Tips Trik BlackBerry: Cara Mengoptimalkan Lampiran Pada Email

19 Apr 2012 17:00 4205 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain bisa berkomunikasi dengan ponsel, kini komunikasi yang mudah dan praktis juga bisa dilakukan dengan *email*. Pada *email*, biasanya dilengkapi dengan adanya fitur lampiran yang memungkinkan Anda untuk menambahkan *file* tambahan, baik berupa gambar, video maupun lagu favorit.

Selain bisa berkomunikasi dengan ponsel, kini komunikasi yang mudah dan praktis juga bisa dilakukan dengan email. Pada email, biasanya dilengkapi dengan adanya fitur lampiran yang memungkinkan Anda untuk menambahkan file tambahan, baik berupa gambar, video maupun lagu favorit.

Pada tips trik BlackBerry kali ini Plimbi menyajikan ulasan mengenai bagaimana cara memanfaatkan lampiran pada email BlackBerry.

Keunggulan

Keunggulan dari lampiran (attachment) ialah Anda dapat menambahkan beberapa file penting yang berkaitan dengan email yang Anda kirim. Bahkan Anda juga bisa melakukan editing terhadap file attachment yang dilampirkan, Anda bisa melakukan editing file attacment Anda menggunakan Documents To Go.

Layanan RIM

Untuk file yang Anda sematkan pada email akan secara otomatis ditampung pada server BlackBerry. Jadi, hal ini tidak mengurangi kecepatan akan kinerja ponsel Anda dan ponsel Anda akan menjadi lebih ringan dalam segi prosesor dan baterai. Anda juga tidak perlu membuka file attachment yang disertakan dalam email tersebut untuk diunduh terlebih dahulu, karena bisa dilihat secara langsung.

Paper Clip

Untuk mengetahui apakah email yang Anda terima mengandung lampiran pada isinya bisa Anda lihat pada ikon paper clip di ikon email yang Anda lihat. Apabila terdapat ikon paper clip, berarti email yang masuk mengandung file attachment di dalamnya.

Membuka File

Tips trik BlackBerry untuk mengetahui apa isi file yang disematkan dalam email, Anda hanya cukup melakukan scroll isi email Anda ke bagian bawah dan Anda akan menemukan apa isi file attachment tersebut tanpa harus Anda mengunduhnya terlebih dahulu.

Dukungan File

File yang bisa Anda tambahkan pada email biasanyamendukung format Microsoft Office, Corel WordPerfect, ASCII, HTML dan Adobe PDF. Dan juga Anda bisa menambahkan file gambar yang berupa JPEG/JPG, BMP, GIF, PNG dan TIFF. Bahkan Anda bisa melihat gambar yang terkandung dalam file .doc, .docx, .pdf maupun file yang terkompresi seperti .zip.

Edit File

Untuk melakukan editing file, Anda hanya perlu menekan menu key pada file yang ingin Anda edit, lalu pilih menu Edit with Document To Go. Anda bisa melakukan editing pada jenis font, ukuran, warna, copy dan paste, serta mengatur posisi numbering dan buleting.

Unduh dan Simpan

Anda juga bisa menyimpan file attachment jika Anda menginginkan file tersebut Anda simpan. Dalam tips trik BlackBerry ini sebaiknya Anda menyimpannya pada kartu memori Anda dibandingkan dengan memori telepon, karena agar menghemat memori internal BlackBerry yang terbatas. [PY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel