Marissa Mayer: Tokoh Wanita Dunia Di balik Kebangkitan Kerajaan Yahoo

9 Jul 2013 23:00 3471 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Marissa Mayer adalah salah satu dari sekian Tokoh Wanita Dunia yang berhasil menggeser dominasi pria, Marissa menjadi sosok sentral dalam masa sulit Yahoo.

Sepertinya, hampir seluruh masyarakat yang ada di dunia mengetahui apa itu Yahoo. Tetapi, tidak banyak juga yang mengetahui nama-nama tokoh yang menjadi kunci sukses dari Yahoo itu sendiri. Salah satu tokoh yang ada di balik nama besar Yahoo adalah Marissa Mayer. Marissa Mayer merupakan tokoh wanita dunia yang menjadi CEO Yahoo dan ikut andil besar dalam kesuksesan Yahoo yang tersebar ke seluruh dunia. Kali ini akan dibahas mengenai biografi  Marisaa Mayer, CEO dari saingan berat Google ini.

Salah satu tokoh wanita dunia ini bernama lengkap Marissa Ann Mayer. Dia dilahirkan pada tanggal 30 Mei 1975 di sebuah kota yang terletak di Wisconsin, yaitu Wausau. Nama orangtua Marissa Mayer adalah Michael Mayer, yang berprofesi sebagai insinyur, dan Margaret Mayer, yang berprofesi sebagai guru seni. Ibu Marissa Mayer memiliki darah keturunan Finlandia, sehingga secara otomatis Marissa Mayer pun memiliki darah Finlandia ditubuhnya.

Riwayat Pendidikan Mayer

Marissa Mayer, sebagai salah satu tokoh wanita dunia ini, telah memiliki prestasi yang gemilak sejak usianya masih terbilang muda. Pada tahun 1993, dia lulus dari Sekolah Tinggi West Wausau dan mendapat kehormatan untuk dipilih oleh Gubernur Wisconsin yang menjabat saat itu, yaitu Tommy Thompson, sebagai salah satu perwakilan Wisconsin untuk mengikuti Science Camp Pemuda Nasional di West Virginia.

Setelah itu, Marissa Mayer melanjutkan kembali pendidikannya di Stanford University dan memilih jurusan Ilmu Komputer. Salah satu tokoh wanita dunia ini lulus dengan membawa gelar BS dan penghormatan dari Stanford University dalam sistem simbolis dan M.S yang merupakan bagian dari Ilmu Komputer. Selanjutnya, pada tahun 2009, Illinois Institute of Technology memberikan gelar kehormatan pada Mayer yang disebut gelar doktor honoris causa karena karya luar biasanya dalam hal search engine. Prestasi akademik Mayer yang gemilang merupakan salah satu bagian dari perjalanan sukses CEO Yahoo ini. Tidak heran bila ia dinobatkan sebagai salah satu tokoh wanita yang berpengaruh di dunia.

 

Baca juga :

               8 Perusahaan Siap Membeli Yahoo!

               Tips Tidak Berguna Bagi Mereka yang Suka Karaoke tapi punya Suara Tidak Begitu Bagus

 

Karir dan Penghargaan

Salah satu tokoh wanita dunia ini sempat bekerja di lab riset UBS (Ubilab) di Zurich, Swiss, dan bekerja untuk SRI International di Menlo Park, California. Setelah itu, sebelum bergabung bersama Yahoo dan menjadi CEO disana, Marissa Mayer terlebih dahulu bekerja ditempat saingannya, yaitu Google pada tahun 1999. Saat Mayer bergabung dan menjadi bagian dari Google, karyawan yang dimiliki sekitar 20 orang dan Mayer merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai insinyur disana. Dalam masa baktinya pada Google yang berlangsung selama 13 tahun, salah satu tokoh wanita dunia ini adalah seorang insinyur, desainer, seorang eksekutif, dan juga sebagai manajer produksi. Kemampuan desain luar biasa yang dimiliki Mayer membuatnya ditugaskan untuk bertanggung jawab untuk mengawasi perilisan produk-produk ternama Google, contohnya seperti Gmail, Google Maps, dan iGoogle.

Desain minimalis Google yang tetap bertahan sampai saat ini merupakan hasil pemikiran dari salah satu tokoh wanita dunia ini. Desain produk-produk andalan Google yang lainpun merupakan bagian dari ide cemerlang Mayer. Tidak salah Google memberikan tanggung jawab yang signifikan pada Mayer. Selain itu, Mayer merupakan saksi hidup perkembangan Google dari yang hanya sebagai perusahaan start-up, menjadi sebuah perusahaan besar dan mendunia.

Marissa Mayer sendiri mendedikasikan dirinya untuk menjadi bagian dari Yahoo setelah 13 tahun karirnya bersama Google. Pada tanggal 12 Desember 2009, salah satu tokoh wanita dunia ini resmi bergabung bersama Yahoo. Yang mengejutkan adalah Mayer mendapatkan informasi tersebut bertepatan dengan hari pernikahannya dengan seorang investor real estate komersial bernama Zachary Bogue. Tanggal 16 Juli 2012 menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi salah satu tokoh wanita dunia ini karena dia resmi diangkat menjadi presiden dan CEO Yahoo.   

Yahoo sungguhlah beruntung dengan mendapatkan Marissa Mayer sebagai bagian dari salah satu perusahaan search engine terbesar di dunia itu. Pasalnya, Mayer telah membuktikan kecerdasan dan ide-ide briliannya ketika dia masih bekerja untuk Google. Tidak mengherankan bila Mayer dinobatkan sebagai salah satu tokoh wanita dunia yang paling berpengaruh dalam bisnis di majalah Fortune pada tahun 2008, 2009, dan 2010. [NDC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel