Daftar Istilah Teknologi Informasi yang Wajib Anda Ketahui

9 Jun 2012 15:00 5939 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin berkembangnya teknologi di sekitar kita sehari hari, maka semakin banyak **istilah teknologi informasi** yang juga harus kita ketahui agar kita tidak buta informasi tentang istilah-istilah dari teknologi informasi saat ini. Istilah dari teknologi informasi saat ini banyak menggunakan bahasa Inggris dan bisa dibilang semua informasi yang ...

Semakin berkembangnya teknologi di sekitar kita sehari hari, maka semakin banyak istilah teknologi informasi yang juga harus kita ketahui agar kita tidak buta informasi tentang istilah-istilah dari teknologi informasi saat ini. Istilah dari teknologi informasi saat ini banyak menggunakan bahasa Inggris dan bisa dibilang semua informasi yang berkaitan tentang teknologi pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa umumnya.

Jadi bagi kita yang tidak mengetahui atau masih belum mengetahui apa arti dari istilah teknologi informasi tersebut kita bisa ‘tersesat’ ketika membaca atau melihat istilah-istilah tersebut.

Untuk mengetahui apa saja arti istilah dari beraga teknologi informasi yang baru, Anda bisa mengikuti ulasan dari Paseban berikut ini tentang pengertian dari beberapa istilah atau arti dari beberapa teknologi informasi yang berada di sekitar kita saat ini.

Analog Computer: Adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner.

Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).

Bandwidth: Perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.

Baseband: Adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi yang frekuensinya dilewatkan melalui suatu pembawa untuk mengalir antarkan data.

Broadband: Merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi.

Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

Negara dengan penetrasi penggunaan broadband tertinggi di dunia adalah Korea Selatan. Untuk ratingnya sendiri, Broadband memiliki koneksi yang paling kecil yang bernama DS-1 (Tier 1) yang memiliki transmisi kecepatan sebesar 1.544 Mbit/s, dan yang paling tinggi bernama OC-3072 yang memiliki kecepatan sebesar 159.2 Gbit/s.

Byte: Adalah istilah yang biasa digunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit. Untuk ukuran yang paling kecil, bernama kilo bite yang memiliki nilai 103 dan yang paling besar bernama yobi bita yang memiliki nilai 280.

CPU: merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal.

CD (Compact Disk): Adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.

Copyright: Adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan". H

ak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.

Ethernet: Merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center.

File: Adalah identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas memiliki nama yang unik dalam direktori di mana ia berada. Alamat direktori dimana suatu berkas ditempatkan diistilahkan dengan path.

GPS: Adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi.

Harddisk:Adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

Hotspot: Merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mal, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandar udara.

LAN: Adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Login: Adalah proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.

MIME: Merujuk kepada protokol yang luas digunakan di dalam dunia Internet yang memperluas protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) (RFC 822) untuk mengizinkan beberapa data selain teks dengan pengodean ASCII, seperti video, suara, dan berkas biner, agar dapat ditransfer melalui e-mail tanpa harus mentranslasikan terlebih dahulu data-data tersebut ke dalam teks berformat ASCII.

MIME merupakan bagian dari protokol HTTP, dan web browser dan server HTTP akan menggunakan MIME untuk menginterpretasikan berkas-berkas e-mail yang dikirimkan dan diterima.

Micro Computer: Adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.

Server: Adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Software: Adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.

Soundcard: Adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

WWW: Adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

Wireless LAN: Adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.

Web Server: Dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel