Cara Menginstal Xampp Pada Ubuntu

3 Jun 2012 16:00 4785 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda salah sartu pembaca yang sering melakukan aktivitas *blogging* atau memang *blogging* telah menjadi hobi Anda? Jika ya maka Anda sudah tidak asing lagi dengan suatu server yang bernama Xampp.

Apakah Anda salah sartu pembaca yang sering melakukan aktivitas blogging atau memang blogging telah menjadi hobi Anda? Jika ya maka Anda sudah tidak asing lagi dengan suatu server yang bernama Xampp. Ya, Xampp merupakan sebuah server yang membantu Anda untuk melakukan aktivitas blogging tanpa harus terkoneksi dulu ke internet, dengan menggunakan Xampp ini Anda bisa melakukan editing pada template, melakukan editing pada postingan Anda, dan bahkan Anda juga bisa melakukan posting tulisan Anda yang paling baru di blog Anda layaknya Anda melakukannya secara online. Tentunya hal ini sangat membantu Anda untuk Anda bagi yang memiliki hobi blogging. Xampp sendiri merupakan sebuah program hasil kreasi dari apache software yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Namun kebanyakan orang atau para blogger mungkin menggunakan sistem operasi Windows atau Mac dalam melakukan aktivitas blogging, lalu bagaimana jika blogger tersebut menggunakan sistem operasi Ubuntu dalam melakukan aktivitas blogging? Seperti yang dketahui bahwa cara melakukan instalasi software pada Ubuntu memiliki cara yang berbeda jika dibandingkan cara melakukan instalasi pada sistem operasi Windows. Berdasarkan hal tersebut, maka Plimbi akan mengulas bagaimana cara menginstal Xampp bagi Anda yang saat ini sedang menggunakan sistem operasi Ubuntu pada laptop atau komputernya. Berikut langkah langkah atau cara menginstal Xampp pada Ubuntu Anda:

  • Sebelum melakukan instalasi Xampp pada perangkat Ubuntu Anda, ada baiknya Anda mengunduh program Xampp yang baru. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini dan bagi Anda yang saat ini menggunakan antivirue McAfee, ketika Anda sedang mengunduh file ini, nantinya file ini akan diidentifikasi sebagai virus, namun hal ini tidak mengganggu, jadi abaikan saja perintah dari McAfee ini, atau bisa Anda nonaktifkan untuk sementara saja demi kelancaran pengunduhan dan instalasi dari Xampp ini.

  • Setelah Anda selsai mengunduh file pada Xampp ada baiknya Anda pindahkan file Xampp tersebut menuju ke direktori Home agar Anda mudah menemukannya.

  • Setelah Anda menaruh file instalasi Xampp pada Home, selanjutnya buka terminal Anda dan masuk sebagai administrator dan ketikan kata su.

  • Lalu langkah selanjutnya Anda tinggal melakukan ekstrasi file Xampp pada direktori Home tadi dengan cara mengetikkan tar xvfz Xampp-linux-1.7.7.tar.gz -C /opt

  • Sebaiknya Anda melakukan instalasi dengan menggunakan command tersebut, jangan menggunakan program ekstrasi apapun untuk Windows karena hal ini tidak akan berfungsi.

  • Tunggu hingga proses instalasi tersebut selesai. Dan jika instalasi tersebut telah selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal menjalankannya.

  • Untuk menjalankan aplikasi Xampp tersebut Anda tinggal mengetikan /opt/lampp/lamp start. Ketika Anda mengetikkan command tersebut, nantinya Anda akan mendapat tampilan:

Cara Menginstal Xampp Pada Ubuntu

  • Jika langkah tersebut sudah Anda lakukan dan Anda rasa sudah benar, maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal menutup jendela terminal Anda lalu buka browser Anda, lalu Anda tinggal mengetikan http://localhost.

  • Jika proses ini berhasil, maka Anda akan mendapatkan tampilan browser dengan tampilan XAMPP for Linux, maka Anda telah berhasil membuat Xampp terinstal pada komputer Ubuntu Anda.

Setelah mengetahui bagaimana cara menginstal Xampp pada Ubuntu, tak ada salahnya Anda juga mengetahui beberapa perintah yang digunakan pada Xampp. Sebelum Anda memasukkan perintah, pada awal perintah Anda tuliskan dahulu command /opt/lampp/lampp startssl

Lalu diikuti dengan perintah:

Cara Menginstal Xampp Pada Ubuntu

Demikian tadi cara menginstal dan daftar untuk melakukan perintah pada Xampp pada Ubuntu Anda. Selamat mencoba! [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel