Cara Instal Ekstensi Chrome atau Add Ons Mozilla Firefox dari Luar Webstore

18 Dec 2015 17:00 6272 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini bagus dan menjadi pertahanan browser Anda dari malware. Tetapi, kadang-kadang Anda terpaksa menginstal add ons Mozila yang tidak diterima browser dari sebuah file CRX atau XPI

Versi modern Google Chrome dan Mozilla Firefox tak membiarkan Anda menginstal add-ons atau ekstensi yang tidak mendapat izin dari kedua browser tersebut. Ini bagus dan menjadi pertahanan browser Anda dari malware. Tetapi, kadang-kadang Anda terpaksa menginstal add ons Mozila yang tidak diterima browser dari sebuah file CRX atau XPI.

Ini untuk pengguna yang cukup berpengalaman saja. Ini sangat berguna jika Anda mengembangkan ekstensi atau add-ons sendiri dan perlu mengujinya. Jika Anda menginstal ekstensi yang dibuat orang lain, pastikan Anda tahu persis apa yang Anda lakukan.

 

1. Google  Chrome

Cara Instal Ekstensi Chrome atau Add Ons Mozilla Firefox dari Luar Webstore

Google Chrome hanya memperbolehkan Anda menginstal ekstensi dari Chrome Web Store. Website lain bisa mengarahkan Anda untuk menginstal ekstensi, tetapi mereka harus terdaftar dulu.

Keterbatasan ini hanya berlaku untuk Chrome di Web Store di Windows dan Mac OS X, jadi pengguna Linux dan Chrome OS bisa menginstal ekstensi dari luar Web Store. Hanya drag-and-drop file CRX ke halaman Ekstensi.

Jika Anda mengembangkan ekstensi sendiri, Anda bisa load unpacked ekstensi melalui mode developer. Ini tidak memperbolehkan Anda untuk me-load ekstensi di format .crx.

Untuk melakukan ini, buka halaman Extensions. Klik mode Pengembangan, checkbox untuk mengaktifkan dan kemudian klik tombol Load unpacked extensions. Arahkan ke direktori ekstensi dan membukanya.

Anda bisa melakukan ini dengan versi Chrome yang Anda miliki, namun Chrome akan mengingatkan Anda, Anda menggunakan ekstensi unpacked setiap kali menjalankan itu. Pesan ini di desain untuk mencegah malware menggunakan mode pengembangan."

Google sebelumnya memungkinkan Anda beralih dari channel Chrome unstable “Developer” dan menginstal ekstensi dari luar Web Store. Namun, program jahat bisa memaksa Chrome untuk beralih ke channel developer melalui komputer pengguna sehingga kini dilakukan pembatasan.

Anda malah bisa menginstal browser lain di OS Chromium yang merupakan proyek open-source dasar untuk Chrome. Chromium sendiri punya pembatasan ini, jadi masalah menginstal ekstensi di luar dari Web Store tidak selesai dengan hanya menginstal Chromium saja.

Opera berbasis pada Chromium dan suport ekstensi Chrome. Instal Opera dan Anda bisa me-load ekstensi Chrome dari mana pun yang Anda suka. Untuk melakukan hal ini buka halaman ekstensi dan drag-and-drop file .crx ke dadalamnya. Anda akan diberi tahu kalau ekstensi tersebut telah terpasang dari luar store resmi dan diminta untuk mengonfirmasi instalasi.

 

2. Mozilla Firefox

Cara Instal Ekstensi Chrome atau Add Ons Mozilla Firefox dari Luar Webstore

Mozilla tidak benar-benar membatasi Anda untuk ekstensi dari Mozilla Add-ons Gallery. Mozilla tidak melarang Anda menginstal ekstensi yang belum dapat tanda tangan Mozilla. Ini berarti Anda hanya dapat menginstal add-ons Firefox Mozilla yang diterima dan sudah mendapat tanda tangannya. Sama seperti Chrome, ini membantu perlindungan untuk malware.

Solusinya adalah Firefox Developer Edition. Edisi khusus dari Firefox yang dilengkapi dengan alat developer dan juga memungkinkan Anda untuk menginstal add-ons tanpa tanda tangan Mozilla.

Anda juga bisa menggunakan Firefox Nightly (versi pengujian yang sangat tidak stabil dari Firefox sama dengan Canary Chrome. Ini memungkinkan Anda untuk menginstal add-ons Firefox tak bertanda tangan.

Ada juga versi spesial “unbranded” stabil dan beta Firefox yang memungkinkan Anda menonaktifkan pemeriksaan tanda tangan. Ini tidak punya logo normal Firefox juga yang akan membantu agar malware pindah dari ke Firefox yang di protected.

Setelah merilis Firefox khusus Anda harus mengubah pengaturan untuk memungkinkan instalasi add-ons yang tidak bertanda tangan. Secara default versi Firefos ini akan memblokir itu.

Untuk melakukannya ketik: config ke bar address dan tekan ENTER. Cari pengaturan xpinstall.signature.required kemudian buat menjadi False. Ingat ini akan bekerja di versi khusus Firefox, bukan versi normal.

Seperti Chrome, Anda juga bisa menggunakan browser lain yang berbasis code Firefox, browser yang pertumbuhannya sangat lambat Extended Support Release atau versi ESR. Firefox ini belum suport  add-on, namun pada akhirnya akan mendukung add-ons juga.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel