1

Yahoo Ajukan Tuntutan Hukum Terkait Pelanggaran Hak Cipta kepada Facebook

20 Mar 2012 11:30 3009 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu perusahaan *search engine* terkemuka dunia, Yahoo, dilaporkan baru saja melayangkan tuntutan hukum kepada Facebook. Yahoo beranggapan bahwa pihak Facebook telah melakukan pelanggaran hak cipta terhadap beberapa fitur yang dimiliki oleh jejaring sosial terbesar di dunia tersebut.

Salah satu perusahaan search engine terkemuka dunia, Yahoo, dilaporkan baru saja melayangkan tuntutan hukum kepada Facebook. Yahoo beranggapan bahwa pihak Facebook telah melakukan pelanggaran hak cipta terhadap beberapa fitur yang dimiliki oleh jejaring sosial terbesar di dunia tersebut.

Dalam tuntutannya tersebut, Yahoo telah mencantumkan paling tidak 10 hak paten yang telah dilanggar oleh Facebook. Dikutip dari BGR, fitur-fitur tersebut antara lain adalah News Feed, metode advertising, setting privasi dan beberapa pelanggaran lain. Dalam laporan tuntutannya tersebut, Yahoo mengatakan bahwa skema model social network yang dimiliki oleh Facebook yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil dan menghubungkannya dengan pengguna lain memiliki kesamaan dengan teknologi social networking yang dimiliki oleh Yahoo.

Beberapa pihak menengarai bahwa Yahoo memang sengaja ingin mencari keuntungan dalam tuntutan ini. Terlebih Facebook kini tengah melakukan penjualan saham perdana (IPO) yang kemungkinan akan mendatangkan untung besar bagi perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut. Uniknya, Yahoo ternyata pernah melakukan hal serupa pada tahun 2004 kala Google akan melakukan penjualan IPO.

Pihak Facebook sendiri sudah memberikan komentar terkait tuntutan pelanggaran hak cipta tersebut. Mereka mengatakan, tuntutan ini akan dapat merusak hubungan baik antara Yahoo dan Facebook yang sudah terjalin baik. Tak hanya itu, mereka juga bersiap untuk menyiapkan langkah-langkah khusus menanggapi tuntutan tersebut. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel