Socialmatic Camera - Konsep Kamera Instagram Sungguhan yang Sangat Mengagumkan

19 May 2012 15:00 8673 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernahkah Anda membayangkan aplikasi yang saat ini Anda genggam melalui perangkat *smartphone* benar-benar bertransformasi menjadi sebuah kamera Instagram? Awalnya, Instagram hanya dapat digunakan oleh para pengguna iPhone yang kerap disebut juga sebagai iPhoneographer. Namun, berkat ketenaran dan populasi pengguna ...

Siapa yang tak kenal dengan Instagram? Para pengguna smartphone, khususnya iPhone dan Android tentunya tengah mengalami dan juga mengikut tren fotografi yang dihadirkan aplikasi yang dikembangkan oleh Instagram.inc. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mendapatkan foto-foto berkesan "retro" yang unik dan membaginya ke akun jejaring sosial Instagram atau lainnya.

Nama Instagram merupakan gabungan dari kata "instan" seperti halnya kamera-kamera cepat jadi seperti Polaroid, Instax dan lainnya. Sedangkan "gram" diambil dari kata "telegram." Oleh sebab itu, aplikasi ini memiliki kemampuan menghasilkan foto secara instan dengan hasil seperti halnya kamera instan dan membagikannya secara cepat seperti telegram.

Awalnya, Instagram hanya dapat digunakan oleh para pengguna iPhone yang kerap disebut juga sebagai iPhoneographer. Namun, berkat ketenaran dan populasi pengguna Android yang begitu banyak di dunia, aplikasi ini akhirnya dirilis untuk perangkat bersistem operasi buatan Google tersebut. Tapi, pernahkah Anda membayangkan aplikasi yang saat ini Anda genggam melalui perangkat smartphone benar-benar bertransformasi menjadi sebuah kamera Instagram?

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir bahwa itu suatu hal yang mengada-ada. Hanya saja sepertinya hal tersebut sedang berada di jalan yang tepat menuju kenyataan. Baru-baru ini seorang desainer berkebangsaan Italia bernama Antonio De Rosa memperlihat konsep kamera Instagram buatannya. Dan ia benar-benar telah menciptakan kamera tersebut.

Konsep kamera Instagram ini diberi nama Socialmatic Camera. Antonio De Rosa telah melakukan inovasi dan berpikir agar aplikasi yang telah digunakan lebih dari 50 juta orang di dunia ini benar-benar menjadi sebuah kamera sungguhan. De Rosa meluncurkan konsep kameranya ini di halaman kampanye IndieGoGo untuk menaikkan data agar kamera yang disebut sebagai Socialmatic ini dapat terwujud.

Proyek produksi konsep kamera ini berdasarkan Instagram Socialmatic Project yang ia buat. Beberapa poin yang terpapar dari ide adalah untuk mendapatkan dana sekitar $50.000 untuk memulai produksi dan memungkinkan para penyandang dana agar mendapatkan kerjasama yang baik untuk menyelesaikan proyek tersebut. Setiap kontribusi yang para penyandang dana berikan digunakan untuk menjamin agar mendapatkan diskon yang besar saat kamera tersebut mendapatkan harga penjualannya. Diperkirakan produk ini akan dihargai tidak lebih dari $350.

Secara keseluruhan produk, konsep kamera Instagram ini dimiliki oleh ADR Studio yang mengambil model kamera sesuai dengan logo aplikasi tersebut. ADR Studio merupakan perusahaan desain dan komunikasi yang telah berjalan selama 10 tahun. Mereka telah membuat produk-produk seperti desain gambar, website dan lainnya. Perusahaan ini telah memiliki banyak klien produsen produk-produk bidang teknologi mobile.

Untuk melengkapi produknya tersebut De Rosa dan pengembang kamera ini akan menghadirkan fitur-fitur yang menarik di dalam calon produknya. Socialmatic Camera akan didukung dengan media penyimpanan data sebesar 16GB. Anda dapat menyimpan banyak data foto-foto khas Instagram di dalamnya. Mengikuti perkembangan kamera digital saat ini, kamera ini pun akan didukung pula dengan kemampuan menjangkau jaringan internet melalui WiFi dan memiliki dukungan transfer data menggunakan Bluetooth.

Selayaknya kamera digital saat ini, Anda dapat mengakses menu dan berbagai fitur di dalam kamera Instagram ini melalui layar sentuh berukuran 4:3 dengan dua lensa yang digunakan. Lensa pertama merupakan lensa utama untuk membidik objek foto. Sedangkan kamera kedua digunakan sebagai filter fitur 3D, membaca QR code, dan juga sebagai webcam.

Socialmatic Camera telah dilengkapi dengan fitur-fitur standar kamera seperti optical zoom dan juga LED Flash. Tetapi, dengan latar belakang Instagram sebagai inspirasi utama, tentunya De Rosa sebagai desainer akan berinovasi dengan perangkatnya ini. Inovasi tersebut terdiri dari printer internal yang akan tertanam di dalam kamera ini agar foto Instagram Anda tidak hanya memiliki bentuk digital saja.

Untuk mencetaknya menjadi sebuah foto, Anda dapat menggunakan kertas cartridge dengan Instagram Paper Sheets. Hal ini berkaca dari kata "instan" yang terinspirasi kamera-kamera seperti Polaroid dan Kodak Instamatic yang tidak lagi diproduksi. Oleh sebab itu konsep kamera Instagram ini akan mewujudkan kembali hal tersebut dengan dukungan 4 tank penyimpanan tinta.

Fitur lainnya yang menarik adalah kemampuan Socialmatic Camera untuk foto menarik dan membagikannya langsung melalui akun jejaring sosial seperti Facebook. Dengan demikian, Socialmatic tidak menghilangkan fitur social sharing yang telah menjadi ciri khas aplikasi ini sebelumnya. Selain itu kemara Instagram inipun akan menyatu dengan aplikasi iPhone dan Android. Sementara itu, dari setiap foto Instagram yang tercetak Anda akan mendapatkan cetakan username Instagram dan juga QR code yang dapat diikuti oleh pengguna aplikasi lainnya.

De Rosa sendiri berpendapat, ia percaya bahwa orang-orang akan membelinya jika kelak konsep kamera ini diproduksi secara massal. Pasalnya hingga saat ini belum tersedia kamera yang menghadirkan fitur jejaring sosial secara nyata. Socialmatic Camera akan hadir dengan desain tampilan perangkat seperti halnya logo aplikasi Instagram. Tapi De Rosa memberikan tiga alasan berbeda mengapa kamera Instagram ini harus hadir di dunia nyata. Alasannya adalah ponsel Anda tidak dapat mencetak foto, ponsel Anda tidak memiliki sistem dua lensa, dan ponsel Anda bukanlah social camera. Untuk mewujudkan konsep kameranya ini, De Rosa meluncurkan kampaye penggalangan dana di situs IndieGogo. Apabila Anda ingin berkontribusi, Anda dapat mengklik link ini. [MS]

Socialmatic Camera - Konsep Kamera Instagram Sungguhan yang Sangat Mengagumkan

 

Instagram Socialmatic Camera Overview

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel