Tips, Trik & Cara Menghapus Virus di Handphone

1 May 2012 16:00 17641 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini sebuah program perusak sistem buatan yang bernama virus tidak hanya dijumpai pada laptop maupun komputer, namun juga banyak dijumpai kasus virus yang beredar pada handphone. Biasanya, virus-virus yang menyerang handphone masuk ke dalam partisi dalam perangkat. Untuk itu, diperlukan beberapa cara menghapus virus yang masuk ke ponsel seperti yang dibahas berikut ini.

Saat ini sebuah program perusak sistem buatan yang bernama virus tidak hanya dijumpai pada laptop maupun komputer, namun juga banyak dijumpai kasus virus yang beredar pada handphone. Biasanya, virus-virus yang menyerang handphone masuk ke dalam partisi dalam perangkat. Untuk itu, diperlukan beberapa cara menghapus virus yang masuk ke ponsel seperti yang dibahas berikut ini.

Langkah pertama dan paling utama dalam cara menghapus virus adalah menyelamatkan data-data penting yang ada dalam handphone terlebih dahulu, atau yang dikenal dengan istilah backup data. Backup semua nomor telepon dengan menyimpannya di memori SIM. Setelah itu, simpan juga semua data seperti foto, musik video dengan memindahkannya ke sebuah medium seperti CD, flashdisk, komputer maupun layanan iCloud. Lepaskan kartu memori atau memory card (MMC) Anda dari handphone dan copy semuanya ke dalam komputer.

Langkah kedua dalam cara menghapus virus handphone yaitu dengan melakukan format ulang. Caranya, matikan handphone Anda dan ganti SIM card yang tidak terpakai. Pastikan juga baterai handphone Anda dalam keadaan terisi penuh. Lalu tekan tombol keypad Next secara bersamaan. Tekan tombol angka 3>> *(bintang)>> call>> on/off /tombol power pada handphone Anda.

Sangat disaranakan agar Anda melakukan langkah tersebut dengan orang lain agar tidak terjadi kesulitan dalam menekan tombol-tombolnya. Selanjutnya, tahan tombol tersebut hingga keluar tulisan formatting, atau sampai keluar menu Time Zone Area (untuk handphone Nokia N70). Setelah keluar menu tersebut lepaskan tombol-tombol yang ditekan dan biarkan proses format berjalan sendiri. Langkah di atas adalah untuk handphone dengan OS Symbian sementara untuk handphone Java cukup dengan kembali kepengaturan awal atau pengaturan pabrik.

Setelah proses tersebut selesai maka handphone Anda sudah seperti baru lagi dan lenyaplah virus dari handphone Anda. Bila langkah ini tidak berfungsi coba ulangi kembali, atau untuk handphone dengan tipe tertentu silahkan ketik *#7370. Setelah itu masukkan nomor pin handphone Anda . Untuk pin default biasanya nomor 12345.

Setelah Anda selesai memformat handphone Anda, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu memformat memory card (MMC) Anda. Pastikan data-data yang ada dalam kartu memori Anda tersebut sudah Anda pindahkan semua ke komputer.

Format kartu memori Anda menggunakan komputer dengan system Fat, dan Quick Format. Masukkan kartu memori ke dalam handphone lalu format sekali lagi kartu memori dengan menggunakan handphone Anda. Lakukan penyimpanan kembali data-data yang telah Anda pindahkan.

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan kembali kartu SIM Card dan nomor telepon yang tersimpan pada kartu SIM Anda. Masukkan kembali file gambar, foto, audio, video dan pastikan dahulu file tersebut aman dari infeksi virus dengan menggunakan anti virus PC yang bisa mengenali virus handphone tersebut

Untuk aplikasi tambahan lain, sebaiknya Anda melakukan instalasi ulang aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan rata-rata aplikasi backup data sudah tidak bisa digunakan lagi karena tidak terregistry lagi di handphone Anda. Semoga tips dan trik cara menghapus virus handphone ini dapat berguna bagi Anda. [FT]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel