All-in-One Sidebar - Akhiri Kekacauan di Browser Anda dengan Add-on Mozilla Firefox

26 May 2013 13:00 2468 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika berbicara mengenai browser, mungkin Anda pernah bermasalah dengan multi tab atau dengan beberapa jendela browser yang terbuka. Hal yang bisa Anda lakukan hanyalah meminimalkan segala kekacauan yang ada di toolbar.

Ketika berbicara mengenai browser, mungkin Anda pernah bermasalah dengan multi tab atau dengan beberapa jendela browser yang terbuka. Hal yang bisa Anda lakukan hanyalah meminimalkan segala kekacauan yang ada di toolbar.

Tentunya Anda sangat tidak menyukai kekacauan ini. Anda membutuhkan akses cepat untuk mengunduh, terkadang Anda juga butuh untuk mengakses bookmark dan riwayat browser. Bagi Anda, terutama yang mencoba untuk meminimaliskan add-on, membutuhkan akses yang sering ke jendela add-on browser tersebut. Anda juga membutuhkan banyak jendela browser, setidaknya untuk beberapa waktu. Jadi, atas nama dewa browser, apakah Anda mendapatkan akses ke semua hal tersebut tanpa kekacauan?

Rahasianya terletak pada add-on Mozilla Firefox bernama All-In-One Sidebar. Artikel ini akan membahas bagian terkecil dari kemampuan add-on Mozilla Firefox ini. Agak mirip dengan Vertical Toolbar, All-in-One Sidebar lebih dari sekedar toolbar, yang membuat fitur Firefox yang paling diabaikan, yaitu sidebar, menjadi benar-benar berguna.

Dasar-dasar Dari All-In-One Sidebar

Anda siap mencobanya? Beralihlah ke halaman add-on Mozilla Firefox untuk menginstalnya. Setelah selesai, Anda akan menemukan toolbar vertikal berada di sisi kiri jendela browser Anda. All-in-One Sidebar, atau AiOS hadir dengan banyak pilihan dan fitur, dan bisa sedikit membingungkan Anda pada awalnya. Jadi mari kita mulai langkah demi langkah, dan melihat apa yang ditawarkan oleh add-on ini.

AiOS hadir dalam dua bagian, yaitu toolbar dan sidebar. Secara default, toolbarnya hadir dengan enam ikon berbeda, yang bisa Anda sesuaikan seperti yang Anda lakukan pada setiap toolbar Firefox (klik kanan > Custumize). Tombol default adalah bookmark, history, downloads, add-ons, MultiPanel, dan page infol masing-masing tombol tersebut membuka sidebar, memberikan Anda akses mudah ke beberapa informasi yang berguna.

Toolbar itu sendiri juga bisa disesuaikan. Klik kanan untuk mengubah tampilan tombol, dan untuk memilih posisi toolbar terhadap sidebar.

Gunakan tombol di kanan atas untuk beralih ke sidebar secara otomatis, untuk membuka konten tab di sidebar, atau konten sidebar di dalam tab, dan untuk menutup sidebar. Setiap tombol pada AiOS hadir dengan tooltip informasi, yang mengajarkan Anda cara untuk mengaktifkan masing-masing fitur.

Memanfaatkan Sidebar

AiOS membawa hampir semua fitur penting Firefox ke sidebar. Anda tidak hanya akan mendapatkan akses cepat ke bookmar, history, downloads dan add-ons, namun Anda juga bisa menyesuaikan pengalaman untuk membuatnya jadi lebih cepat. Klik pada tombol Tools untuk membuka pilihan yang lebih relevan untuk setiap bagian. Misalnya untuk bookmark dan history, Anda bisa membuat AiOS mengingat folder mana yang terakhir kali Anda cari dan secara otomatis fokus pada hal itu, yang bisa sangat berguna terutama untuk bookmark.

Anda pasti tidak menyukai ketidakjelasan jendela download Firefox, karena tidak ada tombol di mana Anda bisa mengakses fitur tersebut secara langsung. Tapi jangan khawatir, karena sekarang Anda bisa mengatasi masalah ini. Untuk mendapatkan sesuatu yang mirip seperti Chrome, Anda bisa menggunakan Download StatusBar, namun AiOS menangani masalah ini dengan memberikan Anda akses cepat ke semua unduhan Anda tepat di sidebar.

Anda bisa mencari di dalam bagian apapun untuk menemukan bookmark tertentu, halaman yang Anda kunjungi, file yang Anda unduh dan lain-lain. Anda bisa mencarinya di kolom pencarian, dengan mengetikkan yang ingin Anda cari untuk melihat hasilnya.

Berbicara tentang add-on, and bisa mencari, menginstal, menonaktifkan, atau menghapus add-on tersebut langsung dari sidebar. Jika Anda memiliki Greasemonkey atau skrip Stylish yang terinstal, Anda bisa mengakses ini juga dari sidebar.

Pilihan MultiPanel memungkinkan Anda untuk membuka dua situs secara berdampingan, satu di sidebar dan satunya lagi di tab utama. Anda bisa mengubah lebar sidebar sesuai kebutuhan, atau memilih pilihan “Small Screen Rendering”, jika situs yang Anda buka mendukungnya. Menggunakan pilihan ini, tab email Anda akan selalu terlihat, mudah mencari hasil pencarian dan lain-lain. Kuncinya, Anda harus kreatif. Anda juga bisa membuka halaman rincian informasin untuk setiap halaman web yang Anda lihat, mengutak-atik perizinan situs tertentu, dan masih banyak lagi.

Setiap bagian AiOS yang tersedia juga dapat dipanggil melalui jalan pintas keyboard. Banyak dari jalan pintas ini yang sama, seperti yang biasa Anda lakukan pada AiOS terdahulu, jadi Anda tidak perlu mempelajarinya lagi.

 

Baca juga :

               Cara Instal Ekstensi Chrome atau Add Ons Mozilla Firefox dari Luar Webstore

               Inilah 7 Fakta Dibalik Perseteruan Antara Apple dan FBI

 

Options

Anda ingin sidebar tampil di sebelah kanan? Atau ingin membukanya dengan hanya mengarahkan mouse, bukan mengklik? Atau mungkin Anda tidak ingin bagian download terbuka di sidebar untuk beberapa alasan? Anda bisa mengutak-atik hampir semua yang Anda pikirkan dari Options (Ctrl + Shift + F4, atau “All-in-One Sidebar Options” dari menu bagian atas).

Dari sini Anda juga bisa mengatur lebar minimum sidebar, stAndar dan maksimum, mengubah jalan pintas keyboard, menambah dan menghapus entri menu, dan banyak lagi. Pengaturan lebih lanjut tersedia melalui tombol Settings. Semua pilihan lebih lanjut ditAndai dengan warna merah untuk membantu Anda membedakannya.

Untuk memastikan Anda tidak akan kehilangan pengaturan Anda setelah menghabiskan waktu untuk mengutak-atik mereka, Anda bisa mengekspornya ke file TXT, dan mengimpornya ke dalam add-on lagi pada komputer yang berbeda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat cadangan pengaturan Anda. Bahkan Anda bisa menyalin pengaturan Anda ke clipboard.

Kesimpulan

Anda mungkin bukan termasuk orang yang menyukai add-on. Namun All-in-One Sidebar adalah tambahan yang sangat baik untuk browser Firefox. Dengan add-on Mozilla Firefox ini, Anda tidak perlu menginstal terlalu banyak ekstensi browser, namun AiOS dapat dengan mudah menggantikan beberapa ekstensi yang telah Anda gunakan, dan hadir dengan begitu banyak fungsi yang berbeda. AiOS terasa seperti sebuah add-on yang diprogram sesuai dengan pikiran penggunanya, dan fungsi dari add-on ini akan mengejutkan Anda. Untuk mendapatkan add-on ini, Anda bisa mengunduhnya dari sini .[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel