Cara Menginstal Motherboard yang Benar

8 Jun 2012 13:00 20710 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara menginstal motherboard memang terlihat sangat mudah, namun ada beberapa trik yang terlibat dalam proses instalasi ini. Jika motherboard Anda tidak diinstal dengan benar, maka Anda akan mengalami masalah seperti crash dan overheating atau terlalu mudah panas yang menyebabkan komputer Anda menjadi irresponsible. Untuk itulah ...

Cara menginstal motherboard memang terlihat sangat mudah, namun ada beberapa trik yang terlibat dalam proses instalasi ini. Jika motherboard Anda tidak diinstal dengan benar, maka Anda akan mengalami masalah seperti crash dan overheating atau terlalu mudah panas yang menyebabkan komputer Anda menjadi irresponsible. Untuk itulah Plimbi menghadirkan artikel ini yang akan membahas bagaimana cara menginstal motherboard secara benar dan cepat yang tentunya menghindari masalah-masalah tersebut.

Cocokan Lubang

Letak motherboard adalah terpasang di casing komputer. Langkah awal untuk memulai memasangkan motherboard pada komputer Anda adalah lepaskan case dari motherboard Anda yang berada pada komputer Anda lalu letakkan lubang-lubang untuk tempat mur dari motherboard itu tersebut. Dimana motherboard sendiri pun memiliki lubang-lubang tempat dimana tempat mur Anda masukkan agar motherboard Anda melekat pada tempatnya jangan sampai Anda salah memasukkan lubang mur Anda yang mengakibatkan tidak tepatnya letak dari motherboard Anda.

Masukkan motherboard kedalam case

Jika Anda sudah mengetahui dimana letak-letak lubangnya, sekarang saatnya Anda menaruh motherboard Anda kedalam wadahnya dengan menempatkan beberapa mur sebagai perekat dari motherboard dan wadahnya tersebut. Pada lubang yang terdapat pada motherboard Anda akan menemukan dua jenis lubang sekaligus, yakni lubang yang berlapiskan dengan metal dan lubang yang tidak memiliki lapisan metal. Kedua lubang ini memiliki fungsinya masing-masing. Lubang yang memiliki lapisan metal berarti Anda bisa langsung menempatkan sekrup pada merekan, sedangkan untuk lubang yang tidak memiliki lapisan metal berarti Anda tidak bisa menempatkan sekrup secara langsung kepada lubang tersebut. Untuk memasang sekrup pada lubang itu Anda harus menempatkan pemisah antara motherboard dan sekrup agar tidak terjadi kerusakan pada motherboard. Karena kesalahan umum yang sering terjadi adalah seringnya memasang pemisah disemua lubang, padahal hal ini hanya berlaku pada lubang yang tidak memiliki lapisan metal diatasnya, dan jika Anda lakukan maka hal ini akan mempersulit sekrup yang masuk ke dalam lubang case maupun motherboard Anda.

Instal case

Pada langkah ini, Anda harus menyiapkan case atau wadah untuk menempatkan motherboard Anda pada komputer. Jika Anda memperhatikan secara detail, case pada motherboard Anda memiliki ukuran 15,87 x 4,44 cm. Untuk mengakomodasi port yang berada di belakang, lubang port ini ditutupi dengan hasil finishing yang rapi. Sering dalam kasus ditemukan bahwa colokan yang tersedia pada motherboard kita memiliki ukuran yang tidak pas dengan case bawaan yang terdapat pada PC, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan tang untuk membuat motherboard Anda terpasang rapi dan pas pada case motherboard pada komputer Anda.

Instal CPU dan Memori

Jika Anda telah menyiapkan case, maka selanjutnya Anda bisa menginstal CPU, CPU Cooler dan modul memori pada motherboard. Meskipun Anda bisa melakukannya ini nanti, namun tidak ada masalah jika Anda memasangnya dengan segera.
Masukkan motherboard di tempat yang telah disediakan, namun Anda jangan memasang case atau wadahnya terlebih dahulu, karena hal ini dapat memudahkan Anda untuk menginstal kabel yang memiliki jalur dari case atau wadah motherboard.

Instal konektor panel depan

Cari pada motherboard Anda konektor panel depan. Anda akan menginstal kabel yang sesuai yang berasal dari panel depan untuk konektor ini. Yang nantinya Anda akan menemukan kabel berikut:

  • Reset switch
  • Power switch
  • Power LED
  • HDD LED
  • Speaker

Cukup instal kabel ke konektor dengan menyesuaikan nama yang sama pada motherboard. Anda juga harus memperhatikan dan mencocokkan posisi positif dan negatif pada motherboard tersebut.

Instal I/O Brackets, Driver dan Power Supply

Bersama dengan motherboard, ada beberapa I/O Bracket seperti port USB, port FireWire dan audio jack yang saat pada langkah ini harus dihubungkan dengan motherboard, sebenarnya Anda bisa melakukan ini nanti, namun untuk lebih mudahnya Anda bisa memasangnya sekarang. Anda harus menginstalnya dengan hati-hati dan mengikuti prosedur. Namun dalam beberapa kasus, tempat port ini memiliki tempat yang berbeda sesuai dengan model motherboard yang Anda gunakan. Selanjutnya instal kabel datar yang berasal dari HDD, unit optik dan CD drive. Kabel dari HDD harus dipasang pada port primer dan kabel dari unit optik harus datang dari port sekunder.

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan power supply. Power supply memiliki satu 20-pin connector dan motherboard Anda memiliki 4-pin tambahan konektor yang disebut ATX12V yang juga harus diinstal.

Instal motherboard ke dalam case

Langkah terakhir cara menginstal motherboard adalah memasang atau menginstal motherboard ke dalam wadahnya atau case. Letakkan motherboard Anda ke dalam posisi yang pas. Setelah motherboard terpasang kedalam posisi yang pas, sekrup papan metalik yang berada pada sisi belakang motherboard. Setelah terpasang, langkah selanjutnya adalah menata atau mengorganisir kabel-kabel yang berada di sekitar motherboard agar terlihat rapi, dan komputer Anda kini siap untuk dijalankan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel