Cara Memperbaharui Password Google Menggunakan Perangkat Android

16 Apr 2012 16:00 22422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika Anda lupa akan password Google Anda seperti Gmail misalnya, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam memperbaharui password Anda tersebut. Seperti tips & trik berikut ini.

Password pada sebuah akun seperti Google menjadi hal yang sangat kecil, namun terkadang beberapa orang menganggap hal tersebut tidaklah terlalu penting. Oleh sebab itu, tak banyak dari mereka yang kewalahan akibat password yang mereka buat sulit untuk diingat sehingga mengakibatkan lupa password.

Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi akun Anda telah dipergunakan oleh orang lain untuk kepentingan yang kurang baik. Ada begitu banyak cara yang dapat Anda akses untuk mendapatkan kembali password Google yang hilang. Selain mendapatkan kembali password, Anda pun dapat mengganti password tersebut dengan yang baru langsung dari perangkat Android.

Akun Google dapat dipergunakan untuk mengakses seluruh layanan seperti Gmail maupun Google Maps melalui perangkat Android 2.3. Perangkat Android Anda dapat menyimpan password Google agar dapat mengakses layanan Google dengan cepat. Selain itu, jika password Google Anda terhapus, Anda masih dapat mendapatkannya kembali menggunakan ponsel. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan ikon Phone yang terdapat di bagian bawah homescreen perangkat Android Anda untuk membuka browser. Browser tersebut menyerupai bentuk bumi.
  2. Setelah itu, Anda perlu mengarahkannya ke halaman pembaruan atau ketika Google Account Recovery pada boks URL yang berada di atas posisi browser. Ketika Anda sedang mengetik, akan muncul sugesti dari browser yang dapat dipilih. Ketika Anda mendapatkan hal isian yang tepat, pilih dan tekan ikon panah. Kemudian pilih link recovery dari akun.
  3. Langkah ketiga ini Anda harus memasukkan alamat email yang dikaitkan dengan akun Google. Jika sudah, Anda cukup menekan Submit. Isilah kolom verifikasi dan pilih Continue.
  4. Pilihlah cara mana yang hendak dipilih untuk mengembalikan password Google Anda. Misalkan saja Anda memilih Get a Verification Code on My Phone. Opsi ini akan memberikan Anda tiga digit terakhir dari nomor ponsel yang terkait dengan akun Google Anda. Pilih Continue dan pilih untuk menerima kode verifikasi melalui pesan singkat atau secara otomatis melalui panggilan langsung dari perangkat Android.
  5. Bukalah pesan singkat tersebut tanpa menutup browser. Kemudian tekan ikon Launcher. Setelah itu pilihlah ikon Messaging dan ketik enam digit kode verifikasi yang Google kirimkan kepada Anda. Kembali lagi ke browser melalui Launcher dan masukkan nomer verifikasi pada boks yang telah disediakan. Lalu tekan Continue.
  6. Kemudian masukkan password Google baru Anda sebanyak dua kali dan tekan Reset Password

Agar dapat dengan mudah memperbaharui password Google melalui perangkat Android Anda, aturlah perangkat sebagai bagian dari opsi Google Recovery. Masuklah ke dalam akun Google Anda. Pada halaman Security pilihlah Change Recovery Opstions kemudian pilih basis negara saat ponsel digunakan dan masukkan nomer ponsel Anda. Setelah itu tekan Save. Dan selesai, selamat mencoba! [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel