Kenali Berbagai Jenis Kartu Memori Digital Selain SD

22 May 2013 15:00 4576 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Plimbi sebelumnya telah menuliskan tentang ragam kartu memori SD atau Secure Digital yang diantaranya terdiri dari SDHC, Mini SD, Micro SD dan SDXC. Jenis kartu memori ini memang cukup banyak dipakai perangkat digital seperti kamera maupun ponsel. Masing-masing jenis kartu memori tersebut memiliki keunggulan, dan kemampuannya berbeda. Namun tahukah Anda? Bahwa sebenarnya ada banyak sekali jenis kartu memori.

Kartu memori saat ini merupakan perangkat terpenting dalam dunia teknologi digital, karena dengannya Anda bisa menyimpan berbagai macam berkas, baik itu audio, video, gambar maupun berkas jenis lain. Diperkirakan saat ini, jenis kartu memori sudah mencapai 43 macam. Sangat banyak sekali memang, namun tidak semua populer digunakan. Hanya beberapa saja yang sering dipakai untuk perangkat digital. Berikut ini kami tuliskan mengenai berbagai jenis kartu memori digital selain Secure Digital (SD):

  • PC Card atau PCMCIA

Ini adalah salah satu jenis kartu memori digital tertua, karena sudah dibuat sejak tahun 1990-an dan sampai saat ini sudah berkembang jenis dan modelnya. PC Card ini awalnya dibuat sebagai media penyimpanan untuk komputer (computer storage), hanya saja keberadaan media penyimpan tersebut memiliki jenis yang bermacam-macam. Bahkan PC Card sempat digunakan untuk kamera digital SLR, seperti kodak seri dc 300. PC Card dewasa kini banyak dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada Notebook, salah satu contohnya sebagai modem guna melakukan koneksi internet lewat jaringan GSM maupun wireless card, CDMA dan lainnya.

PC Card standar mempunyai  spesifikasi fisik untuk tiga tipe PC Card, dengan menyediakan ruang kecil untuk kartu tambahan.  PC Card atau PCMCIA pada perkembangannya telah hadir dengan model terbaru untuk kartu PC yang kini disebut dengan Card Bus. Sayangnya, PC Card penyebarluasannya terhalang karena tidak memiliki dukungan dari IBM. Padahal IBM merupakan satu-satunya penyedia card services perangkat ini.

  • MMC (MultiMediaCard)

Orang awal kebanyakan menganggap semua jenis kartu memori dalam ponsel maupun kamera adalah MMC. Sayang hal itu kurang tepat, karena MMC (MultiMediaCard) sendiri juga merupakan salah satu dari berbagai jenis kartu memori. MMC cukup terkenal sebagai perangkat keras penyimpan data karena sering ditemukan pada berbagai alat digital. Perlu Anda ketahui bahwa MMC ini merupakan kartu memori yang berbasis removable flash memory yang memiliki bentuk fisik cukup kecil, hanya memiliki daya rendah dan non-volatile, namun tetap mempunyai daya tahan yang besar terhadap temperatur maupun getaran/guncangan.

MMC (MultiMediaCard) sendiri terdiri dari dua jenis, yakni RS-MMC (Reduced-Size MultiMediaCard) dan MMCmicro.

  • MS (Memory Stick)

Salah satu jenis kartu memori yang populer berikutnya adalah MS (Memory Stick), sebuah perangkat kartu memori yang diperkenalkan oleh perusahaan SONY dan dipatenkan untuk perangkat alat-alat elektronik keluarannya. Anda bisa melihat bahwa hampir seluruh produk kamera SONY pastilah didalamnya terdapat MS (Memory Stick). Jenis kartu memori ini memiliki dua tipe, yakni MS-Duo (MemoryStick Duo) dan Memory Stick Micro M2. MS-Duo dihadirkan dengan merupakan kartu memori yang memiliki kecepatan ditambah  kapasitas penyimpanan yang meningkat. Ini merupakan generasi kedua Memory Stick. Sedangkan Memory Stick Micro M2 dihadirkan dengan penyimpanan data yang lebih besar dibanding seri sebelumnya, bahkan saat ini kartu memori tipe tersebut sudah mencapai ukuran 8GB. Memory Stick Micro (M2) dihadirkan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar agar proses pemindahan data menjadi lebih cepat dan leluasa.

 

Baca juga :

               Tips Cara Memindahkan Aplikasi Android Nokia X ke Kartu Memori

               6 Tempat ini Terlihat Normal dari Luar, Tapi Ketika Melihat Bagian Dalamnya?

 

  • xD-Picture Card

Jenis kartu memori berikutnya adalah xD-Picture Card yang dahulu sangat populer digunakan untuk perangkat kamera. Kartu memori jenis xD-Picture tersebut dikembangkan oleh dua perusahaan optik Olympus dan Fujifilm, kemudian  diperkenalkan ke pasar pada bulan Juli 2002. Sayangnya kartu memori ini sudah jarang digunakan lagi karena kapasitasnya yang tidak terlalu besar. xD-Picture maximum hanya mampu memberi kapasitas 512 MiB untuk versi originalnya dan  maximum 2 GiB untuk type M/M+, Type H.

  • Intelligent Stick

Intelligent Stick merupakan nama merek kartu memori berbasis USB Flash drive yang dikembangkan oleh perusahaan Power Quotient International (PQI) pada tahun 2002. Jenis kartu memori ini awalnya hadir sebagai perangkat yang inovatif, minimalis, sangat kompak, tidak menggunakan standar USB penuh konektor tipe A, tapi cukup kompatibel untuk dapat plug ke slot A-tipe standar. Sayangnya, ukuran kecil I-stick ini justru membuat penggunanya kerepotan. Kartu memori ini juga sudah jarang digunakan saat ini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel