Cara Install Sistem Operasi Windows XP MacBook

1 May 2012 11:30 11449 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Meng-install sistem operasi Windows XP MacBook tidak semata-mata akan menghapus sistem operasi pada MacBook Anda, namun Anda akan memiliki dua sistem operasi sekaligus pada MacBook. Jadi Anda akan memiliki dua booting ketika menyalakan MacBook. Berikut cara untuk meng-install sistem Windows XP MacBook Anda.

Sistem operasi Windows XP merupakan salah satu sistem operasi yang menjadi favorit para pengguna Windows di seluruh dunia. Bahkan diklaim bahwa sistem operasi ini merupakan sistem operasi Windows yang stabil dibandingkan dengan sistem operasi Windows Vista yang muncul setelahnya. Tidak dipungkiri bagi Anda yang saat ini menggunakan sistem operasi yang berbeda dari Windows, khususnya sistem operasi iOS, Anda juga bisa mencoba bagaimana keunggulan Windows XP seperti yang diberitakan. Anda tidak perlu membeli perangkat Windows yang baru untuk mencobanya. Anda bisa mengoperasikan sistem operasi Windows XP ini pada MacBook yang Anda gunakan saat ini. Yang dibutuhkan adalah cara memasukkan sistem Windows XP MacBook Anda.

Meng-install sistem operasi Windows XP MacBook tidak semata-mata akan menghapus sistem operasi pada MacBook Anda, namun Anda akan memiliki dua sistem operasi sekaligus pada MacBook. Jadi Anda akan memiliki dua booting ketika menyalakan MacBook. Berikut cara untuk meng-install sistem Windows XP MacBook Anda.

Langkah Pertama

Sebelum meng-install Windows XP MacBook Anda, pastikan Anda telah mengunduh firmware terbaru pada situs resmi Apple secara gratis di sini. Namun jika Anda masih berjalan pada sistem iOS yang lama, Anda sebaiknya mengunduh Bootcamp untuk mempermudah Anda melakukan partisi pada MacBook. Partisi ini berfungsi untuk membagi hardisk Anda untuk ditempati dua sistem operasi tersebut. Memiliki dua sistem operasi pada MacBook yang sama tidak akan mengurangi performa perangkat. Untuk menggunakan Bootcamp Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis di sini.

Langkah Kedua

Setelah selesai mengunduh Bootcamp, install Bootcamp pada perangkat Macbook Anda, lalu jalankan aplikasi Bootcamp. Setelah menjalankan Bootcamp pada MacBook, Anda akan menemukan dialog box yang berisikan Å“Burn a Macintosh Drivers CD. Lalu pilihlah pilihan pertama Å“Burn a Machintos Drivers CD Now. Simpan CD yang Anda burn tadi.

Langkah Ketiga

Langkah meng-install Windows XP Macbook selanjutnya adalah masukkan CD Windows XP Service Pack 2 atau 3 (tidak disarankan untuk Service Pack 1). Sebelum Anda melanjutkan meng-install Windows XP pada MacBook, pastikan Anda mengingat username dan password Anda pada MAC OS X.

Langkah Keempat

Langkah berikutnya adalah masuk ke dalam menu Aplications > Tools > Bootcamp. Pada saat Anda menjalankan aplikasi Bootcamp ini Anda akan diberikan petunjuk untuk melakukan partisi. Anda cukup membuat partisi Windows tersebut, dan pada sistem default Anda akan diberikan kapasitas sebesar 5 GB. Namun Anda bisa maksimalkannya menjadi 32 GB dengan menekan tombol Å“Use 32 GB, kemudian klik Å“Partition.

Langkah Kelima

Apabila siap untuk meng-install Windows XP pada MacBook, klik Å“Start Instalation. Namun jangan salah melakukan format, partisi yang akan di-install oleh Windows XP adalah partisi yang memiliki jenis: FAT32.

Langkah Keenam

Buat partisinya, lalu format. Anda tinggal mengikuti proses selanjutnya seperti halnya proses install Window XP pada komputer.

Langkah 7

Setelah selesai, keluarkan CD Instaler Windows XP tadi dari CD ROM Anda.

Langkah Kedelapan

Masukkan CD MAC OS-X disk 1 ke dalam CD ROM untuk meng-install driver. Anda tinggal mengikuti langkah selanjutnya hingga selesai.

Langkah Kesembilan

MacBook Anda sekarang telah terisi dengan dua sistem operasi sekaligus, yaitu Mac OS X dan Windows XP. Untuk memunculkan menu pilihan sistem operasi yang ingin digunakan, Anda hanya perlu melakukan restart. Tekan dan tahan tombol Options maka Anda akan diberikan dua gamba hard disk yang bertuliskan Windows dan Macintosh HD. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. [PY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel