Mengetahui Fitur Multitasking pada Sistem Operasi Mobile

5 Apr 2012 14:30 7057 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kehadiran fitur multitasking pada sebuah handphone pintar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain adalah sistem operasi mobile yang digunakan, jenis prosesor, hingga *software* atau aplikasi tertentu.

Sebuah fitur yang multitasking menjadi fitur yang cukup banyak dicari pada handphone-handphone pintar zaman sekarang. Dengan fitur multitasking tersebut, performa sebuah handphone dapat berkali lipat dibandingkan dengan sebuah handphone pintar biasa. Kehadiran fitur multitasking pada sebuah handphone pintar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain adalah sistem operasi mobile yang digunakan, jenis prosesor, hingga software atau aplikasi tertentu. Fitur multitasking ini sebenarnya merupakan sebuah fitur di mana sebuah handphone pintar dengan sistem operasi mobile tertentu dapat menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama secara independen.

Tentu saja hal ini menjadi sangat penting, karena dengan adanya fitur ini, Anda bisa browsing sekaligus membuka aplikasi office untuk mencatat hal-hal penting. Lalu, apakah semua sistem operasi mobile yang saat ini ada di pasaran mendukung fitur multitasking tersebut? Jawabannya adalah tidak. Beberapa produsen memang mengklaim bahwa produk handphone mereka mendukung fitur ini. Namun, multitasking juga dibagi menjadi dua macam, yakni true multitasking* dan *pseudo multitasking. Perbedaan antara keduanya pun cukup jelas. Jika sebuah handphone dengan sistem operasi mobile tertentu dilengkapi dengan fitur true multitasking, maka handphone tersebut mampu menjalankan dua aplikasi atau lebih dalam waktu yang sama.

Dalam artian, kedua aplikasi tersebut sama-sama berjalan. Sedangkan, fitur pseudo multitasking tidak bisa melakukan hal seperti itu. Memang Anda bisa menjalankan dua buah aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, Anda sedang menjalankan sebuah aplikasi music player yang sedang memainkan sebuah lagu. Di waktu yang bersamaan, maka aplikasi lain yang berjalan akan dalam keadaan idle atau diam.

Tentunya hal ini dilakukan untuk mengefisiensi performa handphone. Lalu, sistem operasi mobile apa saja yang mendukung pseudo multitasking dan true multitasking? Windows Phone 7 adalah salah satu sistem operasi mobile yang mendukung fitur pseudo multitasking. Ketika menggunakan sebuah handphone berbasis Windows Phone 7, maka Anda tidak akan bisa mengeksekusi dua aplikasi dalam waktu yang sama. Anda hanya akan mendapati bahwa salah satu aplikasi akan mengalami hibernasi atau dalam keadaan diam. Selain itu, BlackBerry OS 6 juga mendukung fitur pseudo multitasking. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel