Tips Trik Symbian: Ubah Ponsel Symbian Anda Menjadi Hotspot WiFi

26 May 2012 15:00 16996 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa bilang jika ponsel Symbian masih kalah dengan ponsel ponsel lain yang memiliki sistem operasi lain seperti Android atau iPhone yang bisa melakukan apa saja untuk Anda. Salah satunya adalah kemampuan ponsel Android untuk menjadi Hotspot WiFi yang sebelumnya harus dilakukan tethering yang sedemikian rupa baru bisa menjadikan ponsel ...

Siapa bilang jika ponsel Symbian masih kalah dengan ponsel ponsel lain yang memiliki sistem operasi lain seperti Android atau iPhone yang bisa melakukan apa saja untuk Anda. Salah satunya adalah kemampuan ponsel Android untuk menjadi Hotspot WiFi yang sebelumnya harus dilakukan tethering yang sedemikian rupa baru bisa menjadikan ponsel Android sebagai pusat untuk menyalurkan sinyal internet secara nirkabel. Ternyata tidak hanya Android saja yang bisa, namun ponsel yang memiliki basis sistem operasi Symbian pun bisa menjadi suatu alat atau media untuk dijadikan hotspot WiFi, meskipun caranya sedikit berbeda dengan Android, namun tidak ada salahnya Anda mencoba menjadikan ponsel Symbian Anda menjadi sebuah media Hotspot untuk berbagi sinyal internet nirkabel kepada pengguna lain.

Berikut akan Paseban berikan tips trik Symbian agar ponsel Symbian Anda menjadi media Hotspot bagi perangkat mobile yang lain.

- Cara pertama adalah Anda harus mengunduh sebuah aplikasi yang bernama Joikuspot pada Ovi Store sebagai media pendukung untuk mengubah ponsel Symbian Anda menjadi sebuah media Hotspot, yang dimana aplikasi ini disediakan secara gratis untuk Anda. Adna bisa langsung mengunduhnya disini:

http://store.ovi.com/content/7499

- Setelah Anda masuk ke dalam Ovi Store, maka langkah selanjutnya adalah klik Download pada aplikasi tersebut untuk menginstallnya pada ponsel Symbian Anda. Tunggu proses download dan instalasi pada ponsel Symbian Anda selesai.

- Setelah Anda selesai melakukan download dan instalasi pada ponsel Anda, maka hal selanjutnya adalah jalankan aplikasi tersebut, maka nantinya aplikasi ini akan memberikan Anda perintah untuk melakukan restart ponsel untuk menyelesaikan proses instalasi yang lainnya. Maka lakukan perintah tersebut.

- Setelah selesai melakukan restart, maka jalankan kembali aplikasi ini dengan mengklik ikon aplikasi tersebut pada menu utama.

- Ketika Anda menjalankan aplikasi tersebut, nantinya Anda akan melihat jendela disclaimer yang berisikan informasi tentang aplikasi tersebut. Maka klik saja OK.

- Nantinya akan muncul sebuah konformasi yang berisikan "Allow Sharing Your Internet Connection With External Device?” maka Anda tinggal klik YES.

- Setelah Anda memilih tombol Yes, maka Anda akan disuguhkan dengan daftar koneksi APN yang akan Anda gunakan, maka pilihlah APN yang saat ini sedang Anda gunakan sesuai dengan kartu atau operator yang sedang Anda gunakan sekarang.

- Setelah Anda memilih jenis koneksi APN yang Anda pilih, maka aplikasi ini akan segera melakukan koneksi dengan ditAndai adanya informasi Starting JoikuSpot acces point. Maka tunggu hingga proses ini selesai dilaksanakan oleh aplikasi ini.

- Setelah aplikasi ini menyelesaikan koneksi akses data, maka nantinya akan muncul sebuah jendela Info and News yang berisi informasi jika Anda harus melakukan upgrade menuju aplikasi yang premium atau yang berbayar jika ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, maka Anda tinggal klik OK saja untuk mengabaikan informai tersebut.

- Setelah Anda klik OK maka ponsel Symbian Anda telah berhasil menjadi sebuah Hotspot.

- Untuk mengakses Hotspot, koneksikan PC atau laptop Anda ponsel Symbian Anda yang sudah menjadi Hotspot yang bisa Anda gunakan untuk melakukan browsing atau penjelajahan pada dunia maya. - Aktifkan koneksi WiFi pada laptop atau komputer Anda lalu pilih atau cari Hotspot Joikuspot, lalu pilih koneksi tersebut.

- Selanjutnya Anda tinggal menunggu hingga proses koneksi selesai dan tersambung. - Setelah Anda tersambung dengan jaringan hotspot tersebut, maka Anda sudah dapat menggunakan internet di laptop dengan menggunakan Hotspot Joikuspot. Untuk melakukan test, coba untuk membuka salah satu halaman website, Google misalnya.

- Jika Anda bisa membuka halaman website tersebut, maka jika Anda ingin melakukan perubahan pada pengaturannya, Anda tinggal gunakan menu Settings untuk melakukan pengaturan sesuai dengan keinginan.

- Jika Anda memiliki keinginan untuk berhenti melakukan koneksi, Anda tinggal pilih Option> Stop untuk mengehentikan koneksi internet menggunakan JoikuSpot. Demikian tadi tips trik Symbian untuk menjadikan ponsel Symbian Anda sebagai Hotspot WiFi bagi perangkat mobile lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba! [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel