Eugene Kaspersky, Kisah Pembuat Anti Virus Kaspersky Yang Layak Dijadikan Contoh

29 May 2013 07:30 3299 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Eugene Kaspersky merupakan sosok yang penuh cerita menarik, di balik kisah suksesnya tentu ia mempunyai pesan dan juga inspirasi.

Kisah orang sukses yang sekarang mendunia adalah Eugene kaspersky dan kecintaannya terhadap dunia Matematika telah menjelma pada titik indah di dalam kehidupannya. Lelaki pembesut anti virus Kaspersky ini lahir di Novorossiysk Rusia pada tanggal 4 Oktober 1965. Ketertarikannya pada ilmu matematika sedari kecil terlihat dengan begitu antusiasnya ia mengerjakan soal-soal matematika yang kemudian dapat dipecahkannya dengan sangat baik. Masa-masa akhir SMA-nya Eugene Kaspersky sempat mengambil kelas ekskul fisika da matematika yang diadakan oleh Moscow Insitute of Physics and Technologi.

Pendidikan

Ia kemudian menghabiskan masa kuliahnya di Institusi Kriptografi Telekomunikasi dan Ilmu Komputer yang tak lain adalah sebuah lembaga yang dibangun oleh kementrian Pertahanan Rusia dan KGB. Jarang ada orang yang dapat menembus jurusan yang diambilnya itu. Bahkan mahasiswa jurusan matematikapun belum tentu mampu lolos masuk ke jurusan tersebut. Kriptografi sendiri adalah salah satu bagian dari ilmu matematika dan ilmu komputer yang fokus dalam bidang keamanan informasi dan rekayasa perangkat lunak. Kisah orang sukses Eugene Kaspersky kemudian lulus dari Institute of crytography, Telecommunication and Computer Science pada tahun 1987.

Ilmu yang didapatnya semasa kuliah nyatanya memberikan manfaat tersendiri bagi Eugene Kaspersky. Sebab, selulusnya ia dari Institute of crytography, Telecomumunication and Computer Science, ia kemudian dapat bekerja pada sebuah lembaga riset multi-disiplin. Kisah orang sukses seperti Eugene yang pada tahun 1980-an berhasil mendeteksi virus Cascade dari komputernya. Ia bahkan bisa menangani virus tersebut dengan menggunakan perangkat lunak yang berhasil diciptakannya sendiri. Seiring berjalannya waktu, ia lantas semakin tertarik dengan pengembangan perangkat lunak yang fokus pada pengamanan efek virus pada komputer. Eugene kemudian mulai tertarik untuk mengoleksi virus-virus jahat serta cara untuk memusnahkan virus-virus tersebut dan mengabadikannya dalam sebuah database antivirus.

 

Baca juga :

                Perlukah Smartphone Anda Dipasang Anti virus?

                10 Teknologi Yang Telah Merubah Aktivitas Manusia

 

Karir dan Cikal Bakal Kaspersky Lab

Lelaki yang bernama lengkap Eugene Valentinovich Kaspersky ini menikah dengan Natalya Kaspersky. Natalya yang merupakan ibu dari dua anak hasil pernikahannya dengan Eugene ini lulus dari sebuah universitas bergengsi Moskwa pada tahun 1989 di jurusan Elektronika. Kisah orang sukses seperti Eugene dan istrinya tentu akan menjadi inspirasi banyak orang.

Dari sanalah kemudian Eugene bergabung dengan KAMI Information Technologies Center pada tahun 1991. Dimana Natalya juga sempat bekerja di sana. Yang mana kemudian Eugene beserta para rekan kerjanya melakukan pengembangan proyek antivirus AVP yang merupakan dasar dari program Kapersky Antivirus. Selanjutnya pada tahun 1994, AVP memenangkan kontes yang diusung oleh laboratorium uji Universitas Hamburg dimana kemudian melambungkan nama AVP di kancah dunia. Pada tahun 2000, Eugene Kapersky beserta istrinya berhasil mendirikan Laboratorium yang diberi nama Kapersky Lab dengan mengubah AVP dengan Kaspersky Intivirus.

Dalam kisah orang sukses ini juga disampaikan bahwa Kaspersky Lab, didirikan dengan 15 orang tenaga kerja dan tanpa penghasilan. Seiring berjalannya waktu, Kaspersky Antivirus ini mulai terkenal dan dibutuhkan orang di segala penjuru dunia. Sekarang ini, Kaspersky Lab bahkan telah memiliki 1000 orang tenaga kerja yang tersebar pada 20 kantor cabangnya di seluruh dunia dengan penghasilan 300 juta dola di tahun 2008. Bagaimana penghasilannya kini ya?

Memang industry teknologi tidak akan pernah terlepas dari hiruk pikuk kepentingan masing-masing pihak. Virus-virus computer juga semakin banyak berkembang dan menyebar ke manapun. Antivirus semacam ini memang sangat dibutuhkan oleh para pengguna peralatan teknologi. Ya, hanya berawal dari kecintaannya terhadap dunia matematika, Kisah orang sukses seperti Eugene Kaspersky dapat membuktikan kebermanfaatannya pada dunia. Antivirus yang ditemukannya bahkan sudah tersebar di banyak belahan dunia. Baik yang original maupun versi bajakannya. Hal ini membuktikan bahwa memang banyak pihak yang merasa terbantu dengan kehadiran antivirus buatan Eugene Kaspersky ini.

Sekalipun persaingan dalam dunia global  juga tak dapat dipungkiri. Ada banyak perusahaan pencetus Antivirus di dunia dan kesemuanya menawarkan kehebatan yang beragam atas keampuhan mereka memberantas viru-virus jahat yang dapat merusak system computer. Namun setidaknya, kisah orang sukses dan keberadaan kaspersky Antivirus juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, perusahaan milih Eugene Kaspersky ini selalu mengupdate data dan file virus-virus terbaru yang dapat terdeteksi oleh mereka. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel