Mengenal Jenis Sistem Operasi Komputer Ternama yang Ada Saat Ini

4 May 2012 15:00 4364 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah sebelumnya Plimbi membahas tiga sistem operasi komputer yang terdiri dari Windows (Microsoft Windows), UNIX dan Linux. Pada artikel kali ini, Plimbi akan membahas empat sistem operasi komputer lainnya yang hadir saat ini dan perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya untuk Anda.

Setelah sebelumnya Plimbi membahas tiga sistem operasi komputer yang terdiri dari Windows (Microsoft Windows), UNIX dan Linux. Pada artikel kali ini, Plimbi akan membahas empat sistem operasi komputer lainnya yang hadir saat ini dan perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya untuk Anda.

IBM OS/2

IBM OS/2 merupakan sistem operasi komputer yang dibuat untuk mengganti sistem operasi DOS oleh International Bussines Machine Corporation dan Mincrosoft Corporation. Desain IBM OS/2 memiliki tujuan yaitu supaya dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor, Intel 80286, Protected Mode, Multi-Tasking dan medukung Memori Virtual dengan cara tetap mempertahankan kompabilitas banyaknya perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat ini.

MAC OS (Machintos Operating System)

MAC OS adalah sistem operasi komputer turunan UNIX yang dikembangkan oleh Apple dan dikhususkan untuk komputer Machintosh. Sistem operasi komputer ini tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM.

Sama halnya dengan Windows, MAC OS juga merupakan produk berbasis komersial dan merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface) atau antarmuka berbasis grafis. Keunggulan yang dimiliki oleh sistem operasi komputer yang satu ini yaitu kestabilan karena menggunakan Unix, Multi-Tasking, memiliki interface yang bagus dan aman dari malware.

Ada 2 jenis MAC OS, yaitu MAC OS Klasik dan MAC OS X. Untuk MAC OS Klasik sepenuhnya menggunakan user interface dan cooperatif multi-tasking serta tidak memiliki Command Line. Sementara MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, memiliki memori ala Unix dan Pre-empite Multi-Tasking.

SOLARIS

SOLARIS merupakan sistem operasi komputer berdasarkan UNIX yang diperkenalkan pada tahun 1992 oleh Sun Microsystem sebagai pendukung Sun OS. Keunggulan dari sistem operasi komputer ini adalah kestabilannya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture) dan memiliki sertifikasi dalam spesifikasi UNIX.

SOLARIS yang biasa dikenal dengan OpenSolaris merupakan software OpenSource. SOLARIS memiliki beberapa fitur yang berfungsi untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop PC atau mobile PC. Fitur-fitur sistem operasi komputer ini di antaranya free distribution, source code, derived works, dan no discrimination.

CHROME OS

CHROME OS merupakan sistem operasi komputer ringan yang berbasis Linux dengan standar web HTML 5 dan dikembangkan oleh Google. Sistem operasi komputer yang dirilis pada pertengahan tahun 2010 ini bekerja dengan metode Windowing atau Switching (Multi-Tasking). Apabila diperhatikan, CHROME OS merupakan gabungan antara Linux dan Windows Vista.

Sistem operasi komputer memang terus berkembang, kehadirannya mengusung ciri khas tersendiri yang menjadi kelebihannya masing-masing, yang terpenting adalah kita harus lebih selektif dalam memilih sistem operasi komputer yang akan digunakan. [RF]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel