Tips dan Trik iPhone: Mengendalikan Fitur Multimedia di Rumah Anda Menggunakan Aplikasi iPhone

31 May 2013 16:00 37735 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tidak ada keraguan bahwa iPhone dan iPad adalah mesin media yang sangat baik, mamp memainkan musik, film dan acara TV dari perangkat Anda atau melakukan streaming dari tempat lain. Tak mau kalah dari perangkat Android yang bisa dijadikan remote control, kini iPhone juga melakukan hal yang sama dengan aplikasi khusus untuk iPhone dan sedikit tips iPhone untuk melakukannya.

Untuk membuatnya menjadi remote tradisional, tips iPhone pertama adalah Anda akan memerlukan aksesori seperti Griffin Beacon atau Griffin Beacon. Beacon adalah perangkat berbentuk kotak kecil yang duduk di meja anda, di depan TV anda atau di pemutar DVD, dan sebagainya yang bertindak sebagai pemancar inframerah, seperti remote normal, tetapi juga menghubungkan ke jaringan Wi-Fi Anda. Ini dikendalikan oleh sebuah aplikasi iphone yang menyertainya pada iPhone atau iPad, yang berkomunikasi secara nirkabel.

VooMote Zapper adalah perangkat yang langsung dikoneksikan ke dalam konektor dock 30-pin perangkat iOS dan bertindak langsung sebagai pemancar inframerah, dengan layar sentuhnya yang akan bertindak sebagai  kontroler universal. Perangkat ini tidak memiliki setup yang harus anda lewati, tetapi juga memiliki kenyamanan seperti menggunakan Beacon, yang tidak mengharuskan perangkat anda terkoneksi secara langsung dan tidak perlu menginstal aplikasi iphone yang lainnya lagi.

Dari sedikit ulasan di atas, maka bisa diketahui bahwa anda bisa menggunakan perangkat iPhone anda sebagai remote universal untuk mengendalikan semua perangkat multimedia yang terdapat di dalam rumah anda, dari TV, DVD dan Blu-ray player dan lain sebagainya.  Untuk banyak hal, Anda bahkan tidak perlu meniru remote tradisional, tetapi bisa hanya mengendalikannya secara langsung melalui Wi-Fi.

Dan yang paling jelas adalah anda dapat mengendalikan  Apple TV dengan menggunakan Apple Remote app untuk iPhone dan iPad. Ini memungkinkan Anda menavigasi menu dengan gesekan jari anda, dan juga menggunakan keyboard untuk mencari judul dari acara yang anda inginkan. Aplikasi remote Apple         cukup sederhana dalam skema besar meskipun banyak aplikasi lain dari pihak pesaing menawarkan tampilan antar muka yang sangat cantik dibandingkan apa yang diberikan oleh aplikasi remote Apple.

Aplikasi Xbox SmartGlass misalnya, memberikan semacam rekreasi dari antarmuka Xbox pada perangkat Anda, membiarkan Anda menelusuri permainan pilihan, film dan video, dan banyak lagi. Selain Xbox, ada banyak perusahaan lainnya seperti Sky +, YouView, Virgin Media TV dan View21memberikan antarmuka kustom agar terlihat lebih menarik. Aplikasi ini semua akan menampilkan panduan kepada para penggunanya dengan tampilan antar muka yang lebih menarik.

Dan itu bukan hanya tentang hiburan TV, Griffin Beacon dan VooMote Zapper dapat digunakan untuk mengontrol setup hi-fi. Ada juga aplikasi Sonos, yang memungkinkan Anda mengontrol setup audio di ruangan anda hanya dengan mengusap layar iPad anda.

Wireless video

Salah satu hal yang membuat kita nyaman untuk bermalas-malasan adalah ketika semua perangkat terhubung dalam jaringan nirkabel. Anda tidak perlu bangkit dari sofa anda yang nyaman untuk mengganti saluran televisi anda, atau mencari judul film yang menarik bagi anda ketika anda menontonnya secara streaming. Bahkan anda tidak perlu lagi mengganti kaset pada DVD player anda, karena anda dapat menyaksikannya secara streaming. Dan, tentu saja, Anda dapat menggunakan perangkat iOS Anda untuk melakukan streaming. Jika Anda memiliki Apple TV, Anda dapat menggunakan AirPlay untuk mengirim gambar dari perangkat iOS Anda ke TV Anda dari banyak aplikasi video, serta menampilkan slideshow foto. Ini berarti Anda bisa duduk kembali dan mengirim video dari YouTube atau Vimeo ke TV besar Anda.

Anda dapat memulai untuk streaming ke Apple TV dengan menekan ikon AirPlay baik di samping kontrol pada aplikasi video, atau dengan menekan dua kali tombol Home. Kebanyakan aplikasi video yang juga akan mengambil keuntungan dari ruang TV yang besar dibandingkan harus menggunakan layar iPad yang terbatas. Sehingga video yang anda putar tidak menampakkan bar hitam di sekelilingnya.

Jika Anda memiliki banyak video yang disimpan pada PC atau Mac, Anda dapat melakukan streaming untuk iPhone atau iPad menggunakan aplikasi yang disebut Air Video. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda mencari dan memutar video dalam format yang didukung oleh iOS, tetapi juga memungkinkan Anda menonton video jenis lainnya, seperti MKV, yang mana biasanya iPhone dan iPad tidak bisa memainkannnya.

Ini bukan hanya TV yang dapat melakukan streaming menggunakan Apple TV. Reflektor adalah sebuah aplikasi untuk Mac dan PC Windows yang memungkinkan Anda menggunakan komputer Anda sebagai target AirPlay, seperti yang Apple TV bawa kepada anda. Ini berarti Anda dapat menggunakan monitor Anda untuk menonton dengan menggunakan cara yang sama yang Anda lakukan pada TV Anda, atau Anda dapat bermain game di dalamnya.

 

Baca juga :

                    5 Aplikasi iPhone Wajib untuk Memaksimalkan Kegiatan Mahasiswa

                    Ingin Punya Perangkat VR Tanpa Harus Pakai Perangkat Tambahan? Samsung akan Membuatnya

 

Wireless Audio

Ada sejumlah cara untuk memutar musik atau radio pada perangkat iOS Anda, apakah memainkan file yang terdapat di dlam perangkat anda atau dengan streaming melalui internet.

Namun degnan Speaker nirkabel anda akan diberikan kebebasan, dan berarti Anda dapat mengirim musik dari iPhone kecil Anda ke speaker besar, tanpa pernah bergerak dari sofa nyaman Anda. Sistem termudah untuk digunakan adalah AirPlay, yang dikembangkan oleh Apple dan bekerja melalui Wi-Fi. Speaker AirPlay di rumah Anda akan terhubung ke router nirkabel Anda, dan Anda dapat memilih musik yang ingin anda mainkan -  ada tombol kecil di samping kontrol volume yang memungkinkan Anda melihat semua pilihan yang tersedia.

Sementara Bluetooth merupakan media komunikasi yang kurang mumpuni karena membutuhkan pairing, tetapi adalah cara lain untuk mengirim musik ke speaker nirkabel. . Untuk ini, Anda hanya memilih speaker Bluetooth dengan cara yang sama Anda lakukan yang AirPlay. Speaker Bluetooth  cenderung menjadi pilihan yang lebih murah. AirPlay dan Bluetooth adalah cara yang populer untuk mengirim musik secara nirkabel. Jadi ketika hidup anda sudah dimudahkan dengan beberapa perangkat cangghi di atas, mengapa anda tidak beralih untuk menggunakan peralatan tersebut sekarang juga? [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel