry.

Dibanding smartphone dengan sistem operasi lain, Android memiliki berbagai kelebihan, smartphone ini memiliki harga yang lebih beragam. Jika diperhatikan smartphone seperti Apple maupun BlackBerry memiliki harga yang relatif lebih tinggi, satu lagi yang menjadi alasan memilih sistem operasi Android sebagai sistem dalam sebuah smartphone ialah hadir dengan berbagai tipe dan bentuk.

Banyak perusahaan yang memproduksi smartphone Android dikarenakan pasar yang terbuka lebar di persaingan gadget dunia. Sementara itu, smartphone BlackBerry hanya dibuat oleh satu perusahaan yaitu RIM, sedangkan iPhone atau iPad diproduksi oleh Apple. Namun, jika Anda memang mengincar eksklusifitas, maka smartphone semacam BlackBerry, Apple hingga Windows Phone patut Anda coba.

Berikut beberapa alasan memilih OS Android pada sebuah gadget yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk beralih gadget.

1. Open Source

Ini menjadi salah satu alasan terbesar Android terus berkembang. Dengan open source banyak pihak yang dapat turut serta dalam pengembangan Android. Banyak orang yang dapat memodifikasi sistem yang ada di perangkat Android mereka dengan mudah. Dengan open source, Anda dapat lebih bereksperimen mengkostumisasi sistem yang ada di gadget Anda, bahkan tidak perlu menjadi seorang pengembang hebat untuk membuat sebuah aplikasi atau sebuah game berbasis Android.

2. Berbasis Linux dan Java

OS Android tidak hanya menggunakan sistem basik linux, tapi juga menggunakan sistem basik java. Hal ini membuat smartphone Android memiliki lebih banyak dukungan aplikasi, Anda juga dapat menggunakan cukup banyak aplikasi java di Android meski harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan sistem basik dari Linux, Anda pun sebagai orang awam bisa merubah atau memodifikasi gadget Anda dengan mudah.

3. Surganya Aplikasi

Seperti yang tertera di atas, mengingat OS Android merupakan open source, membuat banyak pihak dapat turut serta membangun aplikasi. Anda dapat melihat di pasar aplikasi Android atau sekarang Google Play Store, setiap hari banyak aplikasi baru bermunculan. Alasan memilih OS ini dikarenakan hampir 70% aplikasi yang beredar di Google Play Store adalah aplikasi gratis. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mendownload aplikasi Android di berbagai sumber tidak hanya di pasar resmi.

 

Baca juga :

                    Remix OS, Sistem Operasi Android untuk PC dan Laptop: Begini Cara Menginstalnya

                    Review Zenfone 2 Laser ZE601KL, Smartphone Khusus Multimedia

 

4. Bekerja Lebih Cepat

Smartphone Android disokong dengan teknologi terbaik serta dapur pacu optimal. Berbagai vendor terus bersaing memproduksi smartphone Android agar bekerja maksimal menemani aktivitas pengguna. Didukung spesifikasi dan layanan internet yang baik, kinerja OS ini bekerja lebih cepat, dengan update sistem yang terus dilakukan untuk masalah browser, Android meninggalkan para pesaingnya. Android dapat menjalankan aplikasi kelas berat hingga membuka web-web berat dengan mudah.

5. Harga gadget yang beragam

Harga perangkat Android cukup beragam dan relatif murah dibanding para pesaingnya. Apalagi Android telah diproduksi oleh berbagai perusahaan termasuk perusahaan lokal. Android juga menghadirkan berbagai bentuk dan pilihan dibanding sistem operasi lain. Dengan harga yang relatif sama, Anda bisa mendapatkan spesifikasi gadget yang lebih baik dibanding sistem operasi lain.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel